Seni Rupa & Desain

Rococo Art, Sejarah Singkat Gaya Seni dengan Keunikan Garis Lekuk

rococo-art

Kamu sudah pernah tahu rococo art? Biasanya rococo juga dikenal dengan rokoko dalam Bahasa Indonesia. Lukisan rococo pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke-18 di Paris. Ciri khasnya adalah menggunakan warna soft dan garis-garis lekuk, serta menggambarkan sesuatu yang penuh dengan cinta, bernuansa alam, suatu hubungan asmara, hiburan yang menyenangkan dan suasana di masa muda. Mari kenali lebih dalam tentang seni rococo.

Asal Mula Istilah “Rococo”

Kata “rococo” berasal dari rocaille, istilah Bahasa Prancis untuk puing atau bebatuan. Jadi, rococo adalah sesuatu yang mengacu kepada karya seni kerang pada puing pahatan di taman seperti jembatan batu atau pilar, dan digunakan sebagai kata-kata yang deskriptif untuk pola yang berkelok-kelok yang biasanya terlihat pada Decorative Arts era Rococo.

asal-mula-rococo-art

Seni rococo (Sumber: news.artnet.com)

Setelah kematian Louis XIV, istana Prancis pindah dari Versailles ke mansion Parisian mereka. Kemudian mendekorasi ulang rumah mereka tersebut dengan menggunakan desain yang lebih soft dan material yang lebih sederhana, daripada yang dipakai untuk gaya baroque Raja. Jadi, bukannya menciptakan sekeliling istana dengan berlapis logam mulia dan warna yang rich, aristokrat Prancis kini tinggal di tempat dengan interior yang terasa intim yang dibuat dengan hiasan plesteran, boiserie dan kaca cermin.

Style yang baru ini ditandai dengan bentuk asimetri, lekukan yang anggun, nuansa elegan dan lukisan baru yang indah tentang kehidupan sehari-hari dan cinta yang penuh kesopanan. Semuanya menjadi dekorasi dinding di dalam area tempat tinggal tersebut.

Perkembangan Rococo Art Sejak Zaman Dulu

perkembangan-rococo

Seni rococo dalam bentuk lukisan (Sumber: news.artnet.com)

Bapak lukisan Rococo adalah Jean Antoine Watteau asal Prancis (1684 – 1721). Beliau menciptakan genre baru yang dinamakan fêtes galantes. Suatu adegan yang menggambarkan masa romantis pedekate. Lahir di dekat perbatasan Flemish, Watteau dipengaruhi oleh genre adegan kehidupan sehari-hari yang cukup populer di Flanders dan Belanda. Beliau terkenal dengan penggambarannya akan sosok orang-orang berpakaian elegan yang berkumpul di ruang terbuka, saling berbasa-basi dan menikmati musik.

Baca Juga :   Conceptual Art, Karya Seni Para Pemberontak
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Mengenal Teknik Menggambar Serta Jenis-Jenisnya

Seni Rupa & Desain

Pengertian Desain Cyberpunk dan Tips Edit-Edit Foto dengan Style Cyberpunk

Seni Rupa & Desain

Mengenal Desain Memphis yang Sekarang Lagi Tren

Seni Rupa & Desain

Eco Printing: Teknik Cetak yang Menggunakan Bahan-Bahan dari Alam