leadersingle

Jenis-jenis Seni Grafis yang Ciptakan Beragam Karya Manis Dipandang

Dibaca Normal: 3 menit aja
jenis seni grafis

Seni sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Orang-orang yang berkecimpung dalam dunia seni mampu menciptakan ekspresi sebagai wujud eksistensinya. Sarana ekspresinya pun bermacam-macam sesuai bidang seni yang digeluti. Salah satu bidang seni yang familiar sebagai wujud ekspresi yaitu seni grafis. Seni grafis merupakan cabang seni yang proses dan hasil karyanya berupa karya cetak. Bisa dibilang, seni grafis adalah seni rupa dua dimensi. Kamu pasti pernah melihat stempel dan desain cetak pada baju, kan? Itulah tiga contoh hasil seni grafis yang umum dinikmati. Akan tetapi, bagaimana ya sejarah kemunculannya dan apa saja jenis seni grafis yang ada hingga saat ini? Yuk, simak ulasan singkatnya berikut ini. 

Sejarah Awal Kemunculan Seni Grafis Hingga Sampai di Indonesia

Pengertian Seni Grafis

Sumber: designtribute.com

Kemunculan seni grafis berawal dari penduduk Tiongkok pada masa Dinasti Ying. Pada sekitar tahun 105 M tersebut, mereka mulai menulis dan mengukir naskah terkait nilai-nilai reliji di papan kayu.  Seiring berjalannya waktu, kertas pun ditemukan dan mereka beralih menggunakan media kertas. Saat itu, mereka juga mengembangkan teknik cetak blok kayu. Teknik ini dulu sangat populer di Tiongkok untuk mencetak tulisan dan gambar di atas kertas atau kain. 

Dari awal kemunculannya, seni grafis terus berkembang dan sampai di Indonesia. Kemunculannya di Indonesia tidak lain dibawa sejak zaman penjajahan Belanda. Seniman-seniman Belanda mengabadikan keindahan alam Indonesia dalam bentuk seni grafis dengan teknik ukiran kayu atau mencetaknya pada permukaan batu. Pada awalnya, seni grafis tidak terlalu dipandang, cabang seni ini bahkan hanya menjadi pelengkap seni murni lainnya. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Baru kemudian pada sekitar tahun 1950, seni grafis dipakai sebagai poster para pahlawan perjuangan. Pada tahun-tahun berikutnya seni grafis terus berkembang dan bisa sejajar dengan cabang seni lain. Ditambah lagi era teknologi saat ini juga memiliki pengaruh terhadap perkembangan seni grafis. Aliran-aliran seni grafis modern sudah banyak ditemukan di Indonesia.

Baca Juga
8 Unsur Seni Rupa yang Wajib Diketahui Setiap Desainer Grafis

Jenis Seni Grafis

Jenis jenis Seni Grafis

Sumber: designtribute.com

Jika perkembangannya sudah pesat, lalu apa saja jenis-jenis seni grafis yang ada saat ini? Ada empat jenis utama seni grafis sebagai berikut. 

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Desainer Pemula Wajib Tahu Nih, Perbedaan RGB dan CMYK

Seni Rupa & Desain

6 Referensi Gaya Desain Grafis yang Menginspirasi 

Seni Rupa & Desain

8 Kombinasi Font Terbaik untuk Desain Grafis Kekinian

Seni Rupa & Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa & Desain

1001 Arti Emoji: Dari Mana Asalnya? Kenapa Warnanya Kuning?

Seni Rupa & Desain

Pentingnya Desain Packaging untuk Bisnis Makanan Online

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>