Seni Rupa & Desain

Cara Bikin Split Toning, Efek Super Keren Pakai Photoshop Agar Foto Makin Keren

split-toning

Apa itu split toning di dunia fotografi? Split toning merupakan sebuah metode yang dipakai untuk mengenalkan warna-warna ke dalam highlight dan/atau bayangan pada sebuah gambar. Metode ini digunakan dengan alasan semata-mata untuk estetika karena dapat menciptakan tampilan yang unik dan berbeda daripada yang lain.

https://i1.wp.com/digital-photography-school.com/wp-content/uploads/2009/10/before-after1.jpg?ssl=1

Biasanya untuk mendapatkan hasil terbaik, orang-orang menggunakan warna yang berlawanan. Misalnya kuning dengan biru, hijau dengan magenta, dan sebagainya. Kalau kamu adalah pengguna Lightroom, pasti udah nggak asing lagi sama Split Toning, tool yang keren banget di modul Develop, kan? Tapi kalau kamu mau mendapatkan efek serupa di Photoshop, kamu butuh sedikit usaha lagi. Di bawah ini adalah rahasianya bikin efek tersebut pakai Photoshop.

Langkah Pertama

Langkah Pertama split toning

Sumber: digital-photography-school.com

Pertama-tama mulailah dengan membuat gambar hitam putih dari foto apapun yang kamu mau. Kamu bisa mengeditnya dengan tool favoritmu di Photoshop. Misal, kalau kamu pakai Photoshop CS4, ada filter Black & White yang siap kamu gunakan untuk mengubah gambar jadi versi hitam putihnya. Tapi kamu juga bisa menggunakan Channel Mixer atau Hue / Saturation, kok. Kalau Saturation adalah pilihanmu, geserlah slider Saturation-nya ke -100.

Langkah Kedua

langkah kedua split toning

Sumber: digital-photography-school.com

Untuk bikin efek split toning, gunakan lapisan penyesuaian Color Balance yang memungkinkanmu mengunci highlights dan bayangan pada gambar dan menerapkan warna berbeda. Langkah-langkahnya, pilihlah Layer, kemudian klik New Adjustment Layer. Setelah itu pilih Color Balance dan klik untuk memilih Highlight Tone. Setelah itu, kamu bisa menyesuaikan warna. Caranya dengan menggeser bilah hingga kamu mendapatkan warna yang oke di highlight gambarmu tadi.

Langkah Ketiga

Langkah Ketiga

Sumber: digital-photography-school.com

Klik Shadow Tone Selector agar kamu bisa mengunci bayangan atau shadow pada gambar. Sesuaikan slider warna untuk mendapatkan warna yang pas sempurna di opsi Shadow.

Baca Juga :   Mengenal Duotone Design dan Cara Menerapkannya
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Mengenal Teknik Menggambar Serta Jenis-Jenisnya

Seni Rupa & Desain

Pengertian Desain Cyberpunk dan Tips Edit-Edit Foto dengan Style Cyberpunk

Seni Rupa & Desain

Mengenal Desain Memphis yang Sekarang Lagi Tren

Seni Rupa & Desain

Eco Printing: Teknik Cetak yang Menggunakan Bahan-Bahan dari Alam