Seni Rupa & Desain

4 Style Desain Grafis Biar Karyamu Makin Estetik

Desain grafis merupakan sebuah bentuk seni sekaligus media komunikasi manusia yang telah lama ada sejak zaman purbakala ratusan ribu tahun silam. Buat kamu yang sekarang sedang menggeluti bidang ini pastinya memiliki bakat visual yang patut diacungi jempol dong. Apalagi dengan semakin meningkatkan permintaan pasar dan pergeseran tren berbagai bidang industri yang mengedepankan kekuatan publikasi dengan visual epik.

Kamu bisa dengan mudah menemukan banyak pekerjaan dan posisi terkait dengan bidang desain grafis di hampir setiap perusahaan di era digital ini. Cukup dengan bermodalkan laptop yang mumpuni serta beberapa aplikasi khusus, kamu sudah bisa mulai mengumpulkan kocek dari karya-karya visual ciptaanmu. Kesempatan yang semakin terbuka lebar tentunya harus dimanfaatkan dengan baik agar kamu bisa bersaing dengan para desainer grafis lainnya. 

Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan sense of art dan referensi desainmu. Kemampuan melihat nilai estetika dari segi visual dapat terus diasah dengan inspirasi gaya seni kekinian maupun klasik dari era sebelumnya. Nah, jika kamu termasuk ke golongan pecinta sesuatu yang unik dan anti mainstream nih, kami punya beberapa style desain grafis yang dapat dijadikan inspirasi karyamu selanjutnya. 

1. Early Modern Style 

Sumber: pindexain.com

Early modern tercipta ketika para seniman meninggalkan kebiasaan mereka dan mencoba bereksperimen untuk menciptakan style desain dan filosofi desain baru yang akan mempengaruhi semua desainer grafis di seluruh dunia. Gaya early modern memiliki bentuk geometris yang lebih minimalis dengan didominasi oleh foto dan cukup minim ilustrasi untuk menghasilkan karya yang tampak lebih bersih. Style desain ini adalah bentuk paling awal dari perubahan desain grafis ke arah yang lebih modern. 

2. Heroic Realism Style

Sumber: pindexain.com

Heroic realism merupakan istilah yang menggambarkan seni desain grafis yang digunakan sebagai sebuah media propaganda. Contohnya termasuk gaya realisme sosialis yang terikat dengan rezim komunisme, dan gaya seni yang sangat mirip dengan kepercayaan fasisme. Style desain grafis heroic realism ini digunakan untuk menyebarkan revolusi di Uni Soviet (sekarang Rusia) pada waktu itu atau pada masa pendudukan Nazi. Karakteristiknya adalah mudah diidentifikasi, terlihat realistis dan kebanyakan menggambarkan tokoh, pahlawan atau simbol sebagai objek utamanya. Gambar poster ikonik “Uncle Sam” yang terkenal di Amerika adalah salah satu karya poster yang menggunakan style heroic realism loh. 

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Mengenal Teknik Menggambar Serta Jenis-Jenisnya

Seni Rupa & Desain

Pengertian Desain Cyberpunk dan Tips Edit-Edit Foto dengan Style Cyberpunk

Seni Rupa & Desain

Mengenal Desain Memphis yang Sekarang Lagi Tren

Seni Rupa & Desain

Eco Printing: Teknik Cetak yang Menggunakan Bahan-Bahan dari Alam