Seni Rupa & Desain

Realisasikan Idemu dengan 5 Tahap Design Thinking Berikut Ini

tahap-design-thinking

Ide desain yang ada di kepala bakal lebih mudah merealisasikannya kalau kamu udah punya panduan atau guideline. Tapi sayangnya nih, banyak ide yang realisasinya meleset dan jauh dari perkiraan karena kamu nggak tahu gimana proses pembuatannya. Nah loh, sayang banget kan, kalau udah gini? Makanya, kalau kamu udah punya ide, yuk cobain 5 tahap design thinking ini buat bantu merealisasikan ide di otakmu! Check this out!

1. Empathise

tahap-design-thinking

Ilustrasi berempati dengan user (Sumber: pexels.com)

Untuk berpikir lewat desain nggak akan bisa dimulai tanpa adanya pemahaman yang lebih dalam tentang orang yang menjadi target audiens kamu. Agar kamu dapat memahaminya diperlukan yang namanya empati. Dengan berempati maka kamu akan lebih mudah untuk memahami pikiran orang lain, emosinya, dan apa kebutuhan mereka. Ini merupakan cara yang paling ampuh. 

Tahap design thinking yang satu ini dapat dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan. Kemudian melakukan wawancara langsung dengan audiens. Dengan melakukan pengamatan dan keterlibatan langsung dengan audiens, maka kamu akan mendapatkan data sesuai kenyataan yang ada. Selain itu kamu juga akan mendapat pemahaman pribadi yang lebih mendalam tentang permasalahan yang ingin kamu pecahkan, deh.

2. Define

definisikan-ide

Ilustrasi memecahkan masalah (Sumber: pexels.com)

Setelah kamu mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan oleh user, maka kamu akan masuk ke tahap berikutnya, yaitu define. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis untuk pengembangan ide produk yang akan kamu buat nantinya. Pengembangan ide ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalah yang kamu dapatkan dari user, baik secara langsung maupun tidak.

Hal ini dapat dilakukan dengan membuat daftar kebutuhan user. Kamu sudah harus menetapkan permasalah apa saja yang akan kamu pecahkan dan cari solusinya lewat rancangan produkmu. Daftar permasalahan yang sudah ditetapkan ini kemudian akan dilanjutkan pada tahap ideate yang akan kami bahas di poin berikutnya.

Baca Juga :   Kenapa Proses Kreatif Itu Penting?
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Mengenal FODA, Komunitas Doodle Art Indonesia

Seni Rupa & Desain

Memperingati Hari Puisi Sedunia, Baca Sejarahnya, Yuk!

Seni Rupa & Desain

Mengenal Desain Grafis ala Korea, Si Minimalis yang Atraktif

Seni Rupa & Desain

Cara Melukis Berdasarkan Jenis Cat