leadersingle

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Dibaca Normal: 5 menit aja
teknik arsir

Membuat arsiran bayangan tidak semudah yang kamu bayangkan, lho. Apalagi kalau kamu belum terbiasa. Tapi jangan khawatir, sekarang kami akan kasih informasi seputar teknik arsir. Teknik arsir adalah teknik dalam menggambar atau melukis dengan cara membuat tumpukan garis yang digunakan untuk menciptakan efek warna, bayangan, tekstur, dan lain sebagainya. Teknik ini juga memiliki kaitan dengan ilusi cahaya.

Mempelajari Ilusi Cahaya

Sebelum mulai menggambar bayangan, kamu mesti tahu dulu tentang ilusi cahaya. Bentuk bayangan yang tercipta tergantung pada arah cahaya, bentuk objek, dan sudut pandangmu saat melihat benda tersebut. Dalam hal pencahayaan, kamu harus memperhatikan dua elemen, yaitu value dan kontras.

Value adalah gelap-terang warna. Light values (terang) disebut tints, dan dark values (gelap) disebut shades atau bayangan. Sedangkan kontras dihasilkan karena adanya perbedaan dari elemen-elemen dasar desain seperti tekstur, warna, atau ukuran. Ketebalan warna kontras bisa halus atau malah ekstrem. Ketika membuat shading, kebanyakan orang lebih berfokus dengan kontras yang dihasilkan dari perubahan valueGradasi value tercipta sesuai lokasi dan intensitas sumber cahaya. Semakin kuat cahayanya, maka semakin tinggi pula kontrasnya. Berikut adalah beberapa titik lokasi tempat terciptanya value:

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
value

Titik lokasi value (sumber: thevirtualinstructor.com)

  1. Highlight, tercipta di permukaan subjek ketika mendapat refleksi dari sumber cahaya dengan sangat intens. Highlight menjadi cahaya value yang paling terang, sehingga warnanya menjadi hampir putih.
  2. Mid tones, merupakan area di mana terdapat sedikit cahaya yang menyala tetapi kurang intens daripada highlight. Dalam banyak kasus, mid tone merupakan warna yang sebenarnya atau value dari subjek. 
  3. Core shadow, merupakan bagian subjek yang memiliki bayangan hitam yang pekat. 
  4. Cast shadow, merupakan bayangan yang terletak di balik objek, karena cahaya terhalang untuk mencapai area ini sepenuhnya karena ada objek lain. Bentuk cast shadow tergantung dengan arah sumber cahaya masuk. 

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Logo Mudah dan Kreatif

Seni Rupa & Desain

Inspirasi Visual Paripurna dengan 4 Gaya Desain Grafis

Seni Rupa & Desain

Desain Grafis ala Jepang, Indahnya Perpaduan Tradisional dan Modern

Arsitektur & Interior
Seni Rupa & Desain

Mencetak Barang Impian dengan 5 Printer 3D Terbaik Ini

Seni Rupa & Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Poster Film Sesuai Genre

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>