Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Dibaca Normal: 5 menit aja
teknik pointilis

Ternyata dari bentuk sesederhana titik bisa dijadikan sebuah karya yang memukau jika dikerjakan secara serius, GenK. Apa kamu pernah mendengar tentang teknik pointilisme? Kalau belum, simak penjelasan berikut, yuk!

Seperti yang pernah kami bahas di artikel sebelumnya tentang dasar-dasar desain grafis, titik menjadi salah satu elemen di dalam desain grafis. Banyaknya titik-titik yang disusun secara sengaja maupun tidak nantinya dapat membentuk garis.

Teori inilah yang menjadi teknik dasar melukis atau menggambar pointilisme, GenK.

Untuk lebih jelasnya, kami akan membagikan informasi seputar teknik pointilisme dan bagaimana cara pembuatannya. Jadi kamu gak perlu bingung lagi kalau ingin membuat lukisan atau gambar pointilis deh.

Yuk langsung saja kita simak pengertian teknik pointilis berikut ini!

Apa Itu Teknik Pointilis?

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, kamu pasti pernah membuat gambar dengan teknik pointilisme ‘kan? Contohnya saat menusuk-nusuk kertas origami dengan pensil yang ditempel di atas kertas gambar. Kemudian dari tempelan kertas tersebut seakan-akan tercipta bentuk baru.

teknik pointilis 1

Lukisan pointilisme (sumber: sothebys.com)

Sebenarnya apa sih pengertian teknik pointilis itu?

Teknik pointilis atau pointilisme adalah salah satu teknik yang digunakan saat melukis dan menggambar dengan cara memanipulasi ketidaksensitifan mata seseorang saat meneliti detail kumpulan titik-titik sehingga mampu memberikan kesan adanya bidang atau warna yang baru.

Teknik pointilis adalah ilusi jarak dan warna.

Umumnya, warna yang dihasilkan adalah hitam dan putih saja. Warna ini dapat muncul karena adanya perbedaan jarak antar titik yang mampu menciptakan terjadinya halusinasi gradasi warna.

Baca Juga
Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Jenis-Jenis Teknik Pointilisme

Setelah mengetahui pengertian pointilis, sekarang cari tahu tentang jenis-jenis teknik menggambar pointilis, yuk!

1. Stippling

stippling

Membuat titik dengan teknik stippling (sumber: YouTube Dedalus Art)

Jenis pertama yang akan kami bahas yaitu stippling. Secara garis besar, stippling adalah teknik yang digunakan untuk menciptakan lukisan hitam putih ala pointilisme. Penggunaan titik-titik hitam dan putih membuat gambar yang dihasilkan jadi lebih dinamis.

Stippling sebenarnya jarang digunakan, karena proses pembuatannya memakan waktu yang lama dan dibutuhkan ketelitian yang tinggi saat menggambar.

2. Pointilisme Modern

Zaman sudah semakin modern dan perkembangannya juga berdampak pada cara pembuatan lukisan atau gambar pointilisme. Kalau dulu membuat titik-titik ini hanya bisa menggunakan cara manual, sekarang gambar-gambar di majalah dan surat kabar dapat dicetak dengan metode yang hampir mirip dengan teknik pointilis.

Selain majalah, pada layar elektronik seperti televisi juga menggunakan teknik yang sama. Pada layar televisi menampilkan titik atau pixel berwarna merah, biru, dan hijau.

Titik-titik kecil yang tadinya hanya terdiri dari tiga atau empat warna kemudian menciptakan sebuah ilusi gambar yang memiliki berbagai warna lainnya. Kondisi seperti ini disebut dengan pointilisme modern.

Baca Juga
5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

5 Ilustrator Indonesia Berbakat yang Menggunakan Teknik Digital

Seni Rupa & Desain

5 Ilustrator Cat Air Berbakat Indonesia yang Menginspirasi

Seni Rupa & Desain

5 Inspirasi Desain UI untuk Aplikasi Terbaik di Tahun 2020

Seni Rupa & Desain

6 Tips Mengkombinasikan Font untuk Desain Grafis

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link