Tiga Animator Indonesia Jagoan 2D

Dibaca Normal: 5 menit aja
Animator 2D Indonesia Rekomendasi kreativv ID

Dunia animasi di Indonesia semakin berkembang. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap animasi, membuat banyak animator Indonesia bermunculan dan mempublikasikan karyanya di berbagai media, seperti televisi dan internet. Bahkan sekarang kamu bisa dengan mudah menemukan jurusan di perguruan tinggi yang memang mempelajari tentang animasi loh, GenK!

Animasi sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu animasi 2D, 3D, 4D, bahkan 5D. Setiap jenis animasi memiliki prinsip dan tekniknya masing-masing.

Menurut Gatot Prakosa, pada dasarnya, animasi dapat diartikan sebagai menghidupkan benda mati atau benda statis dengan menciptakan gerak atau kesan bergerak.

Lalu apa itu animasi 2D?

Animasi 2D teknik animasi yang diterapkan ke objek yang memiliki ukuran panjang dan lebar sehingga terciptalah gerakan atau kesan bergerak.

Apa kamu pernah pernah menonton konten animasi di media sosial? Atau mungkin kamu adalah penggemar salah satu konten animasi di media sosial? Nah, ini dia animator 2D muda Indonesia yang wajib kamu kenali dan tonton karyanya, GenK.

Si Nopal

Si Nopal adalah nama salah satu karakter Animasinopal, YouTube channel yang dibuat oleh Naufal Faridurrazak atau yang lebih dikenal dengan Nopal. Nopal pertama kali mengunggah video animasinya di YouTube pada 15 Oktober 2018. Hingga saat ini, Nopal sudah mengunggah sebanyak 36 video animasi. Untuk Subscriber YouTube Animasinopal saat ini sudah mencapai 661.616, GenK! Wah ternyata banyak banget peminatnya ya.

Rekomendasi Animator Indonesia Animasinopal dari kreativv IDSumber: twitter.com/animasinopal

Karya animasi Nopal memiliki beberapa tokoh, tapi ada dua karakter yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kamu, yaitu Si Nopal dan Cute Girl. Cerita antara Si Nopal dan Cute Girl yang dikemas dengan genre komedi ini mampu menarik banyak perhatian.

Desain karakter yang unik menjadikan animasi karya Nopal memiliki ciri khas. Contohnya adalah desain karakter Cute Girl yang hanya memiliki mulut. Sangat unik bukan?

Saat ini banyak animasi karya Nopal yang menjadi viral. Pada 22 Januari 2019, Nopal mengunggah animasi berjudul “Kartun Lucu – Kisah Aneh Saat Berkemah” yang berhasil mendapat 6 juta penonton.

Cerita tersebut mengisahkan tentang Si Nopal dan Cute Girl yang yang sedang berkemah. Cute Girl menceritakan tentang mimpi yang pernah ia alami. Di dalam mimpi tersebut, Cute Girl bertemu dengan Jungkook, yaitu salah satu personil boy group asal Korea Selatan bernama BTS.

Di dalam mimpinya, Cute Girl mengucapkan, Saranghae Jungkook yang kemudian dibalas dengan, Saranghae Cute Girl. Dua dialog tersebut menjadi viral di kalangan masyarakat, khususnya pecinta K-Pop.

Baca Juga
7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

Lalu karya lain Nopal yang menjadi viral adalah animasi berjudul “Kartun Lucu – Kado Ulang Tahun” yang berhasil mendapat 1 juta penonton. Padahal animasi tersebutsudah dirilis sejak 5 November 2018.

Nah, di dalam animasi tersebut, ada cerita tentang Cute Girl yang memberi kejutan ulang tahun pada Si Nopal. Namun, yang membuat orang terkikik geli adalah saat Cute Girl tidak bisa menyebutkan kata Surprise. Dalam dialog animasi tersebut, Cute Girl malah mengucapkan kata Sesurpris yang kemudian menjadi viral dan banyak dibincangkan.

Bila kamu tertarik untuk menonton kisah Si Nopal dan Cute Girl, kamu bisa langsung berkunjung ke channel YouTube Animasinopal atau melalui akun Instagram Si Nopal.

Selain animasi, Nopal juga merilis karyanya dalam bentuk komik di CIAYO Comics. Bila kamu juga tertarik untuk membaca versi komik karya Nopal, kamu bisa main-main ke Si Nopal di CIAYO Comics.

Dalang Pelo

Apa kamu pernah mendengar suara Dalang Pelo~?

Itu adalah bumper opening untuk animasi Dalang Pelo. Bumper opening tersebut menjadi ikonik, karena bila kamu mendengar suara tersebut maka kamu akan langsung teringat pada karakter animasi laki-laki yang memiliki jamur di kepala alias Acil.

Rekomendasi Animator Indonesia Dalang Pelo dari kreativv IDSumber: youtube.com

Dalang Pelo adalah nama channel YouTube yang dibuat oleh Nur Alif atau yang lebih dikenal dengan nama Acil. Video Dalang Pelo pertama kali diunggah di YouTube pada 16 Juni 2017. Hingga saat ini, Acil sudah mengunggah 63 video di channel Dalang Pelo. Untuk subscriber YouTube Dalang Pelo sendiri sudah mencapai 915.162 pelanggan.

Karya animasi Acil memiliki beberapa tokoh, seperti Acil, Leri, Monyet Kuning, Dora The Expelo, Midun, dan Om Gepeng. Namun, yang menjadi viral di kalangan warganet adalah Acil dan Leri karena kisahnya yang super kocak. 不

Baca Juga
7 Rekomendasi Software Pembuat Animasi untuk PC

Desain karakter Dalang Pelo berciri khas banget loh. Terutama tokoh Acil yang memiliki jamur di kepala. Mungkin dari kamu ada yang bertanya-tanya, kenapa ada jamur tumbuh di kepala Acil? Ternyata, jamur itu tumbuh karena tokoh Acil yang jarang mandi. Kocak banget, GenK!

Oh iya, karya-karya Acil ini kerap kali masuk dalam trending topic YouTube, GenK. Salah satunya adalah animasi yang berjudul “ACIL BERTUKAR TUBUH DENGAN LERI!! – Dalang Pelo”. Penontonnya sudah sampai 1 juta penonton, padahal baru diunggah pada 16 Februari 2019.

Isinya bercerita tentang Acil dan Leri yang bertukar tubuh dengan alat yang diciptakan oleh Om Gepeng. Pokoknya tingkah konyol Acil akan membuatmu tertawa, GenK.

Bagaimana animasi Dalang Pelo, GenK? Menarik bukan? Nah, bila kamu tertarik untuk menonton kisah Acil dan kawan-kawan, kamu bisa langsung berkunjung ke channel Dalang Pelo di YouTube atau melalui akun Instagram Dalang Pelo. Selamat menonton, GenK!

Sengklekman

Sengklekman adalah channel YouTube dengan konten animasi yang dibuat oleh Julian Syahputra El Islami atau Ian. Ian pertama kali mengunggah video di channel YouTubenya pada 18 September 2017. Hingga saat ini, sudah ada 49 video yang Ian unggah.

Untuk subscriber YouTube Sengklekman sendiri sudah mencapai 207,558 pelanggan. Sebelum merambah ke dunia YouTube, Julian sudah pernah merilis komik bergenre komedi dengan judul Sengklekman pada 9 Oktober 2015.

animator3Sumber: gramedia.com

Sengklekman menceritakan tentang kehidupan Ian dan teman-temannya yang sengklek dan dan kocak tinggal bersama-sama di asrama. Nama tokoh Ian sendiri diambil dari nama asli Ian, yaitu Julian.

Dulu Ian sempat bingung untuk memberi nama tokoh animasinya. Tetapi setelah ia perhatikan, kebanyakan animator menggunakan nama asli atau nama panggilan mereka untuk dijadikan nama tokoh utama.

Baca Juga
Jenis, Prinsip, Hingga Cara Membuat Animasi Lengkap

Video Sengklekman yang terbaru, “TIPS SAAT DITILANG POLISI – KARTUN LUCU SENGKLEKMAN”, yang diunggah pada 12 Februari 2019, langsung mendapat 229.615 penonton. Wah padahal baru sebentar sudah banyak yang nonton, GenK!

Jadi, isinya menceritakan tentang Ian dan temannya yang gemar K-Pop sedang pergi berkendara. Di jalan mereka bertemu polisi, padahal teman Ian lupa memakai helm. Tingkah Ian dan temannya yang konyol saat menjawab pertanyaan polisi akan membuatmu terhibur, GenK!

Bagaimana, apa kamu tertarik untuk menonton animasi Sengklekman? Kalau iya, langsung saja mampir ke channel YouTube Sengklekman atau melalui akun Instagram Sengklekman. Selain melalui media YouTube dan Instagram, kamu juga bisa membaca komik karya Ian di CIAYO Comics dengan nama Sengklekman.


Itu dia 3 animator 2D muda Indonesia yang karyanya tengah menjadi perbincangan warganet. Diantara ketiga animator Indonesia di atas, mana yang menjadi kesukaanmu, GenK? Atau mungkin kamu punya animator kesukaanmu sendiri?

Tapi ingat, GenK, kamu harus memberi apresiasi pada setiap karya. Usahakan tonton langsung dari akun resmi animator yang kamu suka. Karena zaman sekarang, banyak oknum yang hanya reupload konten animasi, tetapi mendapat penonton yang banyak di YouTube. Kasihan kan para animator yang sudah susah payah berkarya, tapi karyanya tidak diapresiasi.

Nah, untuk kamu yang ingin menjadi animator sukses seperti ketiga animator Indonesia yang sudah kami bahas tadi, tentunya membutuhkan usaha dan ketekunan. Tidak perlu takut. Mulai dulu dari melihat referensi animator yang kamu suka, lalu coba mulai membuat sketsa, baik sketsa digital maupun manual.

Semakin banyak berlatih maka kamu akan lebih mudah untuk mendapat hasil yang kalian inginkan. Selamat berkarya, GenK!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

7 Rekomendasi Font Keren untuk Desain Grafis Kekinian

Seni Rupa & Desain

Pentingnya Desain Packaging untuk Bisnis Makanan Online

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Nirmana Sedotan Mudah dan Gak Ribet

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Moodboard Kece yang Praktis dan Simpel

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link