Pro Kontra Tracing Gambar: Baik atau Tidak Sih?

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
tracing gambar

Bisakah tracing gambar membantu kamu untuk menambah skill menggambar atau malah bikin ketergantungan? Ini merupakan pertanyaan yang mind blowing dan masih menjadi pro dan kontra. Yuk kita bahas sama-sama!

Belajar menggambar sampai benar-benar sempurna itu tidaklah mudah dan membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya. Namun, ini bukan jaminan loh. Karena selama proses pembelajaran tersebut kamu akan menghadapi banyak tantangan di dalamnya.

Bagai jalan pintas, teknik tracing gambar menawarkan banyak kemudahan saat kamu menggambar. Sayangnya, beberapa orang merasa teknik ini curang, karena kamu tidak perlu membuat sketsa dasar dari bentuk-bentuk geometris dan sebagainya. 

tracing gambar 1

Proses tracing (sumber: eggsbenedict.info)

Garis, bentuk, dan warna bisa kamu copy-paste sesuai referensi gambar. Tingkat kemiripannya pun akan semakin mendekati aslinya, tergantung perombakan antara referensi dan sketsa dasar yang kamu buat. 

Nah, ini dia yang menjadi pro dan kontra, sebenarnya teknik gambar tracing itu baik atau tidak yah? Mari kita bahas, GenK!

Apa Itu Tracing Gambar?

Berbicara soal teknik menggambar, sebenarnya terdapat banyak teknik yang bisa kamu pilih loh. Mulai dari menggambar manual dan menggambar digital. Kemudian di dalamnya dapat dibagi lagi menjadi beberapa teknik, termasuk teknik tracing gambar.

Tak jarang orang menggunakan teknik tracing, misalnya untuk membuat fanart atau sekadar ilustrasi commission. Tapi apakah kamu tahu apa itu teknik tracing gambar? Supaya lebih matang lagi nih, yuk kita bahas mulai dari dasar.

tracing gambar 2

(sumber: giphy.com)

Tracing adalah menjiplak gambar. Itu pengertian simpelnya, GenK. Dalam dunia ilustrasi dan grafis, umumnya teknik ini digunakan untuk membuat sketsa dan memilih warna. Tujuannya agar hasil gambarnya tidak jauh dari foto yang dijadikan sebagai referensi dasar dengan cara instan. Penggunaan teknik ini bisa menjadi salah satu cara jika kamu ingin mulai belajar menggambar realis, GenK.

Baca Juga   Cara Membuat Desain Kemasan untuk Pemula

Pro dan Kontra Tracing Gambar

Dibalik banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh teknik tracing, ternyata ada pro dan kontranya juga loh. Ketika belajar menggambar, kamu perlu mengamati dan kemudian menerjemahkan apa yang kamu lihat ke dalam garis, bentuk, value, tekstur, warna, dan lain-lain. 

Sebaliknya, tracing gambar hanya menjiplak apa yang ada di foto tanpa perlu banyak mengamati dasar elemen desain grafis. Karena kamu tidak menerjemahkan gambar sendiri, beberapa orang menganggap teknik ini curang dan akan dipertanyakan orisinalitasnya.

Ini merupakan pendapat sebagian orang, kalau pendapatmu bagaimana, GenK?

Kekurangan dari Teknik Tracing

(sumber: nordicapproach.no)

Supaya kamu punya pertimbangan, kami akan membahas secara seimbang. Baik itu dari sisi kekurangan maupun kelebihan jika kamu menggunakan cara menjiplak gambar. 

Buat yang pertama, kami akan membahas apa saja kekurangan dari gambar tracing:

  1. Orisinalitas dipertanyakan, karena kamu membuat gambar berdasarkan referensi foto yang kemudian dijiplak. Kemudian muncul persepsi bahwa ide gambar itu bukan sepenuhnya milikmu.
  2. Sulit menemukan ciri khas gambar, menggambar tracing akan menyebabkan kamu kesulitan untuk menemukan ciri khas gambar. Karena kamu terlalu terpaku dengan referensi yang ada.
  3. Tidak memiliki original character, karena original character (OC) dibuat berdasarkan ide, garis, bentuk, dan warna yang dibuat sendiri. Akan berbeda konteksnya dengan gambar hasil tracing.  
  4. Hasil desain yang flat, masalah ini timbul ketika kamu belum terbiasa membuat dimensi gambar. Selain itu, desain yang flat dapat terjadi karena garis outline yang kamu buat tidak terputus dan tebal-tipisnya tidak variatif, GenK.
  5. Kecanduan, arti kecanduan di sini adalah ketika kamu menjadi tidak percaya diri saat menggambar tanpa foto referensi. Sehingga kalau disuruh gambar mendadak, kamu akan merasa seperti tidak punya pedoman.
Baca Juga   Cara Membuat Rainbow Effect pada Foto lewat PicsArt

Kelebihan dari Teknik Tracing

tracing gambar 3

Tracing digital (sumber: microsoft.com)

Tracing gambar tidak cuma berhenti di sini saja loh. Biar seimbang, kami juga akan membagikan apa saja kelebihan dari penggunaan teknik tracing gambar. Ini dia daftar keuntungannya, GenK:

  1. Memudahkan untuk latihan menggambar, terus-terusan membuat outline bakal meningkatkan skill menggambarmu loh. Tanganmu mulai terbiasa membuat garis dan detail saat menggambar manual maupun digital.
  2. Belajar memahami anatomi, menelusuri bentuk tubuh yang ada di gambar membantu kamu untuk belajar memahami anatomi. Mulai dari membuat kepala, badan, tangan, kaki, dan detail-detail lainnya.
  3. Menguasai linear perspektif, menggambar perspektif punya tantangannya tersendiri. Namun setidaknya memiliki pemahaman bagaimana cara kerja perspektif itu penting loh. Supaya kamu lebih mudah membuat gambar 3D, GenK.

Apakah Tracing Gambar Itu Baik atau Tidak?

Setelah berputar-putar soal baik dan buruknya melakukan tracing gambar, sekarang pertanyaan awal muncul kembali. Apakah melakukan tracing gambar ini baik atau tidak yah?

Ilustrasi berpikir (sumber: lawfulrebel.com)

Mengetahui bahwa tracing adalah teknik yang berguna untuk belajar mendesain dan menggambar, kami ingin mengajak kamu menantang diri sendiri untuk menggambar tanpa menjiplak dari referensi gambar. Mulailah untuk mengamati subjek yang ada di kehidupan sehari-harimu, seperti dari segi garis, bentuk, proporsi, dan lain-lain. 

Tracing adalah teknik yang ada di toolbox-mu, tapi jangan sampai hanya teknik itu yang kamu gunakan.

Jika kamu masih mengembangkan skill menggambar, usahakan tidak terlalu terpaku pada keuntungan dan efisiensi dari tracing. Sebaiknya lebih fokus pada gambar murni hasil karya sendiri dari hasil pengamatan referensi. Menggambarlah sebanyak-banyaknya. Jangan biarkan teknik gambar yang satu ini bikin kamu kecanduan.

Masih belum pede dengan hasil gambarmu tapi ingin berhenti tracing gambar? Caranya adalah dengan menggunakan bantuan grid supaya ukuran dan posisi objek lebih proporsional tapi kamu tetap bisa mengandalkan kemampuan aslimu. 

Teknik grid juga sering dipakai sebagai cara menggambar orang seluruh badan. Selengkapnya sudah tertulis di artikel kami sebelumnya, GenK. Yuk mulai berkarya!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

Yuk Belajar Prinsip Tipografi, Anak Desain Wajib Baca Nih!

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

Seni Rupa dan Desain

Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Simpel Cara Membuat Pop Art Kekinian di Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Original Character dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

Seni Rupa dan Desain

Belajar Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir

Seni Rupa dan Desain

Kenapa Ada Warna Merah, Oranye, dan Kuning di Logo Makanan?

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Seni Rupa dan Desain

Panduan Lengkap Cara Upload Webtoon Sendiri dengan Mudah

Seni Rupa dan Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Apa Itu Webtoon? Komik Kekinian Favorit Milenial

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

Seni Rupa dan Desain

Tutorial Cara Menggambar Tangan Anime untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

            Artikel Selanjutnya