Seni Rupa & Desain

Yuk Intip Prediksi Tren Warna Desain Terhits di 2020

tren warna 2020

Tren warna desain terbaru sudah siap beraksi untuk mewarnai hari-harimu di tahun 2020, GenK. Yuk intip apa saja warnanya, siapa tahu warna favoritmu masuk ke dalam salah satu daftar tren warna 2020!

Warna menjadi salah satu elemen yang memberikan kesan pertama pada sebuah desain ataupun brand. Tidak sekadar hiasan, elemen yang satu ini mampu memberikan pesan dan kesan tertentu kepada orang yang melihat, karena pada dasarnya setiap jenis warna memiliki arti masing-masing. Semuanya dapat kamu pelajari lebih lanjut di psikologi warna

Tren warna tidak berbeda jauh dengan tren mode, tren desain, dan tren lainnya yang berkembang dengan cepat dan selalu berubah. Biar desainmu makin trendi, di artikel kali ini kami akan membagikan prediksi tren warna 2020 hanya buat GenKreativv. 😁

1. Glowing Neon

tren warna 2020

Glowing neon (sumber: graphicdesignjunction.com)

Tren bisa hilang dalam sekejap dan muncul lagi di kemudian hari, ini merupakan sebuah siklus yang lumrah. Sama halnya dengan glowing neons yang sempat ngetren pada tahun 80-an dan diprediksi akan menjadi warna hits di tahun 2020. 

Warna neon tidak selalu menyilaukan dan bikin sakit mata kok, karena kamu dapat memadupadankan dengan warna netral seperti putih dan hitam supaya lebih enak dipandang mata. Contohnya kreasi desain lampu neon dengan background warna hitam, dll.

Aplikasikan glowing neon dalam berbagai bidang, seperti desain grafis, arsitektur dan interior, atau fashion. Sama halnya seperti tips mix and match baju neon yang pernah kami bagikan di artikel sebelumnya. 😊

Baca Juga :   6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain

2. Futuristic Color

tren warna 2020

Futuristic color (sumber: trendhunter.com)

Next ada isometric illustration belakangan ini menjadi tren desain, salah satunya untuk desain UI UX. Isometric illustration adalah teknik desain dengan gambar berbentuk 3D di dalam gambar 2D. Biasanya dikemas dengan futuristic color, seperti ungu, biru, dan hot pink yang membuat visualnya tampak segar dan eye catching.

Seiringan dengan tren desain tersebut, warna futuristik diprediksi akan masuk ke dalam salah satu daftar tren warna 2020. Berkat palet warna yang memukau, warna futuristik mampu membangkitkan estetika dimensional yang tampak bercahaya.

3. Dark Mode Color

tren warna 2020

Warna dark mode (sumber: 99designs.com)

Dark mode adalah mode yang diaktifkan untuk membuat tampilan UI menjadi gelap yang didominasi dengan warna hitam, abu-abu, atau biru dongker. Tidak hanya untuk desain UI, warna dark mode diprediksi menjadi tren warna 2020. Tampilannya yang gelap membantu kamu untuk mengurangi dampak blue light bagi mata. 👍

Adapun jika dikaitkan pada dunia desain, dark mode color membuat desainmu tampak lebih menonjol karena adanya kontras yang lebih tinggi. Namun meski begitu visualnya tetap enak dipandang mata, karena dark mode dapat mengurangi ketegangan mata.

Baca Juga :   4 Aplikasi Membuat Poster Gratis Terbaik Tahun 2020

4. Warna Monokromatik

Desain dengan warna monokromatik (sumber: behance.net/auaranas)

Tren warna 2020 yang berikutnya akan kami bahas yaitu warna monokromatik. Bagi kamu yang belum tahu, warna monokromatik adalah warna primer yang dicampur dengan putih dan hitam akan menghasilkan warna lain dengan value yang berbeda. 

Sedangkan warna polikromatik adalah warna sekunder yang dicampur dengan putih dan hitam akan menghasilkan warna lain dengan value yang berbeda. 

Warna monokromatik mudah dilihat dan dipahami, sehingga menjadi tren warna yang abadi dan tidak pernah hilang. Gak hanya hitam dan putih, desainer mulai mencoba meningkatkan variasi dan kontras warna monokromatik dengan warna-warna unik lainnya. 

5. Classic Blue

tren warna 2020

Classic blue (sumber: pantone.com)

Sejak tahun 2000, Pantone Color Institute mendeklarasikan warna-warna tertentu yang menjadi “Color of The Year”. Untuk tahun 2020 ini, warna classic blue masuk ke dalam salah satu daftarnya, GenK. 

Classic blue merupakan warna yang teduh dengan shade antara mid-tone dan biru tua. Kalau ditinjau dari segi psikologi, warna classic blue melambangkan langit malam yang luas dan tidak terbatas. Siap-siap melihat banyak warna classic blue di tahun 2020 yah! 😊

Baca Juga :   Psikologi Warna: Cara Mengenal Seseorang lewat Warna Favoritnya

6. Coral Pink

Coral pink (sumber: pinterest.com)

Masih seputar tren warna 2020 yang dikeluarkan oleh Pantone Color Institute, coral pink juga menjadi salah satu warna yang masuk ke dalam daftar “Color of The Year”. Coral pink adalah warna hangat dan lembut, karena adanya perpaduan antara warna oranye dan merah muda.

Warna coral pink dianggap memiliki daya pikat ala vintage jika diaplikasikan pada sebuah desain. Bayangkan jika kamu berfoto dengan latar coral pink, pastinya estetis banget, GenK!


Simpulan

Itu dia beberapa prediksi tren warna 2020, apakah warna favoritmu masuk ke dalam salah satu daftarnya? 

Sebagai creative content platform, kreativv ID berkomitmen untuk menyediakan berbagai konten menarik seputar industri kreatif. Supaya gak ketinggalan update terbaru, pantengin terus blog kami dan subscribe ke newsletter untuk mendapatkan konten terbaik langsung ke emailmu.

Polling

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Tutorial Mudah Cara Menggambar Chibi untuk Pemula

Seni Rupa & Desain

Belajar Desain Grafis jadi Makin Mahir lewat 3 Buku Ini

Seni Rupa & Desain

Tren Desain UX Terbaru yang Bakal Booming di Tahun 2021

Seni Rupa & Desain

6 Rekomendasi Aplikasi Menggambar dan Melukis Digital