Tuangkan Semua Imajinasi Bebasmu dalam Aliran Surealisme

Dibaca Normal: 3 menit aja

Pernahkah kamu datang ke sebuah pameran lukisan dan mendapati beberapa lukisan yang terkesan aneh? Gambar yang terdapat pada lukisan tersebut barangkali cukup tidak masuk di akal dengan kejadian sehari-hari. Namun lukisan tersebut bukan dibuat tanpa maksud. Sebab, ada lukisan yang beraliran surealisme. Apakah aliran surealisme itu? Mungkin kamu sudah kenal dengan aliran realisme yang menggambarkan objek secara nyata. Sementara di surealisme berlaku sebaliknya. Lukisan surealisme menggambarkan objek-objek yang berasal dari imajinasi pelukis. 

Slider
Slider
Slider

Objek-objek yang digambarkan biasanya tak cukup masuk akal dan berlawanan dengan kehidupan nyata. Misalnya ada gambar orang yang berbadan hewan, monster-monster, dan objek-objek imaji lainnya. sebagian lukisan surealis memiliki makna yang hanya bisa dimengerti oleh pelukisnya sendiri. Aliran surealisme tidak hanya didapati dalam seni lukis tapi juga sastra dan film.

Sejarah Aliran Surealisme

Aliran Surealisme

Sumber: pexels.com

Aliran surealisme pertama kali muncul sekitar tahun 1917 dalam bidang sastra. Saat itu, aliran surealis yang memiliki dasar pada pegembangan imajinasi atau alam bawah sadar tertuang dalam ekspresi penulisan automatisme. Naskah-naskah penulisan oleh Andre Breton ini kemudian berhasil dipublikasi di Paris pada tahun 1924. Gaya penulisan dari seorang penyair dan kritikus ini ternyata cukup memiliki efek terhadap situasi pergerakan politik saat itu. Banyak penyair yang kemudian mengikuti jejak Breton. Mereka kemudian juga masih menghormati seniman-seniman lukis yang juga memiliki aliran surealisme. Di sisi yang lain, ada juga yang meyakini bahwa kelahiran surealis muncul dari lukisan Giorgio de Chirico pada awal tahun 1917. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Saat itu, Giorgio de Chirico melukiskan trotoar berdasarkan imajinasinya sendiri. Tidak lama setelah itu, Giorgio de Chirico meninggalkan aliran tersebut dan beralih ke aliran dadaisme yang mengandung sindiran dan kritik tajam secara tidak langsung. Aliran dadaisme dan surealisme dalam hal ini cukup berkaitan terhadap perkembangan satu sama lain. Tokoh-tokoh seperti Giorgio de Chirico, Max Ernst, Breton, dan lainnya melakukan eksperimen-eksperimen hingga aliran surealisme muncul dan terus menguat. 

Ciri-ciri Aliran Surealisme

Setiap aliran lukisan memiliki ciri khasnya tersendiri yang menguatkan karakternya. Berikut ini adalah beberapa ciri aliran surealisme yang bisa diidentifikasi.

1. Berupa Imajinasi Bebas

Aliran Surealisme

Sumber: pexels.com

Apapun hal yang muncul dalam pikiran bisa dituangkan dalam lukisan. Setiap manusia memiliki alam bawah sadar yang terisi dengan beragam gambaran objek. Objek-objek tersebut bisa dituangkan dalam aliran surealisme karena seniman bebas mengikuti apa yang ada dalam pikirannya.

2. Objek yang Diangkat Tidak Nyata

Objek yang Diangkat Tidak Nyata

Sumber: pexels.com

Objek-objek dalam imajinasi seseorang biasanya cukup beda dan tidak ada dalam kehidupan nyata. Namun memang inilah yang menjadi ciri aliran surealisme. Seniman tidak berpatokan pada aturan baku sebuah objek.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

Ingin Jago Mendesain? Kenali Dulu Dasar Desain Grafis!

Seni Rupa & Desain

6 Jenis Kertas yang Wajib Anak Desain Ketahui

Seni Rupa & Desain

Tips dan Trik Print Desain untuk Hasil yang Berkualitas

Seni Rupa & Desain

8 Kombinasi Font Terbaik untuk Desain Grafis Kekinian

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Power Point Kreatif

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Webtoon, Calon Kreator Wajib Tahu Nih!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link