8 Unsur Seni Rupa yang Wajib Diketahui Setiap Desainer Grafis

Dibaca Normal: 4 menit aja
unsur seni rupa

Slider
Slider
Slider

Unsur seni rupa adalah komponen visual yang terdiri dari titk, warna, bentuk, garis, bidang, tekstur, ruang, dan gelap-terang. Bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan seni, sebaiknya kamu mulai mencari tahu tentang delapan unsur seni rupa agar kamu tidak kaget pas kuliah.

Seni rupa merupakan salah satu cabang kesenian yang hasilnya dapat dinikmati dengan indera penglihatan dan rabaan. Karena hasil karya yang terbilang nyata, seni rupa masih memiliki peminat di kalangan masyarakat.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Hasil karya seni rupa yang kamu nikmati ini pasti terdiri dari beberapa elemen yang disebut dengan unsur seni rupa. Sesederhana apapun karya tersebut, pasti ada unsur seni rupa yang menyusunnya.

Unsur-unsur ini berkaitan satu sama lain dan pada akhirnya berhasil membentuk sebuah karya. Umumnya, unsur seni rupa terdiri dari delapan hal, yaitu: Titik, Garis, Bidang, Tekstur, Bentuk, Ruang atau Kedalaman, Warna, dan Gelap atau Terang.

Kedelapan unsur seni rupa tersebut sebenarnya biasa ditemukan di kehidupan kita sehari-hari. Bukan hanya pada sebuah bidang artistik, melainkan gedung ataupun perabotan yang ada di rumah. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai unsur tersebut, yuk simak penjelasan berikut!

1. Titik

unsur seni rupa titik

Sumber: clarenduta.blogspot.com

Unsur yang pertama akan dibahas adalah titik. Unsur satu ini pastinya sudah kamu ketahui, donk, bentuknya seperti apa? Elemen titik pada umumnya digunakan pada bagian-bagian terkecil pada sebuah karya seni rupa. Malah, ada aliran lukis yang menggunakan teknik penggabungan atau kombinasi dari sebuah titik berdasarkan varian warna dan titik yang ada. Aliran tersebut biasa disebut dengan istilah Pointilisme.  

2. Garis

Unsur seni 2

Sumber: nicepng.com

Untuk unsur seni rupa yang kedua adalah garis. Unsur satu ini merupakan goresan dari suatu benda atau bidang, tekstur, ruang, dan juga warna. Garis bisa dibedakan berdasarkan jenisnya, yaitu garis vertikal, garis horizontal, garis melengkung, garis lurus, garis panjang, garis pendek, garis diagonal, garis putus-putus, dan masih banyak lagi.

Baca Juga
Mengenal FODA, Komunitas Doodle Art Indonesia

Dengan adanya jenis dan variasi garis tersebut, maka dapat tercipta sebuah karya seni. Keberadaan garis juga dapat memberikan kesan pada masing-masing karya, contohnya seperti kesan gerak, simbol, ide, dan masih banyak lagi. Sedangkan jika dibedakan berdasarkan wujudnya, garis memiliki dua wujud yaitu garis nyata dan garis semu.  

3. Bidang

bidang

Sumber: zonareferensi.com

Selanjutnya adalah bidang. Dalam seni rupa, unsur ini bisa disebut juga sebagai dimensi. Bidang, bisa terbentuk karena adanya pertautan atau pertemuan pada garis yang membatasi sebuah bentuk. Bidang memiliki dimensi lebar dan panjang, atau bisa juga disebut dengan pipih.

Jika kamu melihat dari segi bentuknya, bidang bisa dibedakan menjadi beberapa bidang. Seperti bidang biomorfosis atau organis, bidang geometris, bidang bersudut, dan juga bidang yang tidak beraturan. Selain itu, di dalam unsur dasar seni rupa, terdapat juga bidang-bidang dasar yang perlu diketahui, seperti bidang segitiga, bidang segiempat, bidang trapesium, bidang lingkaran, dan lain sebagainya.

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

5 Rekomendasi Pen Tablet untuk Pemula Sampai Profesional

Seni Rupa & Desain

Pelajari Motif Modern Embroidery, Sulaman Estetik Kekinian

Seni Rupa & Desain

5 Jurus Rahasia Bermain Warna ala Desainer Grafis Profesional

Seni Rupa & Desain

Tutorial Cara Menggambar Rambut Anime dengan Mudah

Seni Rupa & Desain

Aliran Seni Gothic, Sering Dengar Namanya tapi Sudahkah Tahu Sejarahnya?

Seni Rupa & Desain

Penjelasan Ilmiah di Balik Fenomena Ilusi Optik yang Sering Kita Temui

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link