Game & Teknologi

8 Faktor Penting SEO Google Ranking yang Wajib Kamu Ketahui

Diperkirakan, ada nggak kurang dari 200 faktor ranking berbeda yang sangat menentukan kinerja situs di Google search engine results page (SERP), Gens. Nah, beberapa di antaranya, seperti domain authority, user experience hingga click-through rate, adalah faktor yang penting banget untuk page performance-mu di Google SERP. Well, gimana pun, dengan mengoptimalkan faktor-faktor tambahan bisa membawa perbedaan cukup besar dalam keberhasilan peningkatan ranking situs web-mu di SERP. Berikut ini adalah 8 daftar faktor SEO Google ranking yang sayangnya nggak terlalu dikenal sehingga acap kali diabaikan. Padahal kalau mau dioptimalkan, kamu bisa dapetin dampak yang sangat besar pada ranking situs kamu, lho, guys.

  1. Page Speed

Sumber Gambar : stackpathdns.com

Tahu nggak, guys, menurut penelitian Google, didapatkan fakta menarik bahwa sebanyak 53% pengguna seluler akan meninggalkan situs yang butuh waktu lebih dari 3 detik untuk nge-load data. Artinya, kamu harus mengoptimalkan page-mu agar bisa memuat data secepat mungkin, tapi tetap jangan sampai kamu mengorbankan fitur-fitur penting yang diperlukan dalam strategi SEO Google. Coba pakai tool seperti PageSpeed Insights Google dan pelajari seberapa cepat waktu load situsmu. Cari tahu adakah hal yang perlu diperbaiki untuk mempersingkat waktu loading.

2. Outbound Link Authority

Sumber Gambar : divvyhq.com

Tautan keluar atau tautan eksternal bisa jadi cara yang oke untuk meningkatkan page authority-mu dan juga memaksimalkan trust flow, lho, guys. Kalau mau meningkatkan peringkat page-mu, kamu harus menautkan link ke situs terpercaya dan berkualitas tinggi.

3. Inbound Link Authority

Sumber Gambar : askingsmarterquestions.com

Google akan membaca bahwa situsmu bisa dipercaya melalui inbound links atau backlinks dari laman terpercaya dengan otoritas domain tinggi, guys. Nah, oleh sebab itulah kamu harus menghindari yang namanya inbound links dari situs yang berisi spam dengan trust flow rendah.Untuk mengatasi hal ini, tool Screaming Frog bisa membantu dengan menganalisis backlinks-mu secara teratur dan menolak semua link yang mungkin berasal dari situs berisi spam, situs dengan konten nggak pantas atau pun situs-situs yang nggak relevan sama sekali.

4. Broken Links

Sumber Gambar : onesork.com

Link yang rusak akan memberi sinyal kualitas pada Google. Nah, kamu harus waspada kalau laman website-mu penuh dengan broken links. Karena itu menunjukkan kalau situs yang dimaksud mungkin udah abandoned atau punya kualitas yang sangat rendah. Sangat disarankan mengecek postingan blog lama dan juga page lain di situsmu secara teratur untuk memastikan nggak ada link dengan tulisan 404 atau error-error lainnya.

5.  URL Length

SEO Google Ranking

Sumber Gambar : lifewire.com

Faktor penting dalam SEO Google ranking selanjutnya berkaitan dengan panjang URL. Perlu kamu tahu, Google lebih suka URL yang pendek dan ringkas ketimbang URP yang panjang, rumit dan penuh dengan kombinasi aneh angka dan huruf, lho. Jadi, coba terapkan URL yang ringkas dan tetap deskriptif, sehingga URL-mu terlihat short yet sweet.

6. Schema Markup

SEO Google Ranking

Sumber Gambar : kinstacdn.com

Skema markup adalah cara sederhana, tapi cukup penting kalau kamu ingin membuat page-mu menonjol di SEO Google ranking. Kamu bisa nambahin kode untuk info ekstra tentang perusahaan, acara-acara yang akan digelar hingga ulasan produk, yang akan muncul di bawah hasil penelusuranmu.

7. Breadcrumb Linking

SEO Google Ranking

Sumber Gambar : hubspot.com

Namanya tautan remah roti, tapi ini adalah tool UX yang sangat kuat, lho, GenKs. Breadcrumb link akan muncul tepat di bawah tag judul page-mu di Google SERP. Fungsinya adalah agar Google tahu di mana letak situs kamu. Link remah roti bisa berguna banget untuk situs-situs e-commerce yang punya katalog produk dari berbagai kategori. Jadi, Google bisa lebih mengerti manakah halaman terbaik yang harus ditampilkan di SERP.

8. Excessive 301 Redirects

SEO Google Ranking

Sumber Gambar : ahrefs.com

Hati-hati, lho, guys, faktor yang satu ini bisa mengacaukan ranking page-mu di Google SERP, lho. Untuk menghindari yang namanya excessive 301 redirects kamu harus memastikan selalu memperbarui link ke end-state URL. Selain itu, pastikan kamu menghubungi perusahaan, organisasi atau situs lain yang memakai outdated link dan mintalah mereka memperbarui link dengan yang terbaru, ya, guys.

Itulah 8 faktor yang harus kamu perhatikan dalam SEO Google ranking. Gimana, sudah siap untuk membawa situsmu ke peringkat teratas di mesin penelusuran Google, GenKs?

About author

Related posts
Game & Teknologi

Pakai Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik, Biar Kamu Semakin Produktif

Game & Teknologi

Front End Developer vs. Back End Developer, Apa Sih Bedanya?

Game & Teknologi

Peluang Penggunaan Teknologi VR dan AR Untuk Bisnis

Game & Teknologi

Gimana Sih Cara Membuat Channel Telegram?