GenK LIFE

Separah Apakah Dampak Virus Corona Bagi Tubuh Kita?

Masih banyak peneliti yang belum mengetahui dengan jelas dan lengkap akan virus Corona atau COVID-19 ini. Namun, salah satu yang pasti tentu adalah dampak yang sangat membahayakan bagi tubuh.

Tak seperti SARS dan MERS, virus ini banyak menyerang ke beberapa organ tubuh. Maka tak heran jika virus ini bisa menjadi pandemi dan begitu membahayakan nyawa. Bagi kalian yang belum tahu, berikut dampak berbahaya dari virus ini saat menyerang organ, dilansir dari National Georaphic.

Persebaran Corona. (Sumber: Unsplash/Martin Sanchez).

Paru-paru

Seperti yang kita tahu, virus Corona banyak menyerang ke sistem pernafasan kita, terutama paru-paru. Virus ini mudah tersebar melalui tetesan batuk atau bersin seseorang  kepada siapapun yang berada dalam kontak terdekat. Virus ini juga memberikan tanda atau gejala yang hampir mirip seperti flu, mulai dengan demam, batuk hingga berkembang menjadi pneumonia atau bisa lebih buruk dari itu.

Setelah wabah SARS pernah terjadi, WHO melaporkan bahwa penyakit ini biasanya juga menyerang paru-paru dalam tiga fase: replikasi virus, hiper-reaktivitas imun hingga kerusakan paru-paru. Profesor rekanan dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, B. Matthew B. Fireman mengatakan bahwa virus Corona di hari-hari awal terinfeksi akan dengan cepat menyerang sel paru-paru manusia. Ia juga mengugkapkan bahawa virus juga tersebut memiliki gejala dan pola kerusakan yang sama pada paru-paru seperti SARS.

Kerusakan tersebut terjadi karena paru-paru dipenuhi dengan material inflamasi sehingga tidak mampu mendapat oksigen yang cukup untuk aliran darah. Hal inilah yang menyebabkan kemampuan tubuh untuk mengambil oksigen dan menyingkirkan karbon dioksida menjadi berkurang.

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD