Fotografi

Serba Serbi Foto Jaman Dulu vs Jaman Sekarang : Suka yang Mana?

Di era yang serba modern seperti sekarang ini, teknologi pun juga turut mengalami perkembangan. Salah satu yang ikut berkembang tentu dalam hal fotografi. Perkembangan itu dimulai sejak era awal tahun 2000-an, dengan mulainya kamera berfilmkan menggunakan sensor digital.

Walau demikian, tentu ada beragam perbedaan dan kemajuan dalam bidang fotografi, beberapa di antaranya dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Kamera dan perlengkapannya

Kamera dan lensa. (Sumber: pexels)

Kamera merupakan hal yang penting sebagai alat yang digunakan untuk fotografi. Sesuai jaman, kamera juga mengalami banyak perkembangan dan perubahan juga. Dulu, mungkin tak banyak orang yang memiliki kamera. Selain itu, bentuk kameranya juga kubus dan berukuran besar. Jika berpergian, kamu juga jadi kesulitan dengan barang bawaan yang ada. Perlengkapannya berupa rol film sebagai media penyimpanan ataupun tripod yang tentu saja akan memakan banyak tempat dan susah untuk dibawa-bawa.

Berbeda dengan jaman sekarang, kamera juga bentuknya bisa terbilang lebih mungil dan bervariasi. Bahkan, smartphone sekarangpun sudah dilengkapi dengan kamera canggih beresolusi tinggi sehingga hasilnya pun sangat bagis dan jernih. Untuk masalah perlengkapan, juga bisa terbilang memiliki ukuran yang juga lebih mini. Kini bahkan sudah ada kamera Go-pro yang bisa digunakan untuk travelling sambil main air.

2. Kualitas dan kapasitas kamera

Kamera dan roll film. (Sumber: pexels)

Dulu, saat berfoto kita juga jadi merasakan beberapa keterbatasan dari segi kapasitas maupun kualitas foto. Seperti yang dikatakan sebelumnya, jika kini kamera ataupun sudah banyak dilengkapi fitur dengan resolusi tunggi, di jaman dulu hal ini tentu mustahil. Bahkan jaman dulu kualitas fotonya hanya berkisar 2 megapixel saja.

Tak hanya kualitas kamera, kapasitasnya pun juga menjadi salah satu kendala dalam mengabadikan momen dalam sebuah foto. Dulu, akan sangat dibatasi dengan jumlah film yang kamu miliki sehingga jika film habis, kamu tidak bisa meneruskan foto. Bahkan jika sekalipun hasil fotonya kurang bagus, kamu tidak bisa untuk menghapusnya. Sangat berbeda kan dengan sekarang yang mudah berfoto secara bebas karena kamera berkapasitas lebih besar dan mudah untuk mengambil foto ulang jika foto sebelumnya terlihat kurang bagus.

Baca Juga :   Cara Membuat Rainbow Effect pada Foto lewat PicsArt

3. Gaya berfoto

Ilustrasi gaya berfoto. (Sumber: pexels)

Jika kamu melihat perbedaan foto jaman dulu dan sekarang, pasti kamu akan menyadari perbedaan yang ada. Bukan hanya dari hasil atau kualitasnya saja, namun juga tentu dari gaya yang diperlihatkan. Dalam foto jaman dulu, kamu akan lebih melihat pose orang yang lebih terlihat kaku dan datar. Ternyata hal ini disebabkan ada suatu hal, loh! Gaya kaku dengan muka tegang dan raut serius pada foto zaman dulu bukannya tanpa alasan. Salah satunya adalah kemampuan kamera yang begitu lama dalam mengambil gambar. Sehingga gaya kaku menjadi sebuah pilihan agar tidak merasa lelah menunggu lama.

Sementara itu, berkat perkembangan jaman dan segala teknologi, sekarang kamu jadi bisa mengambil foto dengan beragam gaya atau pose dengan bebasnya. Hal ini tentu karena kecanggihan kamera yang ada yang bisa langsung mengambil gambar dengan cepat tanpa harus menunggu lama.

Baca Juga :   Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

4. Penyimpanan foto

Ilustrasi album foto. (Sumber: pexels)

Perbedaan lainnya yang bisa kamu rasakan adalah dalam hal penyimpanan foto. Dulu, mungkin kamu harus mencetak beragam foto dari film kamera yang ada, lalu menyimpannya dalam berbagai buku album. Terdengar lebih ribet mungkin bagi sebagian orang, bukan? Nah, hal ini tentu sedikit berbeda dengan jaman sekarang.

Walaupun di jaman sekarang masih ada beberapa yang mencetak foto dan menyimpannya dalam album, namun ada juga yang memanfaatkan teknologi digital. Misalnya memanfaatkan album digital seperti drive komputer ataupun di media sosial.

About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet