GenK LIFE

Sering Merasa Kesepian? Mungkin Ini Penyebabnya!

Merasa Kesepian

Apakah kalian termasuk kedalam golongan orang-orang yang mudah merasa kesepian? Sebenarnya, Kesepian itu gak selalu identik dengan kesendirian loh. Karena ada beberapa masa dimana kamu akan merasa lebih nyaman untuk menghabiskan waktu lebih banyak dengan diri sendiri dibandiingkan dengan bersama banyak orang.  Uniknya, terkadang kita mungkin pernah merasa kesepian padahal sedang berkumpul bersama banyak orang. Nah, perasaan kesepian ini bisa terbentuk ketika kamu sendiri merasa tidak terhubung dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. Masalahnya, kalau kamu sering merasa kesepian, ini dapat memberi dampak terhadap kesehatan mental. Seperti gelisah, gugup, bahkan sampai depresi. Kalau kamu sering merasa kesepian meskipun sudah memiliki banyak teman, bisa jadi beberapa hal ini yang menjadi penyebanya!

Merasa Takut Dengan Keintiman

Merasa Kesepian

Sumber Gambar : Womantalk

Terkadang, orang yang terlihat sangat baik, bersahabat, dan juga ramah, secara diam-diam menyembunyikan ketakutan di dalam menjalin kedekatan dengan seseorang. Hal ini bisa terjadi bila terdapat rasa takut akan penolakan di dalam diri orang tersebut. Tidak jarang mereka beranggapan kalau seorang teman, itu hanya sekedar kenalan saja dan wajib memiliki batas secara eemosional di antara mereka. Agar dapat merasa terkoneksi secara emosional dengan seseorang dan bisa melepaskan rasa kesepian adalah dengan berani mengambil resiko dan membiarkan orang lain melihat jati dirimu yang sebenarnya. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat memfilter orang-orang yang pantas menjalin hubungan denganmu.

Berada Di Dalam Codependent Relationship

Sumber Gambar : Forthbehavioral.com

Secara garis besar, codependency sendiri merupakan keadaan di dalam sebuah hubungan ketika salah satu pihak menjadi suportif, peduli dan dapat mentolerir sikap yang tidak bertanggung jawab dari pasangannya. Mungkin, banyak dari kalian yang akan menganggap jika  ini adalah hubungan yang terjadi di dalam hubungan percintaan saja. akan tetapi, ini juga bisa terjadi di dalam hubungan pertemanan. Codependency ini, dapat terjadi ketika kamu mulai menaruh semua harapan dan bahkan value yang kamu miliki pada rekanmu. Akibatnya, kamu akan menjadikan rekanmu sebagai sumber kebahagiaan yang mutlak bagimu. Sehingga kamu akan melakukan apa saja dan mentoleransi apapun ketika berurusan dengan rekanmu.

Baca Juga :   7 Manfaat Bersyukur yang Sangat Penting untuk Hidupmu

Masih Belum Mengenal Diri Sendiri

Sumber Gambar : Jeda.id

Hal inilah yang terkadang menjadi sebuah hal yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang. Terkadang kamu belum paham mengenai diri sendiri, belum paham mengenai identitas kamu, bahkan impian dan juga cita-citamu. Agar dapat mengatasi masalah ini, coba deh kamu ambil waktu untuk introspeksi dan me time terlebih dahulu. kenali jati diri dan tujuan hidupmu agar kamu tidak perlu mencari pengakuan dari orang lain.

Masih Terikat Masa Lalu

Merasa Kesepian

Sumber Gambar : Liputan6.com

Hal lain yang bisa membuatmu merasa kesepian adalah karena kamu masih belum mampu melepaskan diri dari bayang-bayang masa lalu. Mungkin saja, ada satu atau lebih kenangan buruk di masa lalu yang membuatmu merasa tidak berharga. Bisa juga karena kamu pernah mengalami penolakan yang begitu menyakitkan. Ini bisa membuat kamu menjadi terlalu takut untuk menjalin relasi dengan orang lain. Inilah yang secara tidak langsung pada perasaan kesepian.

Pergaulan Yang Salah

Sumber Gambar : Kompas.com

Pergaulan memang merupakan salah satu aspek yang paling mempengaruhi psikologi seseorang. Apabila terjebak dalam hubungan toxic atau menjalin hubungan dengan orang-orang yang tidak sejenis bisa saja membuatmu merasa kosong di dalam hati. Mungkin kamu masih mampu bertahan hanya karena kamu takut merasa sendiri dan tak punya teman. Hal ini akan membuat kamu menjadi lelah saat berteman dengan mereka. Lambat laun kamu pun sadar, merekalah sumber rasa kesepian itu.

Nah, itu dia lima alasan yang mungkin bisa membuat seseorang atau bahkan kamu menjadi merasa kesepian.

About author

Related posts
GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!

GenK LIFE

Jangan Percaya Dengan Kabar Hoax! Ini Fakta Dan Mitos Vertigo

Leave a Reply

Your email address will not be published.