GenK LIFE

Sering Merasa Tertinggal dari Temanmu? Wajib Intip 3 Tips Ini!

GenK! Siapa di sini yang sering overthinking tengah malam, mikirin kenapa kamu merasa tertinggal seperti,  “Duh kok hidup gue di sini-sini aja ya?” Ngelihat kehidupan teman-teman kok kayanya pada mulus ya? Ada yang sekarang kerja di posisi yang dulu dia cita-citakan, ada yang bisnisnya makin maju dan berkembang, bahkan ada juga yang sekarang jadi manajer di suatu perusahaan. Orang lain udah sampai puncak gunung, kamu masih di lereng gunung. 

Mungkin banyak dari kita sering berpikiran dan merasa tertinggal, yang mana ujung-ujungnya malah insecure ke diri kita sendiri, overthinking, lupa sama apa yang pernah kita capai sebelumnya dan justru malah jadi terlalu fokus sama hidup orang lain. Iya apa iya nih?

Jangan dulu overthinking dan merasa insecure ya GenK. Sebenernya wajar kok kamu ngerasa kaya gitu. Justru itu bisa jadi suatu tanda kalau kamu ingin berkembang. Dan harus di ingat ya, kamu gitu bukan karena kamu enggak berkembang, tapi ya karena perkembangan mereka mungkin lebih pesat aja dari kita. Dan itu semua enggak salah kok!

Sebenernya apa sih, yang buat kita takut tertinggal dari orang lain?

Sumber Gambar : Kompasiana.com

Biasanya nih hal itu tuh berakar dari merasa rendah diri dan insecure atau merasa kurang percaya diri. Atau juga hal ini terjadi karena kamu enggak bisa berfokus sama hal yang relevan buat diri sendiri. Atau malah jadi fokus sama hal-hal di luar diri kamu, contohnya nih mikirin dan terlalu peduli sama pencapaian-pencapaian orang lain.

Jadi gimana dong cara buat mengatasi perasaan takut tertinggal dari orang lain ini? Tenang GenK, kita udah rangkum nih beberapa tips untuk mengatasinya! Yuk, intip apa aja!

1. Membangun Self Awareness

merasa tertinggal

Sumber Gambar : produktivitasdiri.co.id

Pasti kalian sering banget denger self awareness. Tapi kalian tahu enggak nih apa artinya? Jadi, self awareness itu adalah pemahaman yang kita punya kepada diri kita sendiri. Bagaimana kita mempersepsikan diri kita sendiri,bagaimana orang lain melihat diri kita atau bagaimana kita menentukan peran kita di dunia. 

Hal – hal yang bisa membangun self awareness itu sendiri bisa dari pemikiran, pengalaman dan kemampuan kalian. Menurut penelitian, katanya self awareness yang tinggi bisa berefek positif buat diri kita lho!

2. Stop Caring Too Much!

Hmm, pasti kamu sering banget danger kata “Care less” kan? Coba deh belajar buat bodo amat atau jangan terlalu berorientasi dengan orang lain. Emangnya kalau hidup orang lain tidak seberhasil itu bakalan berpengaruh ke kehidupan kamu? Enggak kan? Hidup kamu kaya ya karena diri kamu sendiri. 

Jadi kalau temen – temenmu lebih unggul darimu, enggak usah deh merasa tertinggal jauh dari temanmu atau terintimidasi. Kecuali kalau kamu justru jadikan itu semua motivasi dan mau belajar dari apa yang teman – teman kalian capai. Jadi ya coba deh buat kalian yang lagi atau sering merasa tertinggal, coba buat fokus dengan diri sendiri aja deh stop caring too much.

3. Berfokus dengan Diri Sendiri

merasa tertinggal

Sumber Gambar : aklamasi.id

Selalu ingat ya GenK, pasti ada yang selalu unggul dari kamu, dan itu enggak apa – apa kok. Enggak bakalan ada habisnya kalau kamu terus membandingkan diri dengan orang lain.

Membandingkan diri kamu dengan orang lain bakalan buang – buang waktu kamu dan justru secara ga langsung memudarkan kepercayaan diri kamu. Karena kemampuan dan kecepatan setiap orang itu berbeda – beda, ada yang cepat dan lambat. Nah daripada bandingin diri dengan orang lain, mendingan kamu mulai improve skill kamu dan banyak belajar juga produktif supaya kamu juga bisa cepat sukses!

Jadi intinya coba deh belajar untuk menerima kekurangan diri dan segala sesuatu yang terjadi di hidup kamu. Jangan berpatok karena Si A sudah punya X berarti kamu juga mesti gitu. Karena toh setiap orang punya value dan cita – cita masing – masing. Karena hidupmu ya hidup kamu bukan punya orang lain. Nah gimana Genk, yuk coba buat lebih care less sama apa yang orang lain capai dan care more dengan diri kamu sendiri!

Penulis: Syafira Putri Aulia (@syafirapotter)
About author

Related posts
GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!

GenK LIFE

Orang Tua Wajib Tau! Ini Dampak Dari Berteriak Pada Anak!