Creativepreneur and Career

Gampang Banget! Begini Cara Mengurus Sertifikasi Halal MUI (Untuk Produk Makanan)

Bagi kamu yang punya bisnis produk makanan, memiliki sertifikasi halal MUI adalah salah satu hal yang penting banget untuk kamu miliki. Apalagi jika target market bisnismu adalah masyarakat Indonesia yang memang mayoritas beragama Islam. 

Oleh karena itu, kamu harus segera mendaftarkan produkmu ke MUI agar bisa mendapatkan label sertifikasi halal. Sehingga kamu pun akan lebih mudah untuk memasarkan produkmu ini di kemudian hari.

Lalu bagaimana sih cara untuk mendapatkan sertifikasi halal MUI? Nah, bagi kamu yang belum tahu, ternyata cara mengurus sertifikasi halal MUI untuk produk makanan itu mudah banget lho! Untuk tahu informasi lengkapnya, yuk baca  penjelasan lengkapnya di bawah!

Cara mengurus sertifikasi halal MUI

Sumber Gambar : kemenag.go.id

Jika kamu ingin mendaftarkan produk usaha makananmu untuk mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, maka ada beberapa tahap yang harus kamu lalui. Nah berikut kami rangkum langkah-langkahnya dengan penjelasan simpel di bawah ini.

Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan

Sebelum melakukan pendaftaran sertifikasi halal di MUI, ada beberapa dokumen penting yang harus kamu siapkan dulu. Dokumen-dokumen ini bersifat wajib ya, jadi pastikan kamu sudah menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap. Lalu apa saja sih dokumen-dokumen itu? Dokumen pelengkap untuk mendaftarkan sertifikasi halal produk makanan di MUI itu terdiri dari;

  • Surat keterangan pelaku usaha, seperti NPWP, SIUP, NKV, atau IUMK.
  • Data penyelia halal yang terdiri atas; fotocopy KTP, daftar riwayat hidup, fotocopy sertifikat penyelia halal atau surat keterangan sejenisnya).
  • Berikutnya ada data nama produk dan juga jenis produk makanan.
  • Daftar atau list produk serta bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk makanan.
  • Penjelasan lengkap mengenai proses pengolahan produk makanan kamu, mulai dari proses pembelian bahan baku, penerimaan, penyimpanan bahan baku, pengolahan, pengemasan, dan juga penyimpanan produk makanan yang sudah jadi. Semua penjelasan itu harus kamu tulis secara terperinci dan jelas ya.
  • File dokumen jaminan produk halal yang bisa berupa mekanisme sistem manajemen yang dipakai dalam perusahaan atau badan usaha yang kamu punya.

Melakukan Pendaftaran

sertifikasi halal MUI

Sumber Gambar : pexels.com

Nah, setelah kamu memastikan semua dokumen kelengkapan yang dibutuhkan sudah tersedia dan lengkap. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan pendaftaran permohonan sertifikasi halal secara online. Untuk melakukannya, kamu cukup masuk ke dalam laman pendaftaran sertifikasi halal di https://ptsp.halal.go.id

Tapi, sebelum mendaftar kamu harus registrasi dulu dengan menggunakan alamat email aktif. Jika sudah, kamu bisa langsung login dengan akunmu itu. Di awal pendaftaran ini kamu akan diberi pertanyaan asal pelaku usaha, kamu bisa memilih opsi yang sesuai denganmu. Dan kemudian masukkan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang kamu punya.

Setelah itu kamu akan langsung bisa masuk ke laman selanjutnya yang mengharuskan kamu melengkapi informasi usaha dengan dokumen-dokumen yang sudah kamu siapkan tadi di awal. Jika sudah selesai, langkah selanjutnya kamu hanya perlu menunggu konfirmasi email dari pihak MUI, yang akan menghubungimu untuk ketentuan lanjutan.

Biasanya informasi terkait produk yang kamu submit ini akan masuk ke dalam uji administrasi yang memerlukan waktu beberapa hari setelah proses submit. Jadi kamu hanya perlu sabar menunggu informasi lebih lanjut dari MUI yang akan menghubungimu via email.

Nah jika hasil akhir dari MUI sudah memutuskan kehalalan produkmu, nanti pihak BPJPH akan menerbitkan sertifikat halal untuk produk makanan usahamu. Jika sudah begini, otomatis produk makanan usaha kamu sudah terbukti halal dan bisa dikonsumsi untuk semua kalangan masyarakat. 

Demikianlah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengajukan sertifikasi halal MUI untuk produk makanan. Bagaimana, sangat mudah bukan?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil