Game & Teknologi

Serunya Fitur Collaboration Instagram, Udah Coba?

Kita semua tahu kalau Instagram punya banyak banget pengguna. Bahkan yang menggunakan Instagram nggak cuma orang dewasa aja, tapi juga remaja dan anak-anak. Makanya, biar para pengguna betah, Instagram selalu bikin inovasi terbaru buat fiturnya. Salah satunya seperti fitur Collaboration Instagram. Seperti apa, sih, fitur ini? Kita simak aja ulasan selengkapnya.

Tentang Collaboration Instagram

Sumber Gambar : later.com

Selalu ada fitur baru dari Instagram. Pertama kali, Instagram dirilis pada tahun 2010. Hingga kini, udah ada banyak banget fitur baru yang diluncurkan Instagram. Tentu aja, Instagram juga mengikuti tren terkini buat memperbarui fiturnya. 

Nah, yang terbaru adalah fitur Collaboration Instagram. Lebih tepatnya, nama fiturnya Instagram Collabs. Jadi, fitur ini bakal memberikan pengaruh ke bagian Feed Instagram. Fitur ini pun udah diluncurkan. Sekarang kita lihat gimana cara kerja fitur ini. Biar kamu yang belum nyobain bisa langsung mencobanya.

 

Cara Kerja Collaboration Instagram

Jadi, fitur Collabs ini bikin kamu bisa berkolaborasi sama pengguna Instagram lainnya. Kamu bisa collab buat posting foto maupun video. Kemudian, postingan foto atau apapun itu di profil satu pengguna bakalan muncul di profilnya pengguna yang lain, yang kamu ajak buat berkolaborasi. 

Tapi, pengguna lain teman kolaborasimu tersebut harus lebih dulu setuju dengan permintaan kolaborasi. Gitu aja syaratnya. Mudah banget, kan, menggunakan fitur terbaru Instagram ini. Di samping itu, Collabs Instagram ini tersedia di Feed dan juga ada di Reels.

Sangat Bermanfaat Buat Iklan Brand

Sumber Gambar : later.com

Fitur Instagram Collabs secara lebih lanjut, emang lebih bermanfaat buat brand dan iklan. Jadi, fitur ini diperuntukkan buat bikin postingan yang isinya kerja sama iklan dengan brand. Adapun tujuan dari penggunaan fitur ini yaitu buat meningkatkan promosi.

Kalau brand kamu pakai fitur kolaborasi ini, maka bisa mempromosikan dua brand dengan lebih efektif. Caranya yaitu melalui posting sekali aja. Meski demikian, pengguna biasa tetap bisa, kok, menggunakan fitur Collabs. Jadi, kamu bebas aja pakai fitur ini buat memposting foto ataupun video barengan sama pengguna lainnya. Jadi biar makin rame dan seru.

Cara Mengirimkan Collabs Request

fitur Collaboration Instagram

Sumber Gambar : later.com

Caranya, seelah kamu upload postingan di Reel atau Feed, buka layar share seperti biasanya, kemudian ketuk “Tag People”. Terus di pojok kanan bawah, sekarang kamu bakal melihat opsi “Invite Collaborator”. Setelah diketuk, cari dan pilih pengguna yang mau kamu ajak berkolaborasi.

Kalau udah memilih collaborator, share postingan kamu seperti biasa, dan kreator bakal menerima request kamu di DM mereka. Postingan nggak akan muncul sampai mereka menerima request kamu. Lalu, gimana kamu kamu yang diajak berkolaborasi? Kita simak cara menerima request Collabs.

Cara Menerima Collabs Request

Fitur Instagram Collab

Sumber Gambar : socialmediaexaminer.com

Kalau seseorang mengirimkan request Collabs di postingan Feed atau Reel dengan kamu, maka kamu akan menerima request mereka di DM kamu. Ketuk “Accept” buat memunculkan konten di profil kamu dan pengguna yang mengajak kamu collab. Udah, semudah itu aja.

Tampilan Postingan Collabs

fitur Collaboration Instagram

Sumber Gambar : Theverge.com

Di postingan Collabs, kalau kamu udah jadi berkolaborasi sama pengguna lain, kamu dan dia sama-sama bakal menerima semua notifikasi. Pada postingan yang kamu bikin bareng collaborator, akan muncul dua nama akun yang berkolaborasi, bisa sama-sama share ke follower masing-masing, live di grid profil kamu dan dia, serta barengan dapetin views, likes, dan komentar.

Jadi itu tadi sekilas tentang fitur Collaboration Instagram. Fitur Collabs ini cocok buat kamu gunakan secara pribadi maupun untuk promosi bisnis kamu. Cobain sekarang aja.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Website Penyedia Template Video Terbaik Yang Harus Kamu Tahu!

Game & Teknologi

Cara FYP Tiktok yang Wajib Kamu Cobain!

Game & Teknologi

HP Gak Bisa Nge-charge? Coba Cara Ini!

Game & Teknologi

Ini Dia Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Jepang!