Fotografi

Mengubah Bayangan Menjadi Karya lewat Shadow Art

shadow art

Cara Membuat Shadow Art

Saatnya mempraktikkan nih! Kalau tadi sudah membahas seputar shadow art untuk mengenalnya lebih dalam, sekarang kami akan memberitahu kepadamu bagaimana cara membuat seni bayangan yang super simpel. Kamu hanya memerlukan objek, alat tulis seperti pensil, spidol, ataupun drawing pen, dan juga kertas kosong. Ini dia langkah-langkahnya.

  1. Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mengeksplorasi objek. Duduklah menghadap jendela, biarkan cahaya matahari masuk ke dalam ruanganmu. Berdasarkan tips dari Vincent Bal, jangan merencanakan objek apa saja yang akan digunakan. Bagi Vincent, untuk membuat karya perlu diawali dengan pemikiran terbuka, supaya ide-ide baru bisa tetap masuk.
  2. Selanjutnya siapkan objek dan kertas kosong. Perhatikan bayangan yang dipantulkan objek di atas kertas kosong. Kalau ternyata idemu mandek di bayangan dari objek pertama, langsung saja ganti ke objek berikutnya. Terus lakukan tahap ini sampai kamu menemukan bayangan yang menyerupai objek lain. Tinggal bagaimana cara kamu memainkan kreativitas dan memilih angle.
  3. Kalau sudah memilih satu objek, langsung buat doodle sederhana dari imajinasi yang muncul di benakmu. Misalnya bayangan yang dihasilkan oleh sikat gigi ternyata menyerupai wajah orang. Lalu kamu bisa gambar rambut, jenggot, dan efek artistik lainnya hingga perpaduan doodle dan bayangan membentuk objek yang baru.
  4. Mumpung arah matahari belum berubah, cepat ambil ponselmu lalu potret hasil karya butanmu. Perhatikan juga ketepatan angle pengambilan gambar.
  5. Unggah di media sosial deh.
  6. Hasil shadow art buatanmu sudah jadi!

Ini dia beberapa contoh gambar shadow art dari para seniman seluruh penjuru dunia yang pastinya menginspirasi.

shadow art 5

Shadow art karya Vincent Bal (sumber: instagram.com/vincent_bal)

 

shadow art 6

Shadow art karya Vincent Bal (sumber: instagram.com/vincent_bal)

 

shadow art 7

Shadow art karya Tim Noble dan Sue Webster (sumber: artworksforchange.org)

Ternyata bayangan yang dulunya kita anggap sepele bisa dijadikan karya seni yang bernilai dan super kece. Kalau kamu ingin mendalami shadow art, jangan patah semangat untuk terus berlatih demi hasil yang terbaik. Semangat berkarya!

About author

Related posts
Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!

Fotografi

8 Tren Fotografi yang Populer Tahun 2022, Keren dan Estetik!

Fotografi

Tips Melakukan Teknik Fotografi Flat Lay untuk Konten yang Ciamik

Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Leave a Reply

Your email address will not be published.