GenK LIFE

Pingin Silaturahmi Tapi Takut Pandemi? Simak Tips Amannya Disini!

Setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadan, tibalah hari kemenangan bagi umat muslim. Lebaran kali ini emang masih dalam masa pandemi Covid-19. Tapi, kamu tetap bisa merayakannya dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Bahkan, kamu bisa menjalankan silaturahmi saat pandemi dengan aman, asalkan mengikuti langkah yang benar. Soalnya, silaturahmi menjadi salah satu tradisi yang pasti selalu dilakukan saat Lebaran. Yuk, kita simak tipsnya berikut ini:

Nggak Bergerombol Saat Malam Takbir

silaturahmi

Sumber Gambar : ytimg

Boleh aja takbiran di luar rumah di masa pandemi. Tapi disarankan kamu tetap jaga jarak dan nggak bergerombol. Pastikan juga kamu mengenakan masker biar nggak tertular virus. Nah, meskipun boleh, tapi akan lebih baik apabila kamu di rumah aja saat malam takbir. Ini lebih aman, serta kamu bisa semakin khidmat dalam menggemakan takbir, tahlil dan tahmid.

Jaga Jarak Ketika Salat Idul Fitri

Sumber Gambar : jawapos

Emang sebaiknya salat Idul Fitri dilaksanakan secara berjamaah. Kalau mau melaksanakannya di masjid atau musala, tata caranya seperti biasa. Namun, lakukan protokol kesehatan, seperti berwudhu di rumah, menggunakan masker kain, mengecek suhu tubuh. Lalu, jaga jarak minimal 1,5 meter dari orang lain, begitu juga dengan jarak saf yaitu 1,5-2 meter. Gunakan juga alas salat sendiri. Hindari pula berjabat tangan maupun berpelukan sehabis salat. Cukup senyum atau salam dari jauh.

Sementara, salat di rumah juga diperbolehkan banget. Apalagi, kalau kamu mau menghindari risiko penularan virus. Jika salat sendirian di rumah, pelaksanaan salat sama seperti biasa, dengan bacaan surat-surat pendek, tanpa perlu khotbah. Kalau bersama anggota keluarga, minimal harus ada 4 orang, yakni 1 orang sebagai imam, dan 3 lainnya menjadi makmum. Tata cara salatnya juga sama, dan tanpa ada khotbah.

Baca Juga :   Harga Jual Yang Fantastis, Ini Dia Fakta Gedebok Pisang yang Murah Di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri

Membayar Zakat Fitrah Melalui Transfer

silaturahmi

Sumber Gambar : Merdeka.com

Zakat fitrah wajib kamu bayarkan saat bulan Ramadan. Zakat ini ditunaikan mulai awal puasa sampai paling lambat sebelum salat Idul Fitri dilaksanakan. Buat mengurangi tatap muka dan kontak fisik, kamu bisa bayar zakat lewat transfer bank aja. Menurut ketetapan dari Badan Amil Zakat Nasional, zakat fitrah nilainya setara dengan sejumlah uang Rp40.000 per orang.

Silaturahmi Lewat Video Call dan Pesan Singkat

Sumber Gambar : Detik.net

Biasanya, saat Lebaran, kita mudik alias pulang ke kampung halaman. Tapi, karena sedang pandemi, kamu disarankan tetap di rumah aja dan nggak mudik. Meskipun di rumah, kamu tetap bisa saling berkirim ucapan selamat Hari Raya. Caranya lewat pesan singkat, seperti chat di smartphone, atau melalui video call. Panggilan video ini biasanya bisa dilakukan dengan 5 nomor telepon lebih. Jadi, kamu tetap bisa bersilaturahmi, kan?

Beli Baju Baru, Nggak Perlu Pergi ke Mall

silaturahmi

Sumber Gambar : Okezone

Saat Lebaran, kamu tetap bisa mengenakan baju baru tanpa belanja ke mall. Cukup dengan belanja online, kamu udah bisa dapetin baju baru buat Lebaran. Nggak perlu keluar rumah, apalagi berdesak-desakan dengan orang banyak. Soalnya ini bisa meningkatkan risiko penularan virus. Belanja dari rumah, justru lebih aman dan nyaman.

Jadi, gitu, ya. Kamu tetep bisa merayakan Lebaran dengan penuh keseruan. Apalagi, ada banyak cara untuk melakukan silaturahmi saat pandemi. Bahkan, kamu bisa tetap terhubung dengan orang-orang terdekat. Meskipun nggak harus bertatap muka dan ketemuan langsung. Silaturahmi bisa terjaga, Lebaran pun tetap terasa meriahnya. Kamu juga bisa jaga kesehatan dengan sebaik-baiknya di rumah. Selamat Hari Lebaran.

About author

Related posts
GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!

GenK LIFE

Jangan Percaya Dengan Kabar Hoax! Ini Fakta Dan Mitos Vertigo