Community

Bangga Banget! Manga Indonesia Berhasil Debut di Jepang

silent manga audition alex irzaqi

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga nih, GenK. Terhitung sejak 13 Desember 2019, komikus asal Indonesia, Alex Irzaqi berhasil debut di negeri Sakura, Jepang dengan komiknya yang berjudul REFORMER

Karya manga ini diadaptasi dari naskah yang dibuat oleh Toshiaki Yamada, yaitu pencipta manga The Tactician of The Wind -Kuroda Kanbei – (Gifuu Doudou!! Kaze no Gunshi). REFORMER yang telah resmi rilis di Web Comic Zenyon ini bisa kamu baca secara gratis loh. 

reformer silent manga audition

REFORMER (sumber: comic-zenon.com)

Bertemakan sisi gelap kehidupan masyarakat Jepang dan keadilan, komik ini berpotensi menjadi kesempatan emas untuk memperkenalkan karya luar biasa Alex kepada fans manga di Jepang. Wah keren banget yah! 🤩

Baca Juga :   CONNECTOON TALK, Jualan Komik di Indonesia Memangnya Laku?

Kenalan sedikit dengan Alex Irzaqi, ia adalah seorang freelance illustrator dan komikus yang menjadi salah satu anggota Ragasukma. Bersama Sweta Kartika, ia membuat sebuah komik bergenre silat dengan judul Tri Catra Manunggal pada tahun 2012.

tricatra manunggal

Tri Catra Manunggal (sumber: scribd.com)

Pemuda asal Gresik yang sejak kecil memang gemar komik ini kerap ikut berpartisipasi dalam kompetisi Silent Manga Audition (SMA), bahkan sejak kompetisi perdananya loh, yaitu Silent Manga Audition 1.

Silent Manga Audition adalah kontes manga internasional yang bertujuan untuk menemukan dan mendukung bintang-bintang mangaka internasional. Kontes ini diselenggarakan sejak tahun 2012 oleh COAMIX Inc., Jepang dan dipimpin oleh CEO Nobuhiko Horie.

excuse me silent manga audition

Excuse Me (sumber: smacmag.net)

Kerennya nih, GenK, Alex langsung berhasil menyabet juara pertama di kompetisi Silent Manga Audition 1 dengan komiknya yang berjudul Excuse Me. Atas prestasi gemilangnya tersebut, Alex menjadi member MasterClass, yaitu kumpulan komikus pemenang Silent Manga Audition. Bersama REFORMER, Alex menjadi member ketiga dari MasterClass yang berhasil menerbitkan karya di Jepang. 😆

Baca Juga :   Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

Seperti yang dikutip dari artikel Silent Manga Audition, Indonesian Manga Debuts in Japan Today (13/12/2019), Alex sempat mengungkapkan kebahagian atas debutnya di Jepang. “I was so happy to be given the opportunity to draw a manga using my strengths.” Ucap Alex.

hujan rindu silent manga audition

Hujan Rindu (sumber: smacmag.net)

Adapun beberapa karya Alex yang berada di bawah naungan Silent Manga Audition yang wajib banget kamu baca, seperti one shot yang berjudul Just My Another Lucky Day in Kumamoto dan Hujan Rindu.

Nah, buat kamu yang ingin mengikuti jejak Alex untuk menerbitkan manga di negara Jepang jangan sampai patah semangat ya. Teruslah berkarya dan buktikan kalau karyamu juga bisa go international. 💪

About author

Related posts
Community

PPKM diperpanjang, Fenomena ‘Nge-war’ Lilin Aromaterapi Malah Jadi Trend!

Community

Avoskin Ajak UMKM Indonesia Bentuk Inovasi Berkelanjutan pada FUTURE LEAGUE SUMMIT 2021

Community

5 Kiat Agar Bisnis Kamu Bertahan di Kala Pandemi

Community

AIESEC Future Leaders sebagai Wadah Pemuda untuk Berkembang!