Creativepreneur and Career

Simak Tips Memulai Bisnis Furniture Dijamin Ampuh

Dalam beberapa tahun belakangan, bisnis furniture menunjukkan prospek yang menjanjikan. Perlengkapan rumah tangga dengan bahan dasar kayu masih banyak dicari, meskipun sekarang udah ada teknologi yang berkembang dan bikin model furniture semakin minimalis. Karena, emang ada furniture yang harus pakai material kayu untuk pembuatannya, terutama buat memperindah rumah atau kantor. Buat kamu yang tertarik dengan lahan tersebut, ada tips memulai bisnis furniture yang bisa kamu terapkan, seperti berikut:

  1. Siapkan Modal Usaha

Modal usaha merupakan hal nomor satu yang wajib dipersiapkan untuk bisnis apapun saat akan memulainya. Apalagi, bisnis furniture perlu modal cukup besar, soalnya ada alat dan bahan yang harganya nggak murah. Kalau masih terkendala modal, kamu bisa mulai dengan jadi sales atau reseller furniture.

2. Pandai Baca Peluang

Di samping modal usaha, penting juga buat mempersiapkan ide bisnis kamu. Kembangkan idemu dan selalu baca peluang yang ada. Makanya, penting banget untuk selalu cermat dan juga jeli saat melihat peluang di area sekitar tempat tinggal kamu. Kalau udah yakin, coba peluang tersebut direalisasikan.

3. Tentukan Target Pasar

Furniture Unik untuk Rumah Kecil

Sumber Gambar : cloudfront.net

Berikutnya, kamu bisa pilih target pasar dengan jelas. Soalnya, kompetitor bisnis kamu bukan abal-abal atau pemula. Orang-orang dalam bisnis furniture pada umumnya adalah mereka yang udah punya kemampuan finansial kuat. Jadi, lebih cermat lagi buat menentukan target pasar biar bisa kamu jangkau.

4. Pilih Bahan Baku

Kalau nggak disiapkan jauh-jauh hari, bahan baku ini bisa jadi masalah rumit. Soalnya, persediaan kayu di Indonesia makin menurun, jadi kalau ada, harganya mahal banget. Sebab, permintaan pasar untuk bahan baku udah semakin tinggi. Paling nggak, kenali tiga bahan baku utama yang paling umum digunakan, yaitu kayu, rotan, dan medium density fibreboard.

5. Siapkan Tenaga Kerja

tips memulai bisnis furniture

Sumber Gambar : woodcraft.com

Tenaga kerja ahli jelas bakalan kamu butuhkan buat bisnis furniture, emang karena nggak bisa kalau kamu menjalankan bisnis ini sendiri. Selain itu, bisnis ini perlu banget kreativitas, jadi nggak bisa kamu mengekang karyawan, supaya kreativitas mereka nggak tumpul sehingga berimbas negatif terhadap bisnis.

6. Akrab dengan Pemerintah

Tips memulai bisnis furniture berikutnya adalah bersahabat dengan legalitas, yang berarti kamu harus bisa merangkul pemerintah. Apalagi, kalau kamu serius serta punya visi besar buat bisnismu ke depannya. Kamu juga perlu pemerintah buat pengurusan izin usaha, seperti SIUP dan NPWP.

7. Bergabung dengan Asosiasi

tips memulai bisnis furniture

Sumber Gambar : anakteknik.co.id

Penting banget buat gabung di asosiasi atau komunitas tertentu saat kamu menjalankan bisnis. Makanya, gabung aja dengan asosiasi furniture di daerah domisili kamu. Dari sini kamu bakal dapetin ilmu sekaligus koneksi penting, semuanya bakal berguna buat masa depan. Kamu juga bisa menjalin kerja sama dan bikin peluang baru.

8. Kirim Ekspor 

Kalau udah selesai bikin semua dokumen dan izin usaha, boleh banget kamu cobain masuk ke pasar ekspor. Sekarang banyak nih pengusaha lokal yang masih enggan buat going global, padahal masih ada peluang yang terbuka lebar. 

9. Promosi Online

tips memulai bisnis furniture

Sumber Gambar : studiseo.com

Seperti yang kita tahu kalau sekarang adalah era digital. Makanya hampir semua orang bisa mengakses internet. Jual produkmu secara online karena ini bisa kamu manfaatkan untuk bikin bisnismu semakin berkembang. Misalnya, kamu bisa pakai media sosial dan bikin website untuk katalog produk furniture kamu yang siap jual.

Itu tadi tips memulai bisnis furniture. Peluangnya masih besar asalkan kamu telaten dan cermat menjalankan bisnisnya. Semangat dan jangan menyerah.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Korean Cake Box, Yuk Catat!

Creativepreneur and Career

Intip Usaha Franchise untuk Pemula Beserta Modalnya

Creativepreneur and Career

Apa Itu Pinned Post Instagram dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Creativepreneur and Career

5 Skill Penting yang Wajib Dikuasai Content Creator untuk Dapatkan Peluang Sebesar-besarnya