Creativepreneur and Career

Simak Trik Pemasaran Kpop Buat Branding Bisnis Kamu

Kita semua tahu kalau belakangan ini, KPop udah semakin populer. Hiburan asal Korea Selatan ini punya banyak banget penggemar di Indonesia bahkan di dunia, baik untuk musik, serial drama, fashion, sampai kulinernya. Seperti halnya grup band BTS dan BlackPink yang booming banget secara global. Nah, makanya, kamu bisa terapkan trik pemasaran Kpop tersebut untuk bisnis kamu, seperti berikut:

  1. Mengenali Audiens dengan Baik

Sumber Gambar : shopback.co.id

Kunci utama buat mencapai target pasar adalah dengan membuat persona dari brand. Dengan begitu kamu bisa bikin produk dan iklan yang tertarget. Di sini pentingnya media sosial. Soalnya, media tersebut menjadi jembatan antara brand kamu dan audiens. Seperti halnya grup Kpop yang punya puluhan juta penggemar. 

Mereka pasti ada jadwal buat interaksi langsung dengan penggemar melalui sosmed. Baik melalui V-Live, Twitter, dan lainnya. Ini bikin penggemar merasa menjadi manusia. Karena mereka bukan hanya menjadi target penjualan aja, melainkan juga makhluk sosial yang senang saling berkomunikasi dan berinteraksi.

2. Bikin Komunitas Penggemar

trik pemasaran Kpop

Sumber Gambar : pikiranrakyat.com

Ini adalah trik pemasaran Kpop yang nggak kalah penting. Kalau kamu melihat grup BTS, yang bikin mereka beda adalah fanbase yaitu basis penggemarnya. Army, sebutan penggemar BTS, sangat sangat setia. Mereka aktif banget menyebarkan berita terbaru soal BTS ke teman-teman. Bisa lewat sosmed atau waktu lagi ngumpul bareng.

Inilah yang menjadi andalan bagi BTS untuk mendapat dukungan, nggak cuma dari penggemar setia, tapi juga fans yang baru aja gabung dalam komunitas mereka. Bahkan, penggemar setia BTS bisa sampai bikin acara sendiri. Mulai dari penggalangan dana, pertemuan buat perayaan ulang tahun anggota BTS, upaya tanam pohon ulang, dan masih banyak lagi.

3. Merencanakan Konten dengan Matang

trik pemasaran Kpop

Sumber Gambar : franceculture.fr

Salah satu tantangan terbesar dalam pemasaran adalah menjaga nama brand biar tetap relevan, meskipun lagi nggak merilis produk baru. Contohnya, grup BTS mendapati periode panjang antara musim penjualan besar dan saat produk baru masih tengah dikembangkan. Biar gap waktu kosong tersebut nggak terasa lama, perlu diisi dengan konten yang menarik.

Biasanya, BTS menamakan waktu kosong beberapa bulan tersebut dengan “musim comeback”. Nanti mereka merilis teaser, single skala kecil, hingga seni konseptual. Jadi, penggemar bakal terus engaged dan justru mereka penasaran, konsep apa yang akan dibawa BTS di lagu atau album baru nanti. Demikian cara kerjanya.

4. Buat Kolaborasi dengan Brand Lain

trik pemasaran Kpop

Sumber Gambar : sociolla.com

BTS udah sering berkolaborasi dengan media dan brand apa aja. Kolaborasi ini juga merupakan cara mereka buat branding. Mereka pun bisa menyampaikan pesan yang ingin diekspresikan melalui collab tersebut. Mulai dari collab dengan brand makanan dan minuman, make up, sampai dengan LINE untuk kolaborasi pembuatan karakter BT21.

Selain dengan brand, BTS juga berkolaborasi dengan artis lain, salah satunya seperti MN Dance Company, buat promosi comeback mereka. Nah, kolaborasi seperti ini sukses untuk mengenalkan BTS setiap anggota grupnya ke semua target pasar. Bahkan yang nggak tahu BTS jadi ikut kenal mereka. Makanya, kamu perlu bikin kerja sama atau kolaborasi dengan brand lain juga.

Demikian trik pemasaran Kpop yang bisa kamu tiru. Tadi kita ambil contoh dari grup BTS, yang udah terbukti sukses dalam pemasaran brand mereka. Strategi pemasaran tersebut sederhana tapi bisa memberikan hasil yang luar biasa. Apalagi, kalau diterapkan dengan cara yang tepat. 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online

Creativepreneur and Career

Ide Usaha Kerajinan Tangan Minim Modal Untung Besar

Creativepreneur and Career

Kenali Bisnis Cloud Kitchen yang Lagi Tren