Film, Animasi & Video

Belajar Dasar-Dasar Sinematografi, Anak Film Wajib Baca

cover-sinematografi

Kamu tertarik belajar dunia perfilman dan punya mimpi untuk menjadi seorang filmmaker suatu saat nanti? Coba simak dulu dasar-dasar sinematografi berikut, yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pembelajaran. Mulai dari teknik sinematografi yang mesti dikuasai setiap filmmaker, sampai tips dan trik untuk membuat film.

Sinematografi adalah bidang ilmu yang secara khusus mempelajari berbagai hal terkait dengan pembuatan film. Bidang yang satu ini bisa menjadi cukup kompleks dan memusingkan buat para pemula. Maka dari itu, kami hadir dengan panduan lengkap yang bisa membantumu mulai belajar sinematografi dengan mudah.

Sebelum memulai perjalananmu di dunia perfilman, kamu wajib mengenal dan menguasai berbagai macam elemen yang akan digunakan selama proses shooting, baik itu serba-serbi kamera, teknik pengambilan gambar, sampai pengaturan cahaya. Selengkapnya bisa kamu simak di bawah!

1. Kamera dan Lensa

Hal pertama yang mesti kamu pelajari dan betul-betul kuasai saat ingin belajar sinematografi adalah senjata utama yang dipakai dalam dunia film. Yap, apalagi kalau bukan kamera dan lensa. Kedua benda ini merupakan elemen dasar yang nantinya akan membantumu mempelajari bidang perfilman lainnya.

Pada umumnya, kamera yang paling sering digunakan dalam bidang sinematografi adalah jenis kamera film atau analog dan kamera digital. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat disesuaikan dengan keperluan pembuatan film itu sendiri.

kamera-dan-lensa

Berbagai aksesoris kamera (Sumber: unsplash.com)

 

Kamera analog merupakan pilihan yang telah lama digunakan di industri perfilman karena kemampuannya untuk merekam gambar dalam kualitas yang oke. Namun seiring berkembangnya zaman, kamera digital mulai mengambil alih dengan berbagai fitur teknologi yang ditawarkannya.

Dalam penggunaan kamera, pemilihan lensa yang tepat juga mesti diperhatikan. Macam-macam variasi lensa yang ada punya kegunaan spesifik saat proses pengambilan gambar. Pembahasan lebih lengkap tentang jenis-jenis lensa kamera bisa kamu simak di artikel kami sebelumnya.

2. Type of Shot  

type-of-shot

Contoh type of shot, extreme close-up (Sumber: unsplash.com)

Kalau bicara soal alat, berikutnya lanjut ke teknik sinematografi, diawali dengan type of shot. Setiap pembuat film yang baik harus mahir dalam berbagai jenis shot yang digunakan dalam proses pengambilan gambar. Elemen ini punya pengaruh yang besar dalam menentukan kualitas suatu karya film loh.

Type of shot yang tepat akan memunculkan efek yang berbeda pada film, mulai dari membangun suasana, memberikan penekanan pada dialog tertentu, sampai menangkap detail ekspresi para karakternya. Kamu bisa mengintip post kami tentang macam-macam type of shot untuk informasi  yang lebih dalam.

Baca Juga :   10 Rekomendasi Efek Transisi Video Keren yang Memukau

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Film Disney 2021 yang Cocok Temani Liburanmu

Film, Animasi & Video

Ini Dia Rekomendasi Serial Thailand Untuk Menemani Masa PPKM

Film, Animasi & Video

Catat! Ini 7 Rekomendasi Drakor Terbaru Tayang Juni 2021, Ada yang 19+

Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Webseries Indonesia Wajib Tonton Akhir Pekan Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.