GenK STORY

Sistem Pemerintahan Tertua Di Dunia, Ada Yang Sudah Berdiri Semenjak Sebelum Masehi Loh!

Sistem Pemerintahan Tertua

Dalam sebuah tatanan suatu negera pastinya memiliki sistem pemerintahan. Pemerintahan sendiri merupakan sistem yang menjadi penyelenggara sebuah negara. Mulai dari tananan yang paling bawah sampai dengan yang terpusat di sebuah Kota. Bahkan sistem-sistem pemerintahannya sudah modern dari semenjak era setelah Masehi. Namun yang lebih mengejutkan lagi adalah pada zaman dahulu. Pada masa lampau sudah terdapat beberapa pemerintahan yang sudah ada dan modern, yang mencengangkan lagi adalah pemerintahannya meninggalkan peninggalan-peninggalan sejarah yang luar biasa. Yuk simak ulasan mengenai sistem pemerintahan tertua di Dunia!

  1. Sistem Pemerintahan Romawi

Sistem Pemerintahan Tertua

Sumber Gambar : Dictio

Sejak zaman dahulu sudah di ketahui bahwa Roma memiliki legenda yang kuat dan berhubungan dengan mitologi rakyatnya yang kental. Roma sendiri berdiri semenjak 753 sebelum Masehi yang didirikan oleh Romulus dan Remus. Mereka disinyalir merupakan anak kembar putra dari Mars, dewa perang yang dipercaya legenda Romawi kuno. Kemudian keduannya adalah tokoh yang dibesarkan dan dirawat oleh serigala betina.

Awalnya sistem pemerintahan Romawi adalah kerajaan yang dimpimpin oleh rex atau raja. Raja pertama dipimpin oleh Romulus dan selanjutnya raja-raja setelahnya dipilih melalui senat. Pada awalnya sistem kerajaan monarki berakhir sampai dengan 509 sebelum masehi. Namun setelah penggulingan Raja Lucius, kemudian sistem berubah menjadi republik. Namun kemudian berubah kembali ke sistem kekaisaran. Dan pada abad ke-8 Romaw menjadi ibu kota dari negara gereja yang kemudian pada tahun 10871 Roma resmi menjadi ibu Kota Italia hingga saat ini.

  1. Sistem Pemerintahan Tiongkok

Sistem Pemerintahan Tertua

Sumber Gambar : Freedomsiana

Para ahli sejarawan sudah meyakini bahwa pemerintahan Tiongkok kuno sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Namun, sejarah baru mencatatat secara resmi pada tahun 1.600 sebelum masehi di masa pemerintahan Dinasti Shang. Namun, sebelum era dinasti Shang terdapat kekuasaan dinasti yang diperintah oleh beberapa kaisar yaitu Tai kang, Yu, Qi, dan lainnya. Era ini disebut-sebut dengan pemerintahan Dinasti Xia. Kini, sudah tidak ada sistem pemerintahan monarki maupun kekaisaran Tiongkok dan dirubah menjadi Republik Rakyat Tiongkok. Negara dan Pemerintahannya sudah dipimpin oleh presiden dan perdana menteri yang mana Kota Beijing ditetapkan sebagai ibu kota.

  1. Sistem Pemerintahan Mesir

Sumber Gambar : History.com

Dilansir dari laman Ancient Mesir sudah ada sejak 8.000 sebelum masehi. Bukti pada masa lalu menjadi salah satu bukti bahwa Mesir sudah berjaya semenjak dahulu yaitu terdapat bangunan-bangunan megah seperti makam raja, sphinx , istana dan lainnya. Pemerintahan kuno Mesir sudah ada sejak 3150 sebelum masehi. Dinasti awalnya di pimpin oleh Raja Manes atau Narmer. Kemudian setelah dipimpin oleh Fir’aun yang memerintah selama ribuan tahun dan pemerintahannya dilanjutkan oleh Hor-Aha, yaitu raja mesir pada abad ke-31 yang dianggap sebagai pendiri dinasti Fir’aun. Pemerintahan ini disebut-sebut dengan pemerintahan kuat dan makmur. Bahkan sampai saat ini masih banyak yang menceritakan kejayaan mesir di masa lalu.

  1. Sistem Pemerintahan Mesopotamia

Sumber Gambar : IDN Times

Zaman dahulu Mesopotamia merupakan negeri yang makmur dan juga besar terutama Babilona. Bukti-bukti sejarah sudah nampak dari peninggalan historis, artefak, dan juga catatan-catatan kuno kitab suci. Sistem pemerintahannya diperkirakan sudah ada semenjak 3200 sebelum masehi. Kota ini diatur oleh sistem pemerintahan resmi yaitu Kota Uruk. Dan menurut literatur sejarah mengenai Mesopotamia, Raja Sragon adalah raja pertama yang memerintah kerajaan Mesopotamia kuno dan Sumeria menjadikan kerajaan yang utuh. Pemerintahan yang dipimpin oleh raja Sargon ini sudah ada sejak sebelum masehi pada tahun 2300-an. Dan pada pemerintahan ini lebih dikenal dengan kekaisaran Akkadia.

  1. Sistem Pemerintahan Yunani

Sumber Gambar : Republika.com

Pada awalnya sistem pemerintahan Yunani kuno diawali dengan periode Neolitikum sampai dengan zaman perunggu awal. Namun, saat itu Yunani terpecah ke beberapa negara bagian. Dan beberapa raja yang pernah memimpin adalah Ogyges, Actaeus, dan Periphas. Kemudian terdapat beberapa nama besar seperti Menelaus, Agamenon, dan Leonidas. Apalagi filsuf dan ilmuwan Yunani di zamannya yang membuat Yunani menjadi terkenal di peradapan tanah Eropa.

Baca Juga :   Tentang Hari Buku Anak Sedunia dan Rekomendasi Cerita untuk Si Kecil

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai sistem pemerintahan tertua yang pernah ada semenjak ribuan tahun lalu. Pada zaman itu menjadi sejarah yang luar biasa sampai sekarang ini karena sudah membawa pengetahuan yang tentunya menarik untuk di ulas. Semoga kalian senang membaca artikel ini!

About author

Related posts
GenK STORY

Ini Dia Cerita Marie Thomas, Dokter Wanita Pertama di Indonesia

GenK STORY

Belajar Dari Masayoshi Son, Orang Terkaya Jepang Yang Berasal Dari Keluarga Miskin

GenK STORY

Ini Yang Harus Dilakukan Ketika Pekerjaanmu Masih Diremehkan Orang Lain

GenK STORY

Tentang Hari Buku Anak Sedunia dan Rekomendasi Cerita untuk Si Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published.