Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Situs Text to Speech

Seiring berkembangnya waktu, tren text-to-speech atau TTS yang pada awalnya cuma ada di teknologi Google Translate sekarang udah semakin banyak situs maupun aplikasi yang menyediakan fitur serupa, lho, GenKs. Ada pun situs text to speech itu sendiri merupakan teknologi berbasis sistem artificial intelligence yang fungsinya untuk mengubah atau mengonversi teks digital ke dalam bentuk audio.

Istilah lain dari TTS adalah voice computing yang membutuhkan berbagai rekaman data suara, lalu diolah sedemikian rupa agar bisa menghasilkan audio suara dengan karakter mirip suara manusia. Teknologi ini tentu sangat membantu banget, khususnya bagi orang-orang yang punya kesulitan membaca.

Nah, buat kamu-kamu yang lagi butuh situs TTS gratisan berbahasa Indonesia, kami punya daftar lengkapnya, guys!

  1. Google Translate

Situs Text to Speech

Sumber Gambar : astlanguage.com

Yups, seperti yang udah disebutkan di atas, Google Translate adalah pelopornya platform yang menyediakan teknologi text to speech. Meski gratisan, jangan salah, Google Translate dikenal sebagai salah satu platform dengan fitur TTS terbaik, lho. Karena intonasi nadanya cukup baik, batasan karakternya lumayan banyak, yakni hingga 1500 karakter, dan bisa dipakai berulang kali.

  1. Google Cloud Text to Speech

Situs Text to Speech

Sumber Gambar : techjuice.pk

Well, meski sama-sama dari Google, platform ini sedikit berbeda dengan Google Translate, lho, guys. Pasalnya, Google Cloud TTS dibekali fungsi utama untuk mengubah teks digital ke bentuk audio. Yang menarik dari platform ini adalah fitur Speech Synthesis Markup Language (SSML) yang merupakan format untuk mempersonalisasikan audio sintesis dari TTS.

  1. ResponsiveVoice.org

Situs Text to Speech

Sumber Gambar : responsivevoice.org

Rekomendasi situs text to speech gratis dalam bahasa Indonesia selanjutnya yang nggak kalah terkenal adalah Reponsive Voice. Yang bikin platform TTS ini populer adalah suara dan intonasi yang dikeluarkan itu hampir mirip banget dengan suara asli. Jadi kamu bisa mendengarkan audio dengan lebih nyaman karena artikulasi pengucapannya sangat baik.

  1. Botika Text to Speech

Sumber Gambar : acehvideo.tv

Kalau Botika adalah situs TTS asal Tanah Air yang wajib kamu jajal. Beda dengan tiga platform di atas, Botika cuma menyediakan fitur suara berbahasa Indonesia doang, guys. Eits, walaupun begitu, ada dua pilihan suara yang bisa kamu gunakan, lho, yakni suara wanita dewasa dengan karakter suara yang terkesan profesional dan suara wanita muda dengan artikulasi yang terdengar lebih cepat.

  1. Oddcast TTS Demo (ttsdemo.com)

Sumber Gambar : Youtube.com

Berikutnya ada Oddcast yang cukup menarik. Kalau dibandingkan dengan ResponsiveVoice, sih, intonasi suara narator di situs TTS ini terdengar lebih datar. Tapi ada satu yang bikin platform ini unik, yakni adanya fitur yang memungkinkan user memodif audio. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan animasi yang seolah sedang membacakan teks.

  1. Sound of Text

Sumber Gambar : blogger.com

Tampilannya, sih, emang super simple, tapi kamu bisa mengakses situs Sound of Text ini di smartphone atau komputer. Meski cuma tersedia 1 pilihan suara wanita berbahasa Indonesia, tapi hasilnya nggak ngecewain, kok. Ada satu hal penting yang harus kamu perhatikan kalau ingin pakai situs Sound of Text, untuk memisahkan kalimat satu dengan lainnya gunakan ‘titik’ atau ‘koma’, bukan dengan ‘enter’.

  1. Free TTS

Sumber Gambar : itkoding.com

Dan alternatif situs website text to speech bahasa Indonesia gratis yang terakhir adalah Free TTS. Ada 4 pilihan suara wanita dan pria dengan 4 pilihan suara standar. Kelebihan dari platform ini adalah batasan teks yang mencapai 5000 karakter. Selain itu, dengan fitur SSML yang dimilikinya, Free TTS memungkinkan pengguna membuat suara jadi terdengar lebih natural dan hidup dengan intonasi yang bervariasi.

Gimana, kamu udah pernah coba mana dari 7 situs text to speech di atas, GenKs?

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis

Game & Teknologi

Kenali Jenis Keyword SEO Sesuai Target Market Kamu