Arsitektur & Interior

Tips Memilih Skema Warna Cat Rumah Sesuai Kepribadianmu

skema warna cat rumah

Banyak hal yang bisa mempengaruhi mood kita, salah satunya adalah warna. Ketika kita melihat warna, maka kita akan merasakan suasana hati berbeda. Bisa jadi kita senang, sedih, marah, atau bahkan tidak peduli. Makanya, penting bagimu untuk memahami skema warna cat rumah. Sebab, perpaduan warna sendiri bisa menciptakan atmosfer yang berbeda di rumahmu. Warna cat ini juga turut mencerminkan kepribadianmu, lho. Kita pelajari lebih jelas tentang warna, yuk.

Memahami Arti Warna Dalam ilmu fisika, “warna adalah cara mata dan otak melihat panjang gelombang cahaya yang berbeda yang dipantulkan suatu benda.” Misalnya, saat kita melihat pelangi maka akan kelihatan warnanya yang memiliki spektrum berbeda, ada merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Sementara, untuk hitam dan putih, keduanya merupakan kondisi eksisnya semua warna. Kemudian, sebenarnya warna dasar sendiri hanya ada tiga, yakni merah, kuning, biru. Dari ketiga warna tersebut, kamu bisa memadukannya menjadi warna-warna yang apik untuk cat interior rumah. Berikut adalah skema warna cat rumah yang penting untuk kamu ketahui.

Skema warna monokromatik

cat rumah monokromatik

sumber: smoothdecorator.com

Ini adalah skema warna yang simpel. Monokromatik hanya menggunakan satu warna saja. Namun, warnanya yaitu mengarah dari gelap ke terang. Skema ini membuat suasana rumahmu terasa sederhana. Warna yang simpel, klasik tapi juga elegan.

Skema warna analog

skema warna analog

sumber: homedit.com

Kalau yang ini merupakan kombinasi warna yang saling berdampingan pada roda warna. Jadi, letaknya bersebelahan, misalnya seperti merah dan oranye. Ini cocok untukmu yang menyukai warna tematik tapi tidak terlalu kontras.

Baca Juga :   Intip Inspirasi Hiasan Dinding dari Kayu yang Bisa Percantik Rumah

Skema warna triadic

skema warna tetradic

sumber: visualhunt.com

Skema warna ini membentuk segitiga pada roda warna, misalnya merah, kuning dan biru. Jika tidak, bisa juga warna hijau, ungu dan oranye. Kalau warna-warna ini biasanya hanya untuk aksen saja, tapi harus seimbang banget. Sebab, jika tidak maka warna tersebut malah mendominasi ruangan.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Ide Patung Dekorasi di Rumah Yang Menambah Kesan Artistik!

Arsitektur & Interior

Yuk, Kenalan Sama Rumah Adat Mbaru Niang Khas NTT!

Arsitektur & Interior

Ide Kreasi Botol Bekas Yang Memiliki Nilai Seni Tinggi!

Arsitektur & Interior

Mau Punya Kamar Aesthetic? Wajib Beli 5 Item Ini!