Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Miliki

Apapun bidang bisnis yang kamu miliki, atau profesi yang kamu geluti, semuanya akan terus berkembang mengikuti teknologi. Makanya, ada skill wajib di tahun 2025 yang perlu kamu kuasai. Minimal, kamu punya satu atau dua skill tersebut, karena penting untuk bisnis maupun karier kamu. Berikut skill yang wajib dimiliki:

Desain Web

Sumber Gambar : Ristofa.com

Desainer website berperan penting dalam online marketing. Tugasnya menciptakan visual yang menjual, sekaligus merepresentasikan sebuah brand. Skill ini bakal terus dibutuhkan sampai kapan pun.

Mengelola Media Sosial

Sumber Gambar : Unsplash.com

Penting banget untuk mendapatkan audiens secara organik melalui iklan, khususnya yang berbayar. Sebab, customer yang potensial biasanya bakal sering-sering membuka Instagram, Facebook, dan sosmed lainnya sebelum mereka membeli produk yang dicari.

Paham Google Adwords

Sumber Gambar : dotnext.com

Paid search atau pencarian berbayar masih menjadi strategi utama buat bisnis apapun. Orang-orang yang aktif mencari produk maupun jasa secara online, biasanya cenderung membeli karena mereka lebih sering melihat iklan. Beda dengan mereka yang nggak aktif online sehingga juga jarang melihat iklan.

Menganalisa Data Secara Efektif

person using macbook air on brown wooden table

Sumber Gambar : Unsplash.com

Mengetahui website apa yang biasa dikunjungi orang-orang, dan aktivitas apa yang mereka lakukan pas udah membuka website tersebut, bakal membantu kamu memahami customer dengan lebih baik. Kamu jadi bisa bikin promosi yang lebih menarik dan tepat sasaran.

Mengenal SEO

Search Engine Optimization (SEO) bakal sangat membantu paid search, khususnya untuk penggunaan Google AdWords. Salah satu kegunaan utama SEO adalah menempatkan keyword secara strategis pada halaman website

Kompeten dalam Mengelola Project

skill wajib di tahun 2025

Sumber Gambar : unsplash.com

Seiring berjalannya waktu, jumlah tenaga yang terlibat dalam sebuah project terus bertambah. Misalnya, tim marketing online untuk project besar bisa aja mencapai puluhan bahkan ratusan orang. Jadi, kamu juga harus punya keahlian dalam project management.

Memahami Content Marketing

Kamu pasti udah pernah dengar istilah “content is king”. Kalau dulu, kadang content marketer dianggap sama dengan copywriter. Beda sebenernya. Apalagi, di masa sekarang, content marketing meliputi infografis, infomercial, video, dan podcast. Konten nggak cuma berupa tulisan aja.

Programming

Minimal perlu punya basic skill buat programming. Terutama, buat perusahaan yang punya toko fisik di mana-mana dan juga untuk bisnis e-commerce. Contohnya, programmer dibutuhkan untuk memasukkan nama kota terdekat secara otomatis, ke landing page berdasarkan IP address dari website pengunjung.

Memahami dan Membuat Visi

skill wajib di tahun 2025

Sumber Gambar : unsplash.com

Baik kamu mengelola bisnis kecil maupun platform advertising gede, semuanya harus berjalan sesuai dengan gambaran besar yang diinginkan perusahaan. Jalankan tujuan jangka pendek. Pahami tujuan jangka panjang. Ditambah, belajarlah membuat keputusan. Skills tersebut penting buat mengembangkan bisnis.

Menjadi Proaktif

skill wajib di tahun 2025

Sumber Gambar : unsplash.com

Belajarlah menjadi proaktif, khususnya dalam membuat strategi, mengikuti tren, menciptakan ide yang fresh, dan menemukan metode penjualan baru. Jadi emang penting buat selalu up to date sama tren dan apapun yang lagi happening. Kamu bisa lebih unggul dari kompetitor dengan membuat gerakan selangkah lebih maju, kalau strategi dan perlengkapan udah ada.

Nah, itu tadi skill wajib di tahun 2025 yang perlu kamu pelajari. Bakal lebih menguntungkan lagi jika kamu menguasai lebih dari satu skill. Jadi, kamu bisa menggunakannya buat mengembangkan perusahaan tempatmu kerja, atau bahkan bisnismu sendiri. Hal terpenting yaitu teruslah belajar, juga selalu membuka diri terhadap hal baru. 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer

Creativepreneur and Career

6 Penerbit yang Menerima Naskah Penulis Pemula dari Seluruh Indonesia

Creativepreneur and Career

4 Skill Wajib yang Harus Dikuasai untuk jadi Penyiar Radio

Creativepreneur and Career

Tips Berjualan Online Di Shopee Dan Tiktok Shop Dengan Fitur Live