Creativepreneur and Career

5 Tips Untuk Small Office Home Office (SOHO) Agar Pekerjaanmu Semakin Produktif

small-office-home-office

Saat ini jika ingin bekerja tidak harus datang ke kantor atau tempat kerja, rumah bisa menjadi pilihan kalian agar produktifitas semakin meningkat. Kamu tidak perlu repot untuk bermacet-macetan di jalan, menunggu jemputan ojek online, atau telat datang ke kantor GenK! Konsep hunian yang juga menjadi kantor ini populer dengan sebutan SOHO (Small Office Home Office).

SOHO bisa berbentuk apartemen atau rumah yang di dalamnya terdapat satu space yang dilengkapi dengan perlengkapan kerja layaknya di kantor seperti meja, kursi, laptop, printer, dan lain sebagainya.

Agar pekerjaan yang kalian jalani bisa lebih fokus, produktif dan efisien, berikut ini adalah beberapa tips untuk SOHO yang dapat kalian cermati.

1. Perhatikan Lokasi

lokasi-SOHO

sumber (unsplash)

Lokasi merupakan faktor yang penting, apakah Small Office Home Office kalian berada di tengah kota atau di pinggiran kota. Sangat bagus jika berada di tengah kota karena dekat dengan tempat strategis untuk kalian bertemu dengan klien atau kegiatan yang lain. Jika di pinggiran kota, usahakan agar SOHO kalian mudah diakses dan dijangkau oleh moda transportasi umum seperti halte bus atau stasiun KRL, dan juga mudah diakses oleh aplikasi ojek online.

Selain itu lokasi ruangan kerja juga perlu diperhatikan, lebih baik jangan di basement rumah, ruangan yang terbaik adalah ruangan yang memiliki jendela yang besar agar udara segar dapat masuk.

2. Tentukan Warna yang Cocok Bagi Ruanganmu

ruang-kerja-di-rumah

sumber (unsplah)

Percaya atau tidak, warna ruangan juga berpengaruh pada produktifitas kalian lho Genk! Menurut beberapa ahli, ada warna-warna khusus yang dapat membangkitkan mood. Warna biru cocok untuk mendinginkan pikiran kita, warna merah cocok untuk menstimulasi tubuh agar lebih semangat, warna hijau menyeimbangkan pikiran, dan warna kuning cocok untuk kesehatan mental dan emosi kita.

3.Berikan Space Khusus Untuk Berolahraga Ringan

contoh-small-office-home-office

sumber (unsplash)

Seperti kantor pada umumnya, terkadang kita merasa bosan saat melakukan pekerjaan. Hindari untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mengurangi produktivitas seperti streaming YouTube atau menonton televisi.

Jangan lupa untuk rehat sejenak. Beri tempat khusus di Small Office Home Office untuk berolahraga ringan seperti barbel kecil atau treadmill, atau berjalan-jalan ringan. Melakukan olahraga singkat dapat menyehatkan tubuh dan pikiran kalian GenK!

4. Jangan Lupa Untuk Menambahkan Aplikasi Khusus Meeting

komputer-untuk-bekerja

sumber (unsplash)

Masalah terbesar jika bekerja di hunian pribadi adalah kesepian. Sebanyak apapun nikmat yang kita dapat jika bekerja di rumah, jiwa sosial kita pasti ingin menjadi bagian dari suatu tim di kantor. Pasang aplikasi live video seperti Skype, Google Hangouts, Zoom, serta beberapa aplikasi sejenis. Bisa juga untuk menambahkan aplikasi yang bernama IDoneThis, aplikasi ini dapat melacak kemajuan, pencapaian, dan progress pekerjaan anda, dan mengirimkan laporan ke klien atau tim sehingga anda dapat berbagi dengan mereka.

5. Seimbangkan Antara Kehidupan Rumah dan Kantor

small-office-home-office

sumber (unsplash)

Penting sekali untuk menyeimbangkan kehidupan di rumah dan di kantor. Memberi tahu orang rumah yang dijadikan untuk Small Office Home Office untuk jangan mengganggu atau jangan masuk di ruangan kalian adalah hal yang salah. Boleh lah jika dalam keadaan mendesak, mungkin kalian memang sedang dalam meeting penting yang tidak dapat diganggu. Kalian harus ingat bahwa pada dasarnya kalian bekerja di kantor yang kebetulan berada di rumah kalian. Beri jeda waktu untuk istirahat dan bersantai dengan keluarga untuk menjaga pikiran dan ide kalian tetap tajam.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk membangun Small Office Home Office kalian sendiri? Atau mungkin sudah? Saat ini SOHO semakin umum digunakan sebagai bentuk gaya hidup yaitu tempat dimana kalian bekerja, tinggal, dan bermain. Penting bagi kalian untuk mengetahui hal-hal di atas. Selamat bekerja!

Penulis : Albin Sayyid Agnar

Penyunting : Adi

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil