Game & Teknologi

Mengubah Kamera Smartphone Menjadi Webcam Buat Meeting Online

webcam

Kebutuhan webcam semakin ke sini semakin meningkat. Pengguna laptop sebetulnya sudah dibekali dengan webcam bawaan. Sayangnya, kualitas resolusi gambar bawaan laptop seringkali tidak sesuai yang diharapkan. Pilihan untuk mengganti webcam dengan cara beli baru yang lebih canggih pun masih jauh dari harapan. Alternatif lain yang bisa dilakukan agar gambar tetap lebih baik yaitu menggunakan kamera smartphone. Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan jika ingin menggunakan smartphone menjadi webcam pengganti seperti berikut ini.

1. Siapkan Aplikasi Perantara

menggunakan aplikasi perantara

sumber: unsplash.com

Sebelum mulai mengaktifkan kamera smartphone sebagai webcam, kamu perlu menyiapkan aplikasi yang menghubungkan kamera smartphone menjadi webcam laptop. Ada beberapa aplikasi favorit yang banyak diunduh untuk kamu gunakan seperti Droidcam dan IP Webcam. Caranya yaitu dengan mengunduh aplikasi tersebut di laptop dan smartphone. Kemudian aplikasi tersebut disambungkan melalui Wifi yang sama untuk bisa digunakan dengan baik. Ada juga pilihan lain dengan dihubungkan melalui kabel USB. Kamu bisa memilih perantara mana yang sesuai dan nyaman untukmu.

2. Gunakan Tripod Agar Posisi Smartphone Stabil

pengunaan tripod kamera

sumber: unsplash.com

Memegang smartphone selama meeting berlangsung pasti akan sangat mengganggu. Ketika kamu memutuskan untuk menjadikan smrtphone kamu sebagai webcam, ada baiknya kamu memanfaatkan tripod. Penggunaan tripod ini sebagai alat untuk menyanggah smartphone kamu. Kamu mungkin berpikiran bahwa dengan smartphone yang disandarkan saja sudah cukup. Akan tetapi, perhatikan kemungkinan smartphone mudah terjatuh dan lainnya. Kalau kamu memiliki tripod, letakkan tripod tepat berdiri di belakang layar laptop. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa meletakkannya di sisi laptop yang tidak jauh dari jangkauan.

Baca Juga :   5 Tripod Kamera Murah Terbaik Harga di Bawah 1 Juta

3. Posisikan Smartphone di Arah yang Tepat

penempatan smartphone sebagai webcam

sumber: unsplash.com

Posisi tripod dan smartphone harus sesuai karena memengaruhi arah pandangmu terhadap kamera. Begitu pun lawan bicaramu yang melihat agar mereka tetap nyaman saat menatap videomu. Posisikan badanmu untuk tidak terlalu bersudut di hadapan kamera. Kemudian perhatikan latar belakang tempatmu melakukan video call atau meeting. Pastikan tidak ada cahaya berlebih yang menyorot atau justru kekurangan cahaya. Jika ingin tampilan yang lebih profesional, pilih latar belakang video yang tidak terlalu banyak benda.

About author

Related posts
Game & Teknologi

6 Website Komunitas Developer, Tempat Cari Jawaban Berbagai Masalah Coding

Game & Teknologi

Tools untuk Video Instagram Yang Wajib Kamu Coba

Game & Teknologi

Cara Mendapatkan Backlink Memanfaatkan Broken Link Kompetitor

Game & Teknologi

Rekomendasi Game Bertema Wabah Virus, Lagi Pas Banget Sama Kondisi Kita