Creativepreneur and Career

Social Media Marketing, Strategi Pemasaran yang Paling Populer Saat Ini!

Seiring dengan perkembangan era digital internet yang sangat cepat. Saat ini banyak sekali pengguna media sosial. Banyak orang yang mulai memanfaatkannya dalam berbagai hal, termasuk Social Media Marketing.

Social Media Marketing merupakan sebuah teknik pemasaran yang sekarang banyak sekali digunakan. Sesuai dengan namanya, pemasaran jenis ini memanfaatkan pengaruh media sosial.

Banyak perusahaan yang mulai beralih ke jenis marketing ini karena lebih efektif dan membutuhkan biaya yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jenis konvensional.

Nah, pada artikel kali ini, Kreativv akan menjelaskan apa itu Social Media Marketing hingga skill apa saja yang diperlukan. Simak artikel ini sampai habis, ya GenK!

1. Pengertian Social Media Marketing

Teknik Marketing yang dilakukan melalui Social Media

Sumber Gambar : unsplash.com

Sebelum masuk ke penjelasan lebih dalam mengenai Social Media Marketing, ada baiknya kita membahas pengertiannya terlebih dahulu ya GenK. Social Media Marketing merupakan teknik pemasaran digital dengan membuat sebuah konten – konten yang menarik untuk social media dengan tujuan perhatian masyarakat di social media, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.

Sebab, Media sosial merupakan tempat pemasaran yang mudah dijangkau. Dengan begitu, perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggan, mendapatkan pertanyaan dan keluhan, hingga mengumumkan produk terbaru.

2. Social Media Marketing Sangat Penting

Social Media marketing

Sumber Gambar : unsplash.com

Survei Hootsuite tahun 2021 mencatat pengguna internet di dunia telah mencapai 4,66 miliar jiwa. Dari jumlah tersebut, sebesar 4,22 miliar merupakan pengguna media sosial. Ini merupakan angka yang sangat besar, sekaligus lahan yang sangat menjanjikan untuk melakukan pemasaran. Berikut adalah alasan mengapa perusahaan harus memulai pemasaran melalui media sosial.

a. Meningkatkan Brand Awareness

Melihat jangkauannya yang terbilang sangat luas, media sosial merupakan tempat yang tepat untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap suatu brand.
Dengan melakukan promosi terus-menerus tentang brand yang perusahaan punya agar dikenal oleh masyarakat.

b. Mendapatkan Feedback dari Customer

Setelah mendapatkan awareness dan mulai mendapatkan customer, suatu perusahaan akan lebih mudah melakukan interaksi dengan pelanggan, termasuk dalam mendapatkan feedback.

Semua feedback dari customer merupakan sesuatu yang penting karena perusahaan perlu berorientasi terhadap kepuasan pelanggan.

c. Mempelajari Kompetitor

Dengan adanya social media, mempelajari strategi kompetitor juga menjadi lebih mudah. Kamu dapat memperhatikan langkah-langkah yang mereka gunakan. Ini akan lebih memudahkan kamu dalam menentukan strategi yang akan kamu buat sendiri nantinya.

3. Cara Membuat Strategi Pemasaran di Media Sosial

Sumber Gambar : pexels.com

a. Memahami Selera Audiens

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu memahami selera audiens. Dengan demikian, kamu dapat menentukan jenis konten pilar yang cocok untuk ditampilkan di media sosial. Makin sesuai dengan selera audiens, maka makin besar potensi untuk mendapat traffic yang besar di sosial mediamu.

b. Menentukan Platform-nya

Setiap platform memiliki fitur dan pengguna yang berbeda-beda. Maka dari itu, sesuaikanlah strategimu dengan aplikasi yang kamu tuju. Misalnya, ketika melakukan pemasaran di Instagram. Buatlah konten pilar yang menarik dengan target audiensnya anak muda karena penggunanya kebanyakan berasal dari kalangan muda.

c. Buat Konten Yang Menarik

Konten yang menarik dapat menaikkan traffic di media sosialmu. Selain itu, ini dapat memikat orang yang melihatnya untuk membeli produk yang kamu pasarkan. Tentu harus riset terlebih dahulu untuk membuat konten yang menarik banyak orang, seperti mencari produk kesukaan audiens, jenis konten yang disukai,melihat apa saja yang sedang trend saat ini, hingga waktu posting yang tepat.

4. Skill yang Dibutuhkan Dalam Social Media Marketing

Social Media Marketing perlu berbagai macam skill

Sumber Gambar : pexels.com

Keterampilan utama yang dibutuhkan adalah dapat membuat konten yang menarik. Skill ini bisa terbagi menjadi beberapa keterampilan lagi, seperti mengedit foto, video, content writing, copywritingstorytelling, desain grafis, hingga kemampuan tampil di depan kamera. Kamu tidak perlu melakukan hal-hal tersebut sendirian, ajak atau hire-lah seseorang yang ahli di bidang-bidang tersebut dan yang terakhir, kamu wajib mempunyai kemampuan berfikir kreatif dalam membuat ide konten ya.

Namun, pengetahuan yang mendalam tentang social media juga diperlukan agar mendapatkan hasil maksimal, mulai dari algoritma hingga fitur-fitur di dalamnya. Kamu bisa mendapatkan berbagai keterampilan ini dengan mengikuti pelatihan online social media specialist contohnya.

Nah, itulah pembahasan Kreativv tentang social media marketing. Mulai dari definisi, peran pentingnya, strategi, hingga kemampuan yang berkenaan dengan pemasaran di media sosial. Jika kamu ingin berkarier di bidang ini, maka kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu ya GenK!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan