Creativepreneur and Career

Skill yang Harus Dimiliki untuk Jadi Social Media Specialist

social-media-specialist

Social media specialist memegang peran vital di sebuah perusahaan yang ingin menjadi terdepan dalam bidang pemasaran dan juga membangun hubungan menarik dengan komunitas. Dalam 18 tahun terakhir, social media management telah menjelma menjadi posisi multi-faceted yang membutuhkan beragam keterampilan interdisipliner. So, nggak heran lagi kalau pekerjaan ini sangat-sangat diminati, terutama oleh generasi milenial.

Perlu diingat, pekerjaan social media specialist jauh lebih dalam ketimbang sekedar nge-tweet doang. Mereka bertugas untuk mengatur strategi sosial, menganalisis data di seluruh platform, membuat konten, menjalankan iklan berbayar, mengelola kampanye dan berkoordinasi dengan tim pemasaran serta berhubungan dengan masyarakat.

Nah, buat kamu-kamu yang bermimpi jadi social media specialist, ini dia rincian skill yang harus kamu kuasai.

1. Storytelling

kemampuan-storytelling

Ilustrasi socmed specialist (Sumber: businesscasestudies.co.uk)

Content marketing dan social media adalah dua komponen penting yang dibutuhkan perusahaan untuk membangun citra brand mereka. Nah, social media specialist adalah inti, karena mereka memegang tanggung jawab untuk educating people tentang sebuah brand. Bertindak sebagai penjaga gerbang, kamu harus punya skill mumpuni dalam menulis konten, editing dan juga storytelling untuk menetapkan nada yang tepat di seluruh platform yang mewakili perusahaan.

Baca Juga :   Gangguan Saat Wawancara Online Bikin Bete? Atasi dengan Tips Ini

2. Community Management

community-management

Ilustrasi orang bekerja (Sumber: hotelscombined.ca)

Tugas seorang social media specialist juga termasuk memanusiakan sebuah brand, sehingga pelanggan dan pembaca menerima penawaran dan informasi, sekaligus kesempatan untuk memberikan respons. Biar orang-orang merespons, kamu harus banyak bereksperimen pada strategi posting. Temukan gimana para audiens berkomunikasi agar kamu bisa lebih memahami kebutuhan dan kekhawatiran mereka.

3. Trend Awareness

trend-awareness

Ilustrasi orang mengamati tren media sosial (Sumber: assets.wikirealty.com)

Berkarier di industri yang terus berubah artinya kamu harus senantiasa up-to-date tentang berita-berita terkini, aplikasi terbaru hingga fitur-fitur media sosial teranyar. Ikuti hal-hal yang trending, baik di sosial media maupun di dunia nyata. Dengan begitu, menciptakan konten yang segar dan relevan nggak sulit buatmu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Udah Ngerti Soal GNP dan GDP? Ini Dia Penjelasannya

Creativepreneur and Career

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang, Apa Itu Reciprocity Marketing?

Creativepreneur and Career

Ini Dia Ide Bisnis untuk Anak Muda di Bidang Jasa Paling Recommended Tahun 2021!

Creativepreneur and Career

Pengen Sukses Berbisnis Tanpa Perang Harga? Simak Tipsnya Disini