Creativepreneur and Career

Social Proof Dalam Marketing, Hal Penting Buat Calon Pengusaha!

Social Proof

Dalam menjalankan suatu usaha pastinya kamu membutuhkan yang namanya teknik pemasaran atau yang biasa disebut sebagai ‘marketing’ bukan? Buat kamu yang ingin merintis sebuah usaha, tentunya membutuhkan pengetahuan serta wawasan yang luas soal marketing ini. Hal tersebut bisa menentukan seberapa lancarnya usahamu berkembang. Maka dari itu, kamu perlu mendalami teknik marketing terlebih dulu sebelum memulai usaha. Adapun salah satu contoh teknik marketing yang wajib banget kamu tau sebagai calon pengusaha ialah social proof. Pengen tau apa itu social proof dalam marketing? Pengen tau kegunaannya untuk apa? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Pengertian Social Proof

Alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu social proof dalam marketing. Social proof adalah sebuah timbal balik dari psikologi seseorang yang menjadikan orang tersebut memiliki kecenderungan untuk meniru tindakan dari orang lain. Beberapa yang termasuk ke dalam Social Proof adalah review, kemudian rating, lalu milestone, ada juga influencer marketing serta lain-lainnya.

  • Review

Sumber Gambar : Pexels.com

Review atau ulasan merupakan suatu bentuk social proof yang dapat mempengaruhi seseorang dalam hal ini adalah target pasar agar lebih tertarik serta mempercayai produk kamu. Biasanya, review dilakukan oleh orang-orang terkenal untuk menyebarkan tentang informasi serta memperkenalkan produk yang kamu miliki kepada publik yang tentunya untuk perluasan pemasaran.

Katakan seorang calon konsumen memiliki beberapa pilihan produk sekaligus, namun karena memiliki kualitas dari hasil review yang berbeda, maka hal tersebut pastinya akan mempengaruhi keputusan dari calon customer tersebut bukan? Nah, disinilah peran dari adanya review yang tentunya guna memperkenalkan produk kamu agar bisa mendapat kepercayaan dari calon konsumen.

  • Milestone

Free Black and White Dartboard Stock Photo

Sumber Gambar : Pexels.com

Milestone atau yang juga disebut sebagai pencapaian merupakan salah satu hal yang termasuk pada social proof dalam marketing. Konsepnya mirip seperti review yang sebelumnya telah dibahas, namun untuk milestone sendiri lebih cenderung pada data spesifik tentang berapa banyak orang yang sudah membeli produk kamu serta berapa banyak orang yang mengikuti media digital dari usaha kamu.

Hanya berbekal informasi semacam itu saja, sudah bisa mempengaruhi calon konsumen kamu untuk menilai serta memberikan kepercayaan pada produk yang kamu jual. Hal tersebut karena para calon konsumen pastinya nggak mau rugi dong dalam membeli barang kebutuhannya, iya apa iya nih Genks? Maka dari itu, hal semacam ini juga perlu dilakukan untuk kepentingan marketing produkmu ya Genks!

  • Influencer Marketing

Free Woman in a White Top Looking at a Smartphone on a Tripod Stock Photo

Sumber Gambar : pexels.com

Selanjutnya adalah influencer marketing yang banyak memanfaatkan media sosial. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membayar seorang influencer media social entah itu di Instagram ataupun juga Tiktok, untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Nggak harus influencer besar, influencer nano atau micro juga sudah bisa berdampak kok buat marketing!

Dengan menonton atau melihat idolanya menggunakan produk kamu, pastinya fans tersebut akan juga ingin mengetahui lebih dalam tentang produk kamu. Nggak jarang juga, seseorang langsung membeli produk yang dipromosikan oleh idolanya yang seorang influencer tersebut. Bukan hanya perluasan pemasaran, namun juga bisa menjadi orientasi produk yang bagus kepada target pasar.

Itulah beberapa penjelasan singkat yang bakal membuat calon pengusaha sukses sepertimu semakin semangat dalam menjalankan bisnismu saat ini atau bahkan yang akan dimulai dalam beberapa waktu kedepan. Selain mempelajari teknik marketing, di sisi lain kamu juga perlu belajar untuk belajar dan mampu melewati proses pengembangan bisnismu dengan hati-hati ya Genks!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil