GenK LIFE

Ternyata Ga Semua Hal Harus Kamu Dengerin Lho! Yuk Belajar dari Socrates Triple Filter Test

Socrates Triple Filter Test

Akhir-akhir ini ngerasa ga sih banyak banget berita hoax yang beredar. Entah dari grup WhatsApp keluarga, dari instastory temen, thread twitter dan mungkin masih banyak lagi. Atau ngerasa suka overthinking gara-gara nerima langsung aja apa kata omongan orang? Nah kalian tahu engga sih kalau engga perlu lho semua hal harus kamu dengerin. Hah gimana caranya? Maksudnya gimana sih? Jadi tips ini didapat dari Socrates. Socrates dikenal sebagai seorang filosof besar yang punya pengetahuan yang tinggi dan sangat terhormat. Beliau punya cara buat menentukan kebenaran dari suatu informasi. Nah nama metodenya itu, Socrates Triple Filter Test. Jadi gimana caranya? Aku udah merangkum beberapa penjelasan secara singkatnya buat kamu. Yuk intip! Jadi menurut Socrates pas kita terima informasi kita bisa coba filter informasi itu dengan coba tanyakan ke diri kita sendiri:

  1. Truth

Sumber: https://www.pexels.com/

Sumber Gambar : Pexels.com

Maksudnya gimana sih? Jadi kita wajib pastiin dulu “Apakah informasi yang didapat itu beneran terjadi atau malah engga?”. Apakah suatu informasi atau berita yang didapat itu sudah valid atau malah berita itu hoax? Menurutku kalau ini sih wajib banget diaplikasikan ke dalam keseharian kita. 

  1. Goodness

Sumber Gambar : Pexels.com

Nah kalau yang ini maksudnya. Apakah hal yang disampaikan baik atau engga? Apa informasi ini punya pengaruh baik buat kita, apa dengan tahu informasi ini kita bakal jadi diri kita yang lebih baik, atau bakal memperbaiki keadaan? Karena banyak orang yang asal telan mentah-mentah aja informasi yang didapat. Ujung-ujung malah ada yang buat kamu jadi overthinking, down dan malas buat ngelakuin suatu hal atau pun bahkan ngebahayakan dan merugikan orang lain.

  1. Usefulness

Socrates Triple Filter Test

Sumber Gambar : Pexels.com

Terakhir coba deh tanyain lagi ke diri kalin apakah hal yang disampaikan ada manfaatnya atau justru ngerugiin. Informasi ini punya pengaruh baik engga ke kehidupan kita, atau kita bisa bantu orang lain, atau kalau kamu ga tau atau tau info ini bakal nyakitin org lain? Buat apa sih kita ngelakuin filter ini? Jadi filter ini bertujuan, kalau kita dapat informasi yang masuk bisa kita filter dengan metode ini. Supaya informasi yang menurut kita ga penting bisa kita cegah masuk. Aku tahu, walaupun ga mudah ya mendefinisikan apa yang benar, apa yang baik dan apa yang berguna itu sendiri apa dan gimana. Karena itu balik lagi subjektif tergantung dengan value dan prinsip tiap orang.

Nah sekarang udah tahu kan kalau ga semu hal atau informasi yang masuk itu ga perlu kita dengerin atau terima mentah-mentah. Cobain deh terapin Socrates Triple Filter Test ini sama diri kamu sendiri. Nanti pas udah coba, baru deh kamu bisa coba share ke orang terdekat kamu. Atau mungkin kamu bisa coba share artikel ini ke grup WhatsApp keluarga? hehe. Semoga bermafaat yaa

Penulis: Syafira Putri Aulia (@syafirapotter)

About author

Related posts
GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!

GenK LIFE

Orang Tua Wajib Tau! Ini Dampak Dari Berteriak Pada Anak!