Creativepreneur and Career

Berkenalan dengan Soft Launching, Penting Banget buat Calon Pengusaha!

uMelakukan launching atau opening di awal perilisan suatu produk merupakan hal yang banyak dilakukan para pemilik bisnis. Namun sayangnya, beberapa orang justru nggak bisa memaksimalkan momen ini sebagai sarana promosi yang pas alias nggak tepat sasaran. Banyak yang sekedar melakukan selebrasi dengan meriah tanpa tahu esensi di baliknya. Perlu banget kamu ketahui kalau soft launching atau soft opening bukan sekedar prosesi perayaan semata. Tapi di baliknya ada banyak banget manfaat buat kelangsungan usahamu.

Pengertian Dari Soft Launching

Free Through glass wall view of crop anonymous female cafeteria employee putting dialogue shaped signboard with Open title on wooden beam Stock Photo

Sumber Gambar : pexels.com

Soft launching merupakan perilisan sebuah produk secara terbatas, sebelum produk baru dipasarkan secara resmi dan besar-besara. Sedangkan versi lain dari soft launching adalah soft opening, yang biasanya merupakan perilisan sebuah tempat seperti kafe, restoran, atau hotel. Setelah ini, biasanya masih ada lagi yang namanya grand launching atau grand opening.

Tujuan Dari Soft Launching

Soft Launching

Sumber Gambar : pexels.com

Terdapat beberapa tujuan dari diadakannya sebuah soft launching, antara lain:

  • Memperoleh Timbal Balik

Tujuan pertama dari diadakannya sebuah peluncuran awal adalah untuk mendapatkan timbal balik kepuasan pelanggan terhadap produk yang kamu jual. Dengan diadakannya soft launching atau soft opening, maka ada lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan atau menyempurnakan produk kamu sebelum perilisan secara resmi. Dengan begitu pula, kamu bisa mengetahui lebih dalam apa yang pelanggan kamu inginkan. 

  • Optimasi Produk

Masih berhubungan dengan poin pertama tadi, tujuan lain dari diadakannya sebuah soft launching adalah untuk mengoptimasi tawaran yang masuk dari pelanggan. Dengan mengetahui tentang apa saja yang menjadi kekurangan produk kamu di mata para pelanggan, pastinya bisa mengoptimasi produk kamu agar nantinya bisa dirilis secara resmi dan diperjualbelikan sesuai dengan ekspektasi dari pelanggan.

  • Strategi Marketing Efektif

Apabila kamu mengadakan sebuah peluncuran awal, kamu juga bisa membangun atau membuat sebuah strategi pemasaran yang lebih efektif dari perencanaan sebelumnya. Dengan bermodalkan timbal balik yang diberikan oleh para pelanggan terhadap produkmu, seharusnya bisa kamu manfaatkan momentum tersebut agar nantinya kamu bisa membuat perilisan produk lebih sesuai dengan pasar.

  • Membuat ‘Buzz’

Buzz dalam istilah dunia marketing dapat diartikan sebagai bentuk tindakan promosi atau strategi marketing yang dilakukan oleh pelanggan. Untuk bisa menggunakan strategi marketing ini secara maksimal, kamu perlu membuat produk kamu sangat menarik bagi pelanggan. Strategi yang satu ini bisa kamu manfaatkan agar produkmu dapat dikenal oleh banyak orang.

  • Perencanaan Kesuksesan

Kamu nggak bisa memungkiri kalau bakal ada banyak faktor X yang bisa merusak sebuah momen grand launching atau grand opening. Padahal di momen tersebut, ada banyak mata yang memandang. Nah, dalam hal ini soft launching atau soft opening bisa dijadikan sebagai pematang rencana yang akan membantumu mengenali faktor-faktor X selama proses perilisan. Dengan melakukan peluncuran awal, bisa dibilang kamu memiliki kesempatan lebih besar untuk menyukseskan perilisan resmi produk.

Itu dia beberapa penjelasan singkat mengenai apa itu soft launching atau soft opening. Jika melihat kembali pada tujuan awal sebuah peluncuran awal adalah sebagai sarana promosi, maka ada baiknya kamu memanfaatkan momen ini semaksimal mungkin dan juga yang nggak kalah penting adalah promosi yang dilakukan tepat sasaran terhadap target pasar kamu ya Genks!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil