Seni Rupa & Desain

Tingkatkan Produktivitasmu dengan 5 Software Fashion Design Ini

Bagi sebagian orang, profesi sebagai seorang fashion design dianggap mudah. Namun percayalah untuk menghasilkan karya fesyen itu tidak mudah. Ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan agar hasil keren dan diterima oleh konsumen. Beberapa aspek yang harus dipikirkan diantaranya pola, siapa yang menggunakan, bahan, dan masih banyak lagi. Namun sebelum memikirkan hal-hal itu, ada hal mendasar yang harus dilakukan yaitu menggambar desain. Dulu, gambar desain hanya bisa dilakukan di kertas tapi sekarang sudah bisa dilakukan secara digital. Ada software untuk fashion design yang bisa kamu manfaatkan. Berikut adalah lima diantaranya.

1. Digital Fashion Pro

digital fashion pro software

sumber: digitalfashionpro.com

Digital Fashion Pro memiliki tampilan yang mirip dengan antarmuka Coreldraw dengan beragam tools di bagian kanan kiri, dan atas kanvas. Dalam software ini, kamu bisa menggambar garis-garis pola sesuai pola baju yang ingin kamu buat. Meskipun kamu bisa menggambar pola sendiri, tersedia pula ratusan template yang bisa kamu ubah-ubah. Kemudian ada ratusan kain digital yang bisa kamu aplikasikan pada pola yang sudah dibuat. Jika masih bingung dengan penggunaan Digital Fashion Pro, kamu bisa memanfaatkan video training yang ada di dalamnya.

2. Valentina

valentina fashion software

sumber: telegra.ph

Software berikutnya dengan tampilan antarmuka yang lebih simpel yaitu Valentina. Valentina bisa kamu gunakan untuk menggambar pola-pola dasar. Ada banyak pola unik yang tersedia di sini. Pola-pola ini banyak yang dibentuk dengan formula-formula matematika sehingga lebih akurat dan berbeda satu sama lain. Template pola juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di sini. Selain pola, kamu juga bisa memadukan warna dan fitur-fitur lain yang berkaitan. Software ini bisa digunakan oleh pemula hingga profesional dengan fitur-fitur yang cukup lengkap.

3. Tailornova

tailornova software

sumber: tailornova.com

Kalau kamu ingin tampilan yang lebih dinamis dengan ikon-ikon atraktif, Tailornova adalah pilihannya. Software ini memiliki antarmuka yang menarik disertai fitur-fitur yang saling mendukung. Tailornova mendukung kamu untuk membuat pola desain dalam 2D dan 3D. Ketika membuat pola, ada fitur pengukuran otomatis yang bekerja pada pola. Hebatnya lagi, software ini bisa memberikan instruksi menjahit pola dan ada simulasi garmen yang bisa dimaksimalkan.

4. Browzwear

browzwear

sumber: browzwear.com

Kalau kamu lebih nyaman dengan desain 3D, Browzwear bisa jadi andalan. Kamu bisa bebas mengekspresikan imajinasi dengan bentuk pola yang seperti nyata. Kamu juga bisa memastikan apakah produk tersebut cocok atau tidak dengan model yang tersedia. Tidak perlu khawatir apakah ukuran yang di sini hanya rekaan belaka karena ukuran akurasinya cukup diperhatikan oleh pengembang sehingga cukup akurat. Pemilihan kain juga bebas dilakukan di sini. Ada fitur Cloth Analyzer yang akan membantumu mencarikan kain yang tepat.

5. Blender

blender software

sumber: steampowered.com

Kalau biasanya kamu menemukan aplikasi pembuat animasi, kali ini Blender cocok untuk kamu yang suka mendandani karakter animasi. Karakter-karakter ini tentu akan memakai baju dan sebaiknya memakai pakaian yang stylish. Blender mendukung hal ini dengan memiliki fitur-fitur modeling, motion tracking, rigging, 2D animation, compositing, dan masih banyak lagi. Integrasi antara satu fitur gambar dengan lainnya akan bisa kamu lakukan secara akurat di sini.

Lima software untuk fashion design ini baiknya segera kamu pelajari dan maksimalkan. Kamu tentu tidak ingin karya dan imajinasimu berbenturan dengan derasnya arus teknologi. Karya-karya desainmu juga harus berkembang mengikuti peralatan yang ada. Kerjamu akan lebih efektif dan lebih cepat karenanya. Kalau kamu baru saja ingin terjun ke dunia fashion ini, kamu bisa banget untuk terlebih dahulu belajar mendesain baju lewat situs-situs gratis yang ada, lho.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

6 Tren Warna Desain Interior 2022 yang Bakalan Hits Tahun Ini

Seni Rupa & Desain

Anti Ribet-Ribet Club, Sekarang Ada Aplikasi Gratis untuk Membuat Brosur Lho. Cek di Sini Yuk!

Seni Rupa & Desain

DTP vs Graphic Design, Kenapa Keduanya Dianggap Berbeda?

Seni Rupa & Desain

Ide Konten Digital Marketing Untuk Promosi Media Sosial Perusahaan Desain Interior