GenK LIFE

Hati-Hati Alami Spotlight Effect di Tempat Kerja, Ini Cara Hindarinya

spotlight effect

Perasaan ingin diperhatikan sudah menjadi sifat dasar manusia. Akan tetapi, kadang jika itu berlebihan maka kamu akan merasa seakan dirimu jadi pusat perhatian. Hal ini disebut dengan spotlight effect dalam istilah psikologi. Seperti dilansir dari PsychologyToday, spotlight effect adalah perasaan saat kamu berpikir kalau semua orang sedang memperhatikanmu, padahal belum tentu seperti itu.

Bisa saja spotlight effect justru membuat kamu merasa cemas sampai-sampai rendah diri, sehingga menimbulkan akibat yang buruk bagimu. Terutama, jika kamu mengalaminya di tempat kerja. Seakan rasanya semua rekan kerja memerhatikanmu dan kesalahan yang kamu lakukan, padahal itu belum tentu benar adanya. Kamu pun jadi merasa galau bahkan produktivitasmu juga ikut menurun. Maka dari itu, jika kamu terkadang mengalami hal ini, mari perhatikan cara mengatasinya.

Mencari tahu penyebab spotlight effect

penyebab spotlight effect

sumber: pexels.com

Pertama-tama kamu bisa menanyakan kepada diri sendiri. Kira-kira apa yang menyebabkanmu merasa seakan kamu selalu diperhatikan. Contohnya, kamu membuat kesalahan sehingga merasa orang-orang di kantor memperhatikanmu. Mengapa kamu sampai merasa ketakutan diperhatikan orang-orang? Lalu, benarkah mereka memerhatikanmu karena kesalahan yang kamu lakukan? Jika benar begitu, apa alasan hal tersebut?

Berbicara dengan rekan kerja yang kamu percaya

berkomunikasi dengan rekan kerja

sumber: pexels.com

Mungkin, masih ada perasaan ragu setelah kamu mencari tahu alasan perasaan spotlight effect ini muncul. Kamu boleh bercerita ke orang yang kamu percaya untuk mendapatkan feedback. Dari feedback tersebut, kamu bisa memastikan lagi apakah asumsi yang kamu buat sendiri memang benar terjadi. Ketahui seperti apa perhatian yang diberikan orang lain terhadapmu, lalu bandingkan dengan kecemasanmu yang selalu merasa diperhatikan. Ini bisa menyadarkanmu serta mengurangi kegelisahan.

Mengubah sudut pandangmu dalam menilai sesuatu

pikirkan sudut pandang lain

sumber: pexels.com

Nggak mudah untuk mengubah sudut pandang. Namun, kamu bisa melakukannya, kok. Cobalah untuk melatih pikiranmu agar lebih cuek terhadap perspektif orang lain. Kamu bisa melakukan salah satu terapi terbaik untuk diri sendiri dengan cara menghadapi ketakutanmu tersebut secara langsung. Beri sugesti kepada dirimu sendiri bahwa ini hanya bagian dari spotlight effect. Setelah ini berhasil, kamu akan sadar bahwa sebenarnya orang-orang di sekitarmu tidak pernah memperhatikanmu sampai segitunya. Jika kamu terus-terusan seprti ini, bukan tidak mungkin aktifitas ini menjadi semacam fobia yang aneh, GenK.

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD