Creativepreneur and Career

Startup vs Corporate: Mana yang Harus Kamu Pilih?

4. Gaji, Bonus, dan Tunjangan

kreativv ID 1

Sumber: pexels.com

Wah, kalau poin perbedaan antara startup vs corporate yang satu ini bisa jadi pertimbangan cukup penting bagi banyak orang. Apalagi kalau bukan urusan gaji, bonus, dan tunjangan. Nah, tergantung dari ukuran perusahaannya sendiri, corporate sudah memiliki kerangka perhitungan gaji yang jelas dengan kompensasi yang sesuai untuk karyawannya. 

Mulai dari durasi kerja minimal setiap harinya, pencapaian target yang telah ditentukan, waktu lembur, hingga kenaikan gaji. Semua hasil kerja keras kamu akan dihargai dengan semestinya. Loyalitas terhadap perusahaan yang ditunjukan dari lamanya kamu bekerja akan menentukan besaran gaji yang diterima, termasuk berbagai bonus dan insentif lainnya. 

Meskipun kerap disepelekan, gaji di perusahaan startup tidak melulu lebih kecil dibanding corporate. Tergantung dari ukuran bisnisnya, banyak startup yang menerima suntikan dana investasi bahkan berani memberikan gaji yang lebih besar dari posisi kamu sebelumnya. 

Meskipun demikian, skema bonus dan tunjangan yang berlaku di perusahaan corporate biasanya tidak terlalu sering ditemukan di lingkungan startup. Alasannya tentu melihat status startup sebagai sebuah perusahaan yang sedang berkembang tentunya memiliki sumber dana yang cukup terbatas jika dibandingkan dengan kebanyakan perusahaan corporate

5. Pengembangan Karir 

kreativv ID 2

Sumber: pexels.com

Bicara soal perbedaan startup vs corporate tentunya tak lepas dari topik pengembangan karir. Yap, para pencari kerja, khususnya generasi milenial pastinya ingin tahu dong gimana sih potensi dan jenjang karir kamu di masa depan nanti di masing-masing perusahaan. 

Sebagai sebuah perusahaan yang telah berjalan cukup lama, karir di perusahaan corporate cukup menjamin dan mudah diprediksi di masa depan. Dengan sistem yang berlaku di corporate, setiap karyawan memiliki kesempatan untuk mengembangkan baik jenjang dengan syarat-syarat tertentu.

Misalnya untuk dapat mencapai posisi tertentu, kamu mesti bekerja selama kurun waktu beberapa tahun serta sukses mencapai target yang sudah ditetapkan. Beda lagi ceritanya kalau kamu mengangkat topik pengembangan karir di dunia startup

Sebagai perusahaan rintisan, para pekerja startup mesti menerima fakta bahwa ketidakpastian karir jadi salah satu resiko yang ada. Isu-isu seperti dukungan finansial, pengembangan bisnis, hingga terbatasnya sumber daya manusia menjadi halangan yang harus siap untuk dihadapi perusahaan. 

Tapi pada saat yang bersamaan, kesempatan pengembangan kapasitas diri di lingkungan startup menjadi sangat besar. Karena ukuran timnya lebih kecil, kamu bisa belajar banyak hal sekaligus untuk menjadi bekal karirmu di masa depan. 

Nah, itu dia tadi beberapa perbedaan antara perusahaan startup vs corporate. Kedua jenis perusahaan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihannya ada di kamu untuk menentukan lingkungan dan karir seperti apa yang ingin dikembangkan serta cocok dengan goal pribadimu.

Polling 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online