Seni Rupa & Desain

Biar Nggak Polos, Begini Cara Memanfaatkan Stok Fotografi untuk Desain

stok-fotografi

Well, kalo boleh jujur, foto-foto stok emang punya reputasi yang nggak bisa dibilang bagus, sih. Tapi jangan salah, karena kalau kamu menggunakannya dengan tepat, stok fotografi bisa sangat membantu menciptakan kesan lebih baik pada desainmu, sehingga dapat mencapai tujuan pemasaran.

Hal yang perlu kamu lakukan cuma satu, yakni menemukan jenis gambar yang tepat dan menggabungkannya sedemikian rupa sehingga menjadi penyempurna desain. Lalu gimana, sih, caranya menggunakan foto stok dalam desain biar jauh dari kesan norak yang enggak banget?

Di bawah ini adalah ide-ide kreatif menggunakan stok fotografi untuk desainmu.

Tambahkan Kepribadian pada Header dan Tarik Perhatian Audiensmu

tambahkan-bagian-header

Selain foto, tambahkan juga bagian header (Sumber: visme.co)

Entah apakah untuk landing page atau infographic, stok foto adalah cara terbaik membuat header-mu terlihat menonjol dan menarik perhatian para audiens. Biasanya header adalah hal pertama yang dilihat pengunjung. Nah, pastikan kamu memilih gambar yang relevan dan mendukung tema atau topik secara keseluruhan, dengan begitu akan tercipta kesan pertama yang luar biasa.

Kreasikan Background Tematik dengan Foto Stok

background-tematik

Buat background tematik (Sumber: visme.co)

Well, emang cukup umum menggunakan stok photo di background desain. Tapi, benarkah cuma sebatas itu doang? Setiap nemuin gambar background yang sempurna dan selaras dengan kepribadian brand-mu, coba pikirkan gimana kamu dengan kreatif bisa memolesnya jadi terlihat lebih dari sekedar foto stok biasa yang sederhana. Gampangnya, dengan menambahkan teks, filter warna, atau elemen grafis di atas gambar background-mu agar terlihat lebih baik dan memiliki tujuan.

Rangkai Stok Foto di Border untuk Membuat Bacground Tampak Keren

rangkai-stok-foto-di-header

Merangkai stok foto di header (Sumber: visme.co)

Alternatif keren untuk menambahkan foto stok di background adalah dengan menggunakannya sebagai border yang menarik. Borders dan bingkai nggak cuma memberi tampilan yang bagus pada desain, tapi juga memudahkan audiens terlibat lebih dalam dengan konten buatanmu.

Gunakan Stok Foto di Mockup, Storyboard dan Mood Board

stok-fotografi-di-mockup

Menggunakan stok foto di beberapa bagian desain (Sumber: visme.co)

Hal menarik dari stok fotografi adalah foto ini dapat membuat konten placeholder dengan sangat sempurna. Misalnya, kalau kamu menawarkan layanan kreatif, kamu bisa terlebih dulu menggunakan gambar stok untuk menggantikan gambar asli untuk memberi gambaran pada klien mengenai versi final desainmu nantinya. Stok fotografi bisa membantumu menyusun mood board menarik yang memancarkan skema warna, emosi, tampilan dan nuansa tertentu secara keseluruhan.

Baca Juga :   Tips Stock Photography Wajib Tahu, Bisa Jadi Ladang Uang, Lho!
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?