Creativepreneur and Career

Stop! Hindari Upload Instastory di Akun Bisnis dengan Konten Seperti Ini

Berbeda dengan beberapa tahun lalu, sekarang ini Instagram dapat dikatakan sebagai salah satu media penting untuk menunjang bisnis terutama dalam hal branding dan marketing. Apalagi, dengan adanya jenis akun profesional seperti akun bisnis dan akun kreator.

Memang kamu juga dapat melakukan hal yang sama seperti di Twitter, Facebook atau jejaring sosial lainnya, tapi dikarenakan popularitas Instagram yang terus meroket, maka tak ayal banyak pelaku usaha yang beralih menggunakan media sosial satu ini. 

Dengan Instagram, kamu dapat posting produk ataupun apapun secara mudah. Bahkan kamu juga dapat unggah Instastory yang dapat bertahan selama 24 jam. Hanya saja, tidak semua konten dapat kamu posting di Instastory, terutama jika akun yang kamu pakai adalah akun bisnis. Ada beberapa konten yang wajib kamu hindari untuk diposting di Instastory akun bisnismu. Apa saja konten itu? Berikut daftarnya.

Ketelanjangan

Sumber Gambar : ipleaders.in

Ketelanjangan atau postingan dengan unsur nudity adalah konten yang sangat dilarang untuk diunggah di Instastory. Maksud dari ketelanjangan ini adalah menampilkan pria atau wanita tanpa busana secara langsung. Hanya saja, Instagram masih mentolerir untuk beberapa hal, seperti wanita menyusui dengan tujuan postingan sebagai edukasi, lukisan atau juga pahatan.

Hoax dan Konten Sensitif

Sumber Gambar : indianexpress.com

Tentu saja, pengunggahan konten Instastory yang memiliki unsur berita hoax atau juga sensitif sangat tidak dianjurkan untuk diposting. Dengan mengunggah konten seperti ini, maka akan cukup riskan terhadap akun yang kamu miliki atau juga secara langsung dapat memberi efek negatif pada bisnis yang sedang dijalankan.

Over Tagging

Akun Bisnis

Sumber Gambar : insider.com

Melalui Instastory, kamu dapat melakukan tagging atau mengikutsertakan nama akun orang atau pihak lain di dalamnya. Memang ada sisi positifnya dengan melakukan tagging seperti ini di Instastory, tapi ketika kamu over tagging, maka akan membuat postingan tersebut menjadi jelek dan terkesan tidak bermutu.

Tidak Relevan

Sumber Gambar : medium.com

Mungkin sah-sah saja kamu membuat satu Instastory apapun jika akun Instagram yang kamu gunakan adalah akun pribadi, tapi akan menjadi satu hal yang merugikan apabila akun yang dipakai adalah akun bisnis. Maka ada baiknya untuk unggah Instastory sesuai atau relevan dengan jenis usaha yang kamu geluti tersebut.

Over Posting untuk Satu Tema yang Sama

Akun Bisnis

Sumber Gambar : neilpatel.com

Over posting Instastory dengan satu tema yang sama juga tidak dianjurkan untuk dilakukan. Hal itu akan terkesan seperti spam dan membuat followermu menjadi bosan. Ada baiknya untuk mengunggah Instastory setidaknya 1-2 hari sekali dengan jumlah tertentu dan temanya juga harus berbeda-beda. Bisa saja sih  produknya sama, tapi dapat diatur dan diedit dengan tampilan yang tidak benar-benar sama.

Terlalu Gelap

Akun Bisnis

Sumber Gambar : futurecdn.net

Untuk akun bisnis, sangat tidak dianjurkan bagi kamu untuk membuat sebuah postingan Instastory yang terlalu gelap. Dalam hal ini adalah baik backgroundnya ataupun model desain postingannya. Gunakan warna-warna cerah dan buatlah semenarik mungkin agar orang yang melihatnya dapat tahu secara langsung apa yang kamu maksud dari Instastory itu.

Ujaran Kebencian dan Bullying

Akun Bisnis

Sumber Gambar : time.com

Tidak hanya di akun pribadi saja, di akun bisnis yang sedang dikelola, kamu tidak boleh mengunggah postingan Instastory yang menampilkan ujaran kebencian atau hate speech dan bullying. Pihak Instagram sendiri akan memberlakukan sanksi tegas bagi siapa saja yang mengunggah postingan seperti ini, baik di unggahan reguler, Reel ataupun Instastory.

Dengan mematuhi peraturan yang sudah dibuat di Instagram dan menghindari 7 poin di atas, maka kamu dapat terus mengelola akunmu secara aman dan menguntungkan dari sisi bisnis. So, bijaklah dalam bermedia sosial.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online