Creativepreneur and Career

9 Tips Strategi Emotional Marketing yang Efektif Meningkatkan Angka Penjualan

Emotional Marketing

Emotional marketing adalah strategi dalam dunia pemasaran yang fokus menyajikan konten iklan yang menonjolkan emosi untuk menarik perhatian target pembeli. Menurut hasil riset, audiens lebih sering terdorong membeli produk atau menggunakan layanan tertentu berdasarkan emosi yang mereka rasakan ketimbang logika. Penerapan emotional marketing juga bisa bikin konsumen lebih loyal karena mereka merasa punya koneksi yang erat dengan sebuah merk. Nah, berikut ini adalah 9 tips strategi emotional marketing yang bisa kamu terapkan dalam bisnis untuk meningkatkan angka penjualan:

  1. Mengenali Target Audiens

Sumber Gambar : ejoy-english.com

Langkah pertama yang penting kamu lakukan sebelum hal-hal lain dalam penerapan strategi marketing adalah mengenal audiensmu sedalam mungkin. Bakalan sulit untuk bikin konten yang mendapat respons baik tanpa tahu seperti apa targetmu. Jadi, lakukan riset target dengan serius dan kumpulkan info komprehensif.

2. Storytelling

Sumber Gambar : medium.com

Cara terbaik selanjutnya untuk menerapkan emotional marketing adalah dengan story telling atau bercerita. Kamu bisa menggunakan emosi kesedihan,kemarahan, kegembiraan atau motivasi untuk lebih mudah terhubung dengan perasaan customer.

Video di atas adalah contoh iklan storytelling yang bisa kamu contoh, GenKs. Idenya simple, pengambilan gambarnya nggak ribet dan mencerminkan kehidupan sehari-hari banget. Meski begitu tetap sukses bikin penonton nyesek dan menitikkan air mata.

3. Bisa Menginspirasi Audiens

Sumber Gambar : sparkflow.co

Menginspirasi audiensmu juga jadi tips dalam strategi emotional marketing, lho, GenKs. Dan cara paling gampang melakukannya adalah dengan mengangkat kisah mereka yang lagi berkutat dengan kesulitan atau tantangan. Kamu juga bisa membawa kisah from zero to hero dari influencer atau pebisnis sukses supaya memberikan inspirasi pada audiensmu.

4. Bikin Pergerakan

Sumber Gambar : vecteezy.com

Fokus pada pergerakan individual atau komunitas bisa jadi konten yang menarik dalam emotional marketing, lho. Asal tahu aja, GenKs, melalui pendekatan-pendekatan yang memperlihatkan gerakan yang sedang, akan, atau pun pernah dilakukan merkmu, terbukti lumayan efektif untuk menarik audiens kamu.

Sebagai contoh, misalnya dalam acara yang diadakan brand-mu komunitas atau jajaran eksekutif memberikan donasi pada mereka yang membutuhkan. Nah, di sini kamu bisa mengajak customer untuk ikut berpartisipasi di kegiatan tersebut atau membagikan info acara pada orang lain.

5. Aspirational

emotional marketing

Sumber Gambar : medium.com

Nggak cuma menginspirasi, dalam dunia emotional marketing kamu juga bisa menciptakan suatu brand yang jadi impiannya para konsumen. Misalnya, harapan mereka untuk mewujudkan tujuan tertentu atau keinginan mereka untuk menikmati pengalaman yang selama ini didambakan dan hal-hal yang lainnya.

Kuncinya adalah, kamu wajib tahu apa kebutuhan, keinginan hingga citra diri yang ingin dicapai targetmu.

6. Pendekatan Lokal

emotional marketing

Sumber Gambar : ofiskita.com

Ini umum banget, lho, diterapkan di Indonesia. Kenapa, karena masyarakat kita lebih mudah terikat dengan komunitas lokal. Kamu bisa menggali emosi target melalui pendekatan lokal, sehingga kontenmu dapat memberikan rasa bangga pada tempat mereka tinggal, GenKs.

7. Ciptakan Ruang Nostalgia

emotional marketing

Sumber Gambar : 10wallpaper.com

Well, karakter dasar manusia itu demen banget mengenang masa lalu. Kamu juga, kan? So, nggak heran kalah banyak waralaba film lawas yang bisa bertahan di tengah-tengah gempuran berbagai film modern. Seperti Star Wars yang sampai bisa merayakan ulang tahunnya yang ke-40. Nah, itulah kenapa nostalgia juga bisa kamu manfaatkan dalam strategi marketing emotional.

Caranya super gampang. Kamu cukup menceritakan ulang kisah-kisah dari ingatan orang-orang tentang perusahaan atau produk masa lalu.

8. A Milestone Connection

Jika kamu ingin memperkuat hubungan emosional antara brand-mu dengan pelanggan, coba contek apa yang dilakukan McDonald’s dengan produk ikoniknya, Big Mac, di hari jadi peluncuran produk ang ke-50 tahun, GenKs.

Lihat gimana brand itu fokus pada kebutuhan pelanggan melalui konsistensinya dalam mengembangkan strategi marketing baru.

9. Ucapan Terima Kasih

emotional marketing

Sumber Gambar : gannett-cdn.com

Apresiasi kepada pelanggan bisa menjadi ide terbaik untuk menunjukkan betapa kamu menghargai mereka. Sebagai bentuk terima kasih, kamu bisa memberikan promo atau penawaran spesial dalam pendekatan emotional marketing.

Nah, sudahkah kamu siap untuk meningkatkan angka penjualan lewat strategi emotional marketing?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!