Creativepreneur and Career

Step-by-Step Strategi Launching Produk Baru di Media Sosial

Strategi Launching Produk Baru

Apakah kamu berencana merilis produk di media sosial dalam waktu dekat ini, GenKs? Wah, ini bisa jadi peluang besar untuk menarik ribuan follower baru, lho! Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk meningkatkan angka penjualan dan mengubah audiens yang sudah ada jadi pelanggan. Terdengar menjanjikan, tapi sayangnya ini nggak segampang memposting satu konten di hari launching. Agar launching produkmu bisa sukses, kamu butuh rencana dan persiapan yang matang. Di bawah ini adalah strategi launching produk baru lewat media sosial:

Tentukan Goal-mu

Sumber Gambar : nextluxury.com

Langkah penting pertama yang harus kamu lakukan saat merencanakan kampanye media sosial adalah menentukan apa tujuan akhirmu. Tujuannya bisa bermacam-macam, tergantung situasimu. Mungkin ingin sukses berbisnis di media sosial, meningkatkan kesadaran merk atau persepsi terhadap merk hingga meningkatkan angka penjualan. Apa pun itu, pertimbangkan sejak awal.

Catat Tenggat Waktumu

Sumber Gambar : wilsonassoc.co

Waktu adalah kunci dari segalanya jika itu berkaitan dengan launching produk di media sosial. Tanggal peluncuran produkmu menjadi batas tenggat waktu yang kamu miliki. Gunakan itu sebagai titik awal untuk memulai semua pekerjaan. Dengan memiliki tenggat waktu, kamu bisa tahu berapa banyak waktu yang kamu punya. Dan jika tenggatmu terlihat padat sekali, jangan ragu mengurangi beberapa ide yang terkesan ambisius.

Survei Mana Channel Terbaik

Strategi Launching Produk Baru

Sumber Gambar : edukukm.id

Tips merilis produk di media sosial selanjutnya adalah dengan mengidentifikasi mana channel medsos paling bagus untuk menjalankan strategi marketingmu. Dan mungkin kamu ingin banget memanfaatkan setiap platform media sosial, tapi nyatanya, langkah itu nggak selalu menjadi pilihan terbaik. Alih-alih menghabiskan waktu untuk menguasai semua platform yang ada, akan lebih baik fokus pada satu channel yang sesuai.

Baca Juga :   Ingin Kerja di Agency? Pahami Dulu Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Putuskan Konsep Kreatifmu

Strategi Launching Produk Baru

Sumber Gambar : Amazonaws.com

Nah, setelah 3 poin di atas, strategi launching produk baru lainnya adalah memikirkan seperti apa konsep kampanye yang ingin kamu tunjukkan kepada audiens. Mungkin dengan menciptakan desain baru atau menyatukan semua konten launching produk secara visual. Intinya, suguhkan karya baru dengan sentuhan yang unik dan fresh.

Jangan Lupa Acara-Acara Offline

Strategi Launching Produk Baru

Sumber Gambar : doltonehouse.com.au

Well, kamu emang akan meluncurkan produk lewat media sosial, tapi jangan lupa kalau acara-acara offline juga jadi bagian yang nggak kalah penting dari kampanye online. Nggak ada salahnya kamu fokus pada sesi foto, video, grafik dan lain sebagainya. Namun rencanakan juga agenda launch party dengan influencer beken, atau sediakan mural dinding sebagai photo booth yang unik untuk foto Instagramable hingga cangkir kopi untuk souvenir.

Strategi Marketing Influencer

Strategi Launching Produk Baru

Sumber Gambar : anymindgroup.com

Bicara soal peluncuran produk baru di media sosial, kamu bisa menerapkan strategi marketing influencer juga, lho. Karena yang namanya konsumen biasanya akan lebih tertarik mencoba dan beli suatu produk apabila merea melihat orang lain sudan menggunakannya dan mendapatkan manfaat dari produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Kreasikan Aset Kampanye Medsosmu

Sumber Gambar : cloudfront.net

Foto, video, grafik atau GIF, bisa jadi aset penting dalam kampanye media sosialmu, lho. Setiap jenis konten akan memberikan pengaruh yang bervariasi tergantung pada produk dan target pasar. Kamu bisa menampilkan produk fisik dalam konten foto atau video kreatif. Nggak perlu pakai peralatan super mahal. Cukup dengan kamera iPhone kesayanganmu, dan jepret-jepret. Tapi kalau kamu ingin hasilnya lebih optimal, pastikan menyewa fotografer dan videografer profesional.

Nah, gimana, guys, udah siap dengan strategi launching produk baru di media sosial di atas?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran

Creativepreneur and Career

Udah Ngerti Soal GNP dan GDP? Ini Dia Penjelasannya

Creativepreneur and Career

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang, Apa Itu Reciprocity Marketing?