Creativepreneur and Career

5 Strategi Marketing Gen Z yang Harus Banget Diterapkan di 2021

Strategi Marketing Gen Z

Ingin sukses meningkatkan penjualan dengan menyasar Gen Z atau generasi setelah Generasi Milenial? Artinya kamu butuh strategi marketing Gen Z, nih, guys. Tapi masalahnya, untuk memasarkan produk pada Gen Z yang lahir antara tahun 1996 dan 2010, kamu butuh lebih dari strategi yang biasanya.

Pasalnya, Generasi Z adalah generasi yang sangat kreatif, berani dan pencipta banyak tren terkini di TikTok, Instagram Reels dan platform medsos lainnya. Kesadaran mereka akan nilai begitu tinggi. Selain itu, mereka juga hanya tertarik pada brand yang “keep it real”.

So, untuk menjangkau Gen Z, kamu butuh pendekatan yang sedikit berbeda. Nah, di bawah ini adalah tips untuk terhubung dengan generasi yang jadi pakar digital:

  1. Tetapkan Nilai dan Misi yang Jelas

Sebelum kamu mulai memasarkan suatu produk atau jasa pada Generasi Z, hal pertama yang penting banget dilakukan adalah menetapkan nilai dan misi. Gen Z cenderung lebih pemilih. Mereka percaya bahwa nilai suatu merk merupakan cerminan diri kita sendiri.

Pastiin kamu memperhatikan beberapa hal utama ketika menyusun strategi marketing untuk Gen Z. Topik-topik seperti seksual, keanekaragaman dan tanggung jawab sosial, bisa kamu angkat.

2. Transparan dan Akuntabel

Langkah selanjutnya yang perlu kamu pertimbangkan dalam strategi pemasaran Gen Z adalah memastikan kamu bersikap transparan dan bertanggung jawab atas kesalahan apa pun yang telah kamu lakukan. Sebagai Gen Z, mereka nggak akan ragu untuk melakukan riset mendalam, lho, guys. Mereka mungkin akan menelusuri situs web brand kamu, meneliti akun media sosial kamu dan menyisir komentar maupun ulasan yang ada.

3. Tetapkan Kepribadian Brand-mu

Agar bisa terlibat dan terkoneksi dengan Generasi Z, just say bye-bye pada estetika konten sempurna yang berfokus pada dunia milenial. Lupakan yang namanya kesan sleek dan minimal. Gen Z butuh brand yang lebih berani, punya suara dan juga kepribadian yang kuat. Nggak perlu takut untuk tampil berbeda di antara lainnya.

Kamu bisa meniru strategi marketing Starface yang menjual pimple-protector. Lihatlah di situs website atau pun profil media sosial mereka. Di sana penuh dengan warna kuning yang cerah pada produk berbentuk bintang yang punya smiley face menggemaskan. Atau iklan dari brand-brand populer yang berkolaborasi, Crocs dan KFC seperti berikut ini, guys:

@crocs

Coming soon! Kentucky Fried Chicken x Crocs Classic Clogs are finally being served on July 28th at 12 PM ET. #KFCCrocs

♬ original sound – Crocs

4. Pastikan Kontenmu Menghibur

Mengingat ada ribuan konten marketing setiap harinya yang bermunculan di berbagai platform media sosial, kamu harus bisa tampil menonjol dari para kompetitor. Triknya adalah dengan fokus pada platform media sosial yang emang sudah melibatkan Gen Z dan buatlah konten yang kamu sesuaikan dengan para audiens tersebut. Pastikan kamu bisa menarik perhatian mereka melalui konten yang menghibur. Gen Z punya kemampuan super untuk menyaring konten. Waktumu sekitar 8 detik untuk membuat mereka tertarik menonton konten iklan buatanmu lebih lanjut.

5. Bangun Komunitas Digital

Membangun komunitas digital adalah satu bagian paling integral dalam strategi marketing Gen Z di tahun 2021. Menilik hasil survei, Gen Z adalah generasi paling kesepian di Amerika Serikat. Hal tersebutlah yang memaksa mereka secara aktif untuk terlibat dan terkoneksi dengan individu-individu lain yang berpikiran sama.

Marketing Gen Z adalah cara yang sangat bagus untuk menjangkau generasi muda dan menjalin hubungan dengan tipe konsumen baru, yakni mereka yang sadar akan value sebuah produk, menyukai kepribadian yang berani dan mencari komunitas yang sealiran.

So, apakah kamu siap menaklukkan Gen Z melalui strategi marketing?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Keuntungan Meningkat? Ini Dia Cara Memaksimalkan Manajemen Bisnis Roti!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tips Brand Refresh, Strategi Segarkan Merk Anti Ribet

Creativepreneur and Career

Cara Membuat Brand Storytelling Super Mudah dengan 5 Panduan Ini

Creativepreneur and Career

5 Tips Membuat Portofolio Kreatif yang Sempurna dan Menarik Perhatian