Creativepreneur and Career

Giveaway, Strategi Marketing Jitu Yang Wajib Dipelajari!

Semua orang suka hadiah, apa lagi audiens kamu. Nah, pemberian hadiah ini merupakan strategi marketing yang jitu, lho. Dalam pemasaran, istilahnya yaitu giveaway. Kamu sendiri pasti udah sering dengar istilah ini, mungkin bahkan pernah ikutan event tersebut. Biar lebih paham, dan bisa kamu terapkan untuk bisnismu sendiri, yuk, simak penjelasan selengkapnya.

Pengertian Giveaway

Sumber Gambar : unsplash.com

Pertama-tama, kita memahami pengertian giveaway lebih dulu. Menurut EasyAcc, giveaway merupakan suatu strategi promosi. Prosesnya diawali dengan registrasi oleh orang-orang yang mau ikutan. Kemudian, dari seluruh pendaftar, akan dipilih satu pemenang undian atau bisa lebih. Nanti, ada hadiah khusus yang diberikan kepada mereka.

Dalam marketing, biasanya hadiah tersebut merupakan produk untuk promosi. Kalau dalam Bahasa Indonesia, memang seringnya disebut dengan istilah hadiah promosi. Nah, strategi ini bukan merupakan cara untuk membuang uang. Soalnya, taktik ini sama efektifnya dengan promosi melalui iklan online.

Ini disampaikan oleh Advertising Specialty Institute. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang mereka lakukan pada tahun 2016. Penelitian tersebut bertajuk Global Advertising Specialties Impression Study. Hasilnya, ditemukan bahwa kebanyakan orang suka menggunakan produk promosi dari suatu brand. Penggunaan tersebut berlangsung selama kurang lebih 8 bulan. Emang lebih lama dari iklan online seperti PPC dan lain-lain. Makanya, efek dari giveaway emang sebesar itu.

Keuntungan Mengadakan Giveaway

Sumber Gambar : Unplash

Sekarang udah lebih ngerti, ya, tentang pengertian giveaway. Juga sedikit banyak mengenai sistemnya. Lantas, apa keuntungannya? Menurut Cox BLUE, berikut alasan pentingnya mengadakan giveaway:

  • Cara Beriklan yang Murah

Keuntungan utama dari giveaway adalah biayanya murah. Terutama, kalau kamu bandingkan dengan di berbagai tempat lain, seperti di billboard contohnya. Padahal, tujuan iklan ini pada dasarnya sama aja. Semuanya untuk mengenalkan bisnismu ke audiens, dan kalau bisa menjadikannya pelangganmu.

Baca Juga :   Ini Dia Alasan Kenapa HRD Ill-Feel dengan Lamaran Kerja Kamu

Sekarang, melihat cara kerjanya, bakal ada banyak orang yang menggunakan produk hadiah dari kamu. Nah, mereka bakal membawa hadiah ini ke mana aja. Akhirnya, produk tersebut dilihat banyak orang. Harapannya, para audiens ini bakal tertarik untuk jadi pelanggan kamu.

  • Sistemnya Fleksibel

Kalau kamu lagi minim biaya marketing, pengennya kasih hadiah promosi tapi bujet terlalu mepet, maka giveaway adalah pilihan tepat. Soalnya, kamu bisa menyesuaikan biayanya. Misalnya, kamu cuma bisa bikin 100 tote bag. Nggak masalah. Walaupun sedikit, kamu tetap bisa menyebarkan hadiah promosi ini. Pokoknya, sesuaikan aja dengan bujet yang ada. Jadi, semuanya fleksibel.

Tips Memberikan Giveaway

giveaway

Sumber Gambar : unsplash

Sebenernya, tips untuk ini simpel aja, tapi penting diingat. Menurut Shopify, tips pemberian giveaway yaitu sesuaikan dengan tujuan kamu. Sesuaikan hadiah promosi dengan target perusahaanmu. Misalnya, untuk menambah follower di Instagram. Lalu, tips yang kedua yaitu memilih hadiah yang tepat. Bisa berupa merchandise, atau kode promo juga boleh. Pokoknya, pastikan hadiahnya menarik.

Kemudian, tips selanjutnya yakni kamu bisa minta bantuan influencer. Soalnya mereka bisa banget mengajak lebih banyak audiens, buat ikutan undian kamu. Jadi, campaign giveaway kamu bakal makin rame. Brand kamu juga makin dikenal. Sementara, tips yang terakhir yaitu lakukan campaign giveaway melalui media sosial. Ini cara yang sangat efektif. Asal kamu perhatikan aturan dan panduannya, ya.

giveaway

Sumber Gambar : unsplash

Demikianlah ulasan tentang giveaway. Metode ini cocok banget dijadikan strategi marketing terutama secara online. Dengan strategi yang tepat sasaran, maka kamu bisa mengenalkan brand-mu ke audiens lebih banyak. Peluang bisnismu untuk berkembang juga semakin besar.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ini Dia Ide Bisnis untuk Anak Muda di Bidang Jasa Paling Recommended Tahun 2021!

Creativepreneur and Career

Pengen Sukses Berbisnis Tanpa Perang Harga? Simak Tipsnya Disini

Creativepreneur and Career

Ingin Pikat Pembaca Lewat Copywriting? Ini Cara Bikin Headline yang Menarik!

Creativepreneur and Career

Kuatkan “Mind, Body, and Soul” Kamu Dengan Berjalan-jalan dan Berbelanja di Virtual World Creatifest 2021