Creativepreneur and Career

Strategi Offline Marketing yang Masih Oke Sampai Sekarang

Zaman memang sudah berubah dan kalau nggak bergerak mengikutinya bakalan ketinggalan jauh di belakang dan digilas oleh kemajuan zaman. Begitu juga dengan teknik pemasaran dalam bisnis, paradigmanya sudah bergeser setelah segala sesuatu dilakukan secara online. Hal tersebut bikin pelaku bisnis banyak melakukan strategi online marketing karena dinilai lebih efektif. Padahal sebetulnya, biar bisnis bisa berjalan baik dibutuhkan kombinasi antara strategi pemasaran online maupun offline untuk meningkatkan penjualan. Dan offline marketing ini sebetulnya masih tetap relevan dilakukan sampai sekarang, kok. Biar lebih jelas di bawah ini ada beberapa strategi offline marketing yang masih oke diterapkan sampai sekarang. Simak terus, ya.

Pasang Papan Reklame di Tempat Strategis

Free Billboard Stock Photo

Sumber Gambar : pexels.com

Memasang papan reklame atau billboard walaupun membutuhkan biaya yang nggak murah, tapi sampai sekarang strategi marketing ini masih dipakai dan efektif untuk membantu meningkatkan penjualan. Ini karena papan reklame umumnya ditempatkan di tempat strategis yakni di jalan raya yang banyak dilihat orang.

Apalagi jika papan reklame terlihat menarik, terdapat pesan unik atau inspiratif, menonjolkan tampilan visual, berisi slogan atau moto perusahaan dijamin bikin produk yang ditawarkan mudah diingat banyak orang.

Pasang Iklan di Radio dan Televisi

Sampai sekarang media seperti radio dan televisi masih sebagai media yang mudah banget diakses oleh semua kalangan. Walaupun butuh biaya yang nggak murah tapi strategi offline marketing ini masih efektif dipakai hingga saat ini. Tapi selain butuh iklan yang menarik, pastikan juga iklan tersebut gampang dipahami oleh semua kalangan. 

Menjadi Sponsor pada Suatu Acara

Strategi Offline Marketing

Sumber Gambar : pexels.com

Strategi pemasaran yang ini bisa dibilang sifatnya mutualisme karena perusahaan dan pihak penyelenggara sama-sama dapat untung. Buat perusahaan dapat untung berupa promosi sehingga brand atau produkmu makin dikenal sedangkan pihak penyelenggara dapat dana dari perusahaan. 

Ikut Pameran 

Ikut pameran bisnis selain sebagai cara yang oke untuk membantu memasarkan dan mengenalkan produk, kamu juga bisa mempelajari strategi kompetitor. Nggak hanya itu, dengan sering ikut pameran juga bisa nambah networking dan bisa jadi peluang untuk bekerja sama. 

Membagikan Kartu Nama

Strategi Offline Marketing

Sumber Gambar : pexels.com

Walaupun terkesan jadul, tapi strategi offline marketing ini masih efektif diterapkan karena bisa jadi penghubung antara perusahaan dengan konsumen atau klien. Kartu nama bisa dibagikan di berbagai momen. Misalnya saat acara gathering, pertemuan dengan klien, saat menghadiri rapat dan lainnya. Selain itu strategi offline marketing yang satu ini juga termasuk lebih murah dari segi biaya. 

Menyebar Brosur yang Informatif

Walaupun menyebar brosur rentan dibuang, robek, rusak dan nggak dibaca, tapi strategi offline marketing ini masih tetap dipakai sampai sekarang. Terutama buat perusahaan yang ingin menginformasikan sesuatu secara singkat. Contohnya info potongan harga, promo, cuci gudang dan informasi tentang produk baru. Nah, cara ini cocok dipakai di acara khusus seperti di pameran dagang, di pinggir jalan dan lainnya. 

Bagi-bagi Sample Produk

Bagi-bagi sample produk juga termasuk efektif karena bikin konsumen bisa mengenal produk secara langsung, tahu varian produk, manfaatnya dan percaya akan khasiat produk tersebut. Bisa dibagikan di tempat-tempat strategis seperti kawasan perkantoran, sekolah, pasar dan lainnya.

Itulah beberapa strategi offline marketing yang masih tetap dipakai sampai sekarang dan terbukti masih efektif untuk membantu meningkatkan penjualan. Gimana, sudah siap menerapkan strategi ini?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil