GenK LIFE

Lebih Bahagia dengan 4 Tips Memicu Stres Positif Ini

Banyak orang yang tidak menyadari jika stres itu tidak selalu menjadi hal yang negatif. Ada juga stres positif yang justru membawa banyak manfaat untuk kehidupanmu loh. Nah, stres positif ini lebih sering dikenal dengan istilah eustress atau si stres yang baik. Kenapa dibilang baik? Berbeda dengan jenis stres negatif yang secara umum dikenal oleh masyarakat luas, yaitu distress, eustress memiliki efek yang baik untuk seseorang. 

Mirip dengan distress, stres positif ini juga dapat dipicu oleh berbagai hal yang menjadi penyebabnya atau disebut dengan istilah stresor. Setiap orang tentu memiliki stresornya masing-masing yang berbeda satu sama lain. Hal yang mungkin menjadi stresor untukmu bisa saja tidak berlaku untuk orang lainnya, begitu pula sebaliknya. Namun demikian, memang ada kalanya stresor yang sama dapat dimiliki oleh banyak orang. 

Stres positif 1

Sumber: unsplash.com

Stresor ini biasanya hadir dalam bentuk kesamaan kondisi serupa yang dialami oleh orang yang mempunyai satu kesamaan. Bisa saja dari barang yang digunakan, kondisi yang sedang dialami, kemungkinan peristiwa yang terjadi, atau sesuatu yang terjadi akibat latar belakang tertentu. Persis sama dengan distress, eustress juga dapat dipicu oleh beberapa hal yang mirip dan dapat dengan mudah dilakukan oleh hampir setiap orang. 

Kunci utama eustress adalah pada respons atau persepsi kita terhadap stresor itu sendiri. Munculnya terjadi dari perspektif kamu akan sesuatu yang terbentuk dari pola pikir, pengalaman, kepribadian, serta kondisi yang sedang terjadi saat itu. Segala sesuatu yang terjadi hanya akan dapat menjadi negatif jika kita berpikir demikian. Namun sebaliknya, jika kamu menganggapnya sebagai hal yang baik, maka akan jadi sesuatu yang baik pula.  Belajar cara  berpikir positif adalah salah satu rahasianya. 

Tips Memicu Stres Positif

Beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memicu stres positif yaitu:

1. Belajar hal baru

Stres positif 2

Sumber: unsplash.com

Carilah hal baru untuk kamu pelajari setiap harinya. Bisa bahasa baru, mencoba memasak, atau otomotif. Kamu juga bisa mulai sesederhana belajar menghias meja kantormu. Cobalah menelusuri sesuatu yang menantang dan unik agar kamu bisa memicu munculnya stres positif. 

2. Keluar dari comfort zone

Stres positif 3

Sumber: unsplash.com

Doronglah dirimu untuk melangkah keluar dari zona nyaman kamu. Kembangkanlah skill baru atau cobalah mengambil tanggung jawab di luar rutinitasmu. Beranilah untuk menantang dirimu sendiri dan selalu berikan performa yang terbaik. 

3. Tetapkan target dan goal

Sumber: unsplash.com

Tentukanlah hal yang ingin kamu tuju baik secara personal maupun profesional. Pastikan apa yang ingin kamu capai tetap realistis dan menantang. Kamu bisa membeli buku catatan lalu tuliskan targetmu di sana. Jadi kamu bisa tahu progress yang sudah kamu capai dalam setiap kurun waktu tertentu. 

4. Exercise

Sumber: unsplash.com

Tips yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar. Latihan tidak hanya baik untuk kesehatan tubuhmu, tapi juga untuk kesehatan mentalmu loh. Cobalah untuk melakukan latihan sederhana secara rutin setiap hari. Tidak usah memaksakan diri untuk pergi ke gym. Lebih baik melakukan olahraga ringan tapi sering, dibanding olahraga berat tapi jarang.

Tips-tips di atas dapat kamu lakukan dengan mudah setiap harinya. Mulai dari hal-hal sederhana yang dekat denganmu. Eustress bisa membuatmu jauh-jauh dari dampak negatif stress. Bagi kamu yang sedang mengalami distress, langsung aja intip cara menghilangkan stres lewat artikel kami sebelumnya

Stres, baik itu yang positif maupun negatif, semuanya merupakan bagian normal dari hidup. Kamu tak dapat mengontrol berbagai faktor yang dapat menyebabkan stres. Ia dapat muncul kapanpun dan dari sumber yang mungkin tidak kamu duga sebelumnya. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengendalikan bagaimana caramu merespon stres yang muncul. Semuanya akan kembali ke diri masing-masing. Sesuatu akan jadi baik jika kamu menganggapnya baik.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya