Film, Animasi & Video

5 Studio Animasi Indonesia Yang Sekelas Studio Animasi Internasional!

Studio animasi Indonesia

Industri animasi Indonesia, kini sudah semakin menjanjikan dan juga semakin berkembang. Saat ini, industri animasi bahkan menjadi prioritas dari Kemenparekraf. Apalagi beberapa waktu silam, salah satu aimasi buatan Indonesia yang berjudul “Nussa” berhasil ikut serta di acara yang cukup bergengsi, 25th Bucheon International Fantastic Film Festival atau BIFAN 2021, yang digelar di Korea Selatan. Memang, sudah ada banyak studio animasi di berbagai kota tanah air yang berhasil menciptakan karya-karya menarik dan dikenal dunia internasional. Apa saja sih, studio animasi Indonesia yang sudah terkenal di internasional? Simak di sini!

  1. MSV Pictures

Studio animasi indonesia

Sumber Gambar : msvstudio.co.id

Kamu pasti sudah pernah menonton animasi “Battle of Surabaya”, bukan? Nah, ternyata itu merupakan salah satu maha karya dari MSV Pictures. MSV Pictures adalah studio animasi yang didirikan pada tahun 2002 dan berbasis di Yogyakarta sekaligus menjadi salah satu perusahaan produksi animasi terbesar di Indonesia. Pada saat awal berdiri, MSV Picture berfokus pada pembuatan animasi keluarga dan anak-anak. Tapi sekarang, MSV Pictures juga memproduksi serial animasi untuk televisi.

Berkat usaha dan kerja keras MSV Pictures, “Battle of Surabaya” berhasil menyabet beberapa penghargaan pada ajang internasional, di antaranya gelar Best Animation pada ajang Glendale International Film Festival 2018 di Glendale (AS), dan penghargaan Best Feature di ajang Rome Independent Film Awards di Roma (Italia), di tahun yang sama.

  1. BASE Studio (Brown Bag Films)

Studio Animasi Indonesia

Sumber Gambar : Brown Bag Films

Berikutnya ada Base Studio yang berlokasi di pulau dewata, Bali. BASE sendiri merupakan singkatan dari Bali Animasi Solusi Ekakarsa. Meski masih terbilang baru, animasi karya studio yang didirikan di tahun 2015 ini tidak bisa dipandangsebelah mata. Saking ciamik animasi yang mereka buat, BASE bahkan membuat salah satu studio animasi asal Irlandia mejadi tertarik loh. Akhirnya di tahun 2019 silam, BASE studio pun diakusisi oleh Brown Bag Films. Setelah diakuisisi oleh Brown Bag Films sebagai studio animasi yang diakui secara internasional dalam menghasilkan serial anak-anak terkenal seperti “Doc McStuffins”, yang tayang pada siaran Disney Junior dan “The Magic School Bus: Rides Again.”

  1. The Litte Giantz

Sumber Gambar : Visinema.co

Studio animasi satu ini merupakan tempat lahirnya karya “Nussa” yang belakangan semakin populer dan digadang sebagai hasil karya animasi terbaik buatan tanah air yang berhasil menembus pasar internasional. The Little Giantz didirikan pada tahun 2016 oleh beberapa animator handal yang sudah berpengalaman dan menjadi spesialis di industri CG animasi selama belasan tahun sejak tahun 2000-an. TLG menjadi semakin dikenal sejak perilisan perdana dari karya animasi “Nussa” yang rilis pada tahun 2018 dalam bentuk serial televisi, dan baru-baru ini dibuat dalam bentuk film.

  1. Enspire Studio

Sumber Gambar : Enspire Studio

Enspire Studio adalah studio animasi 3D yang berlokasi di Jakarta dan sudah berdiri sejak tahun 2012. Salah satu pendiri dari studio animasi ini adalah sosok yang sudah berkecimpung di industri CG animasi selama belasan tahun, yaitu Andre Surya. Menariknya, tidak hanya mendirikan Enspire dalam bentuk studio untuk layanan komersialisasi, di dalamnya juga didirikan Enspire School of Digital Arts (ESDA) yang merupakan sekolah atau pelatihan 3D animasi di mana hingga saat ini sudah menghasilkan sekitar 1.500 talenta animator di tanah air.

  1. Infinite Framework Studios (IFS)

Sumber Gambar : Variety

IFS sejatinya merupakan studio kreatif yang mencakup layanan pasca-produksi dari sebuah film, efek visual, dan layanan animasi.  Stuido animasi ini sudah berdiri sejak tahun 1997 serta berbasis di Singapura dan Batam. Studio ini menjadi studio animasi pusat dengan fasilitas terlengkap. Menjadi studio kreatif dan animasi terbesar di kawasan Asia Tenggara, IFS memiliki ratusan talent animator yang menggawangi perusahaan ini.

Baca Juga :   4 Film yang Dibintangi oleh Jay Benedict Sepanjang Hidupnya

Nah, itulah beberapa studio animasi Indonesia yang memiliki kualitas layaknya studio animasi internasional.

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Bukan Cuma Pria, Ini Dia Karakter Anime Wanita Terkuat!

Film, Animasi & Video

Ini Dia Film-Film Dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia!

Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Film Inspirasi Marketer Wajib Tonton Sekali Seumur Hidupmu

Film, Animasi & Video

5 Animasi Ghibli Studio Ini Bakal Bikin Kamu Mellow!

Leave a Reply

Your email address will not be published.