Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Studyblr

cara membuat studyblr

Kreativitas memang tak pernah mengenal batas. Setiap orang punya kreativitas yang unik. Terbukti saat ini banyak teman-teman kita yang gemar membuat catatan dengan gaya yang kreatif dan estetis. Pernah dengar istilah Studyblr?

Apa Itu Studyblr?

Studyblr adalah teknik belajar yang dikemas secara menarik sehingga tampilan tulisan dan gambar menjadi tidak monoton. Ini cocok bagi kamu yang sering merasa bosan dengan catatan yang hitam-putih saja.

Contoh desain studyblr

Desain Studyblr (sumber: rebloggy.com)

Teknik Studyblr ini sudah banyak digunakan oleh anak sekolah maupun mahasiswa perguruan tinggi yang merasa jenuh dengan catatan mereka yang monoton. Penerapan teknik Studyblr oleh sebagian orang dirasa bisa membangkitkan rasa semangat belajar. Hal itu tentu karena tampilan Studyblr yang tidak biasa.

Apakah kamu pernah membuat Studyblr sebelumnya?

Atau kamu baru mau coba membuat tetapi bingung harus mulai dari mana? Yuk simak cara-caranya, GenK! 😁

Cara Membuat Studyblr

1. Cari referensi

Sebelum kalian benar-benar mulai praktik, pastikan kamu sudah mencari referensi di berbagai platform media sosial. Referensi menjadi hal penting untuk memulai sesuatu, terutama dalam dunia kreatif. Fungsi dari mencari referensi sendiri adalah untuk membantu mencari ide-ide baru. Semakin banyak ide, maka semakin bagus pula karya yang akan kamu hasilkan.

spongebob imagination

Saat ini mencari referensi tidaklah sulit. Terlebih sekarang banyak media sosial atau situs web yang menyediakan konten kreatif. Apa saja contohnya? Contohnya adalah Google, Pinterest, Tumblr. Bahkan kamu dapat mencari di Instagram dan Twitter. Kamu hanya tinggal memilih platform yang sesuai dengan selera kamu, GenK.

2. Pilih tema atau gaya desain yang menarik

Setelah mendapat ide dari referensi yang telah kamu kumpulkan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih tema yang akan kamu gunakan untuk gaya desain kamu. Tema akan kamu dapatkan setelah mengumpulkan referensi. Ada banyak tema yang dapat kamu gunakan untuk desain kamu, misalnya tropis atau luar angkasa. 🤩

Baca Juga :   Cara Membuat Hand Lettering untuk Pemula

3. Pilih kertas yang sesuai dengan tema

Nah, yang ini bersifat opsional, GenK. Sebenarnya kamu bisa menggunakan jenis kertas apa saja, namun agar tulisan kamu lebih menarik, tidak ada salahnya menggunakan kertas polos, bergaris, atau bahkan sketch book. Ini bertujuan agar tulisan kamu terlihat indah namun tetap rapi.

4. Siapkan alat tulis

Selanjutnya, siapkan alat tulis. Alat tulis yang kamu pilih penting banget perannya. Gunakanlah pena yang memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Semakin banyak jenis ketebalan pena kamu, maka semakin banyak pula bentuk yang akan kamu hasilkan. Salah satu jenis pena yang dapat kamu gunakan adalah drawing pen. Kenapa drawing pen sih, GenK? Karena drawing pen punya ketebalan yang beragam.

studyblr kit

Studyblr kit (sumber: lindsaybraman.com)

Selain drawing pen, kamu bisa pakai spidol untuk mewarnai Studyblr yang akan kamu buat. Pilihlah warna yang sesuai dengan tema kamu. Selain spidol, untuk mendapat hasil warna yang bagus, kamu juga bisa menggunakan pewarna stabilo. Pastikan warna yang kamu gunakan tidak merusak kertas ya!

5. Pilih tipografi yang menarik

Setelah menentukan alat tulis yang akan kamu gunakan, kamu bisa mulai untuk belajar hand lettering. ✍️

Hand lettering adalah teknik yang digunakan untuk membuat tipografi dengan cara manual. Untuk membuat tipografi tentunya harus perbanyak latihan hand lettering, mulai dari tulisan berangkai, hingga tebal-tipis tulisan yang biasanya digunakan pada sub judul.

Kalau kamu sudah paham tentang hand lettering, kamu bisa memilih tipografi yang sesuai dengan tema kamu. Ada beragam situs web yang bisa kamu gunakan untuk mencari referensi tipografi.

Setidaknya 12 situs ini bisa kamu kunjungi: I Love Typography, Type Worship, The Ministry of Type, Type for You, Good Typography, Typographica, Typostrate, Fonts In Use Blog, Typedia: Blog, Typography.com Blog, Type Theory, Typography Daily.

Baca Juga :   7 Langkah Cara Membuat Kliping yang Unik dan Kreatif

6. Tambahkan elemen-elemen desain

Sehabis kamu membuat tulisan, langkah selanjutnya adalah memasukan elemen-elemen desain. Elemen-elemen desain yang dapat kamu masukan adalah garis, bentuk, tekstur, pola, dan warna. Semakin beragam elemen desain yang kamu gunakan, maka semakin menarik pula Studyblr kamu. T

api kamu harus tetap ingat, GenK, elemen-elemen yang kamu gunakan juga mesti berkaitan dengan tema gaya desain yang kamu gunakan.

7. Masukkan gambar yang sesuai dengan tema

Memasukan gambar juga bersifat opsional, namun ini dapat memperindah visual Studyblr kamu, GenK. Pilihlah gambar yang sesuai dengan topik tulisan atau tema gaya desain agar tetap berkaitan satu sama lain.

Untuk mencari gambar-gambar yang unik, kamu bisa mencari di beberapa situs web semacam Pinterest, Freepik, Tumblr, dan lain-lain.

contoh studyblr

Contoh studyblr (sumber: studycris.co.vu)

Cara untuk memasukan gambar juga beragam. Pertama, kamu dapat menggambar langsung di kertas kamu. Jangan takut salah, biasanya kita akan gagal ketika merasa tidak percaya diri saat menggambar langsung di kertas. Terlebih bila kamu langsung menggunakan pena.

Kedua, buatlah sketsa terlebih dahulu supaya mengurangi kesalahan saat menggambar di kertas.

Cara ketiga adalah kamu dapat mencetak gambar yang sudah kamu pilih. Gambar yang sudah kamu cetak bisa langsung kamu tempel di kertas.

Baca Juga :   Cara Membuat Jurnal Harian untuk Merawat Kesehatan Mental

8. Pilih angle terbaik

Nah, setelah semuanya selesai, akan sayang banget kan, kalau Studyblr kamu hanya menganggur di meja belajar?

Coba unggah hasil desain kamu di media sosial seperti Line, Instagram, atau Twitter. Akan sangat membantu sekali bila ternyata topik tulisan kamu dibutuhkan oleh teman-teman di luar sana. Jangan lupa pilihlah angle terbaik untuk foto kamu.

Agar Studyblr kamu terlihat semakin menarik, tak ada salahnya untuk memberi efek pada foto yang akan kamu unggah. Ada beberapa saran aplikasi untuk menyunting foto kamu. Aplikasi yang dapat kamu gunakan yaitu VSCO, PicsArt, dan Adobe Lightroom.


Nah, itu dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat Studyblr. Apa sekarang kalian tertarik untuk membuatnya? 😉

Ayo ambil pena dan kertas kamu, cobalah untuk membuat sketsa. Percaya deh, siapapun pasti bisa membuatnya sendiri. Hal yang terpenting adalah niat, latihan, dan percaya diri. Dengan ketiga hal itu, kamu pasti bisa menghasilkan karya Studyblr yang memuaskan. Selamat mencoba ya, GenK!

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?

Leave a Reply

Your email address will not be published.