Creativepreneur and Career

Suka Bikin Blog? Simak Tips Hasilkan Uang dengan Menjadi Blogpreneur

Kamu mengenal istilah blogpreneur? Istilah ini berasal dari dua kata, yaitu blog dan entrepreneur. Blog merupakan website pribadi buat sharing pengalaman, pengetahuan, sampai personal branding juga. Sementara, entrepreneur adalah orang yang mempunyai atau mengelola bisnis sendiri, juga biasa disebut dengan wirausahawan. Nah, sekarang kita simak lebih lanjut biar semakin paham.

Apa Itu Blogpreneur?

Sumber Gambar : typesy.com

Menurut pengertian blog dan entrepreneur, blogpreneur adalah orang yang punya bisnis sendiri dan mendapat penghasilan uang dari blog. Jadi, mereka ini biasanya memasang Google Adsense yaitu iklan di blognya. Kemudian, mereka juga melakukan self-promotion atau mempromosikan diri sendiri.

Cara promosi tersebut yaitu dengan menuliskan pemikiran, ide, serta tips buat berkomunikasi, dan masih banyak lagi. Jadi, bikin konten yang sesuai aja sama hobi dan minat. Nah, sekarang kita simak gimana caranya menjadi blogpreneur. Biar beneran kamu bisa dapetin penghasilan dari hobi kamu.

Tips Jitu Menjadi Blogpreneur

Sumber Gambar : ounderu.selz.com

Berikut tips menjadi seorang blogpreneur:

Bikin Blog

Sumber Gambar : optimizedpaginasweb.com

Bikin blog di Blogger yang merupakan milik Google. Tujuannya biar bisa terintegrasi secara langsung sama AdSense. Soalnya, Google AdSense ini yang menjadi sumber pendapatan utama.

Memilih Niche Blog Sesuai Passion

Blogpreneur

Sumber Gambar : berkeley.edu

Berikutnya, kamu bisa pilih topik buat konten di blog kamu. Pilihlah niche atau topik yang sesuai dengan minat kamu. Jadi, kamu emang berbagi apa yang menjadi passion kamu. 

Misalnya, kalau kamu suka kucing, maka bikin aja blog seputar kucing. Kalau kamu menyukai musik, ya bikin blog tentang musik. Mungkin kamu hobi sepakbola, bikinlah konten tentang informasi seputar bola. Jika misalnya kamu seorang mekanik, bikin aja blog yang berisi tips untuk merawat serta mengatasi masalah pada kendaraan bermotor. Disesuaikan aja.

Gunakan Pengetahuan, Keahlian dan Pengalaman

Biasanya, blogger berbagi tentang ilmu, pengalaman, keahlian, serta keterampilan yang dimiliki. Tiap orang punya keahlian unik, serta pengalaman masing-masing yang berbeda. Nah, kamu tuliskan aja materi tersebut di blog. Siapa tahu, para pembaca merasa relate sama konten kamu. 

Pastikan Menerapkan SEO

Blogpreneur

Sumber Gambar : Freepik.com

SEO atau Search Engine Optimization menjadi andalan blogger buat datengin pengunjung sebanyak-banyaknya. Biar lebih memahami SEO, kamu juga bisa banget mempelajarinya secara mendetail lebih dulu. Ada banyak banget materi tentang ilmu SEO di internet. 

By the way, yang bikin blogpreneur sukses adalah jumlah pengunjung yang banyak. Semakin banyak jumlah pembaca, maka trafik dan page view juga makin tinggi. Dengan begitu, peluang kamu jadi publisher AdSense juga semakin besar, dan kamu bisa berpeluang dapetin penghasilan gede dari komisi iklan tersebut. 

Niatkan untuk Berbagi

Dari Daily Blog Tips, ada blogger yang memberikan sebuah nasihat menarik. Katanya, jangan niat bikin blog buat dapetin uang, tapi niatkan buat berbagi. Ada kata-kata dari Dave Thomas, founder dan CEO Wendy’s, “The more you give, the more you get in return.” Artinya, semakin banyak berbagi, maka imbalannya juga makin besar!

Aktifkan Monetisasi YouTube

Blogpreneur

Sumber Gambar : Kompas.com

Nah, kalau kamu suka bikin video, upload aja videonya ke YouTube. Lalu, uangkan video YouTube kamu. Ini juga biasa disebut dengan monetisasi video YouTube. Gunakan AdSense YouTube buat dihubungkan link-nya ke blog kamu. 

Jadi seperti demikian tipsnya. Asalkan kamu menekuni blog dengan sungguh-sungguh, peluang sukses jadi blogpreneur akan terbuka lebih lebar. Perlu diingat aja kalau hasilnya nggak langsung kelihatan dalam semalam, ya. Teruslah rutin memposting konten di blog dan kamu akan melihat hasil kerja kerasmu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!